Endometriosis

Endometriosis
source: https://www.verywellhealth.com

Permasalahan kesehatan reproduksi wanita yang pertama adalah Endometriosis. Permasalahan ini biasanya menyerang rahim seseorang sehingga mempersulit wanita untuk mendapatkan keturunan.

Dilansir dari CDC Gov, menyerang indung telur, di belakang rahim, atau di kandung kemih dan jarang tumbuh di bagian lain dari tubuh. Jaringan yang tidak tepat pada tempatnya ini akan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa, masalah kesuburan, dan menstruasi yang sangat menyakitkan. Rasa sakit biasanya terjadi di perut, punggung bagian bawah, atau daerah panggul. Sayangnya, dalam beberapa kasus banyak wanita yang tidak memiliki gejala sama sekali namun tiba-tiba mereka mengalami kesulitan dalam mendapatkan keturunan.

Fibroid Uterus

Fibroid Uterus
source: https://cdn.prod-carehubs.net/n1/802899ec472ea3d8/uploads/2018/08/medical-illustration-of-uterine-fibroids2018-1024x805.jpg

Fibroid Uterus adalah tumor non-kanker yang paling umum terjadi pada wanita usia subur. Fibroid terbuat dari sel otot dan jaringan lain yang tumbuh di sekitar dinding rahim, atau rahim. Hingga kini penyebab dari fibroid sendiri belum banyak diketahui. Namun banyak yang meyakini bahwa kelebihan berat badan dan pola makan yang tidak teratur merupakan salah satu penyebab terjadinya kondisi ini. Ada beberapa gejala yang terjadi pada Fibroid uterus.

  • Menstruasi yang menyakitkan
  • Bagian bawah perut yang terlihat lebih besar
  • Sering buang air kecil
  • Nyeri saat berhubungan seks
  • Nyeri punggung bawah
  • Masalah reproduksi, seperti infertilitas, keguguran, atau persalinan dini
Sekali lagi, tak semua wanita menunjukkan gejala ini, Ladies. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk melakukan konsultasi rutin dengan dokter kandungan agar selalu bisa memonitor kesehatan rahimmu.
baca juga

Kanker

Kanker
source: https://www.bet.com

Banyak info kesehatan yang hanya mensosialiasikan mengenai kanker serviks saja, tapi ternyata dibalik itu ada beberapa jenis kanker yang sebenarnya dapat mendera wanita manapun di dunia ini. Misalnya saja Kanker Kandungan, yang merupakan jenis kanker yang menyerang organ reproduksi wanita. Inilah beberapa jenis kanker yang bisa terjadi pada setiap wanita Masalah kesehatan wanita seperti ini wajib kamu ketahui!

  • Kanker serviks dimulai di serviks, yang merupakan ujung rahim bawah yang sempit.
  • Kanker ovarium dimulai di ovarium, yang terletak di setiap sisi rahim.
  • Kanker rahim dimulai di rahim, organ berbentuk buah pir di panggul wanita tempat bayi tumbuh ketika seorang wanita hamil.
  • Kanker vagina dimulai di vagina, yang merupakan saluran berongga seperti saluran antara bagian bawah rahim dan bagian luar tubuh.
  • Kanker vulva dimulai di vulva, bagian luar organ kelamin wanita.

Nah, Ladies, itulah beberapa jenis masalah reproduksi wanita yang umum terjadi namun belum banyak diketahui. Sebagai wanita, penting untukmu agar selalu menjaga kesehatan reproduksimu. Hal ini sangat rentan, bukan hanya untuk tubuhmu melainkan juga masa depan keturunanmu. 

Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu rutin menemui dokter kandungan dan berkonsultasi mengenai keadaanmu. Tanyakan seluruh hal yang perlu kamu tahu agar kamu dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.