Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami

Keputihan memang hal wajar yang dialami oleh kaum wanita. Namun, perlu diketahui ada juga keputihan yang tidak normal. Keputihan yang tidak normal inilah yang jika terjadi terus-menerus akan menyebabkan rasa gatal dan bau pada miss V. Hal ini menyebabkan rasa percaya diri kita pun berkurang pastinya. Kita perlu berkonsultasi dengan dokter terkait hal tersebut. Adapun cara untuk mengatasi keputihan secara alami yang bisa kita lakukan sebagai bentuk pencegahan.

Seperti, mencuci area kewanitaan secara lembut dengan air hangat. Menggosok atau mengusapnya dengan lembut. Selain itu, basuh vagina kita dari arah depan ke belakang untuk mencegah masuk bakteri ke dalam vagina. Lalu, menghindari pemakaian sabun wangi, gel, antiseptic dan lainnya yang bersifat mempengaruhi keseimbangan pH serta bakteri di dalam vagina. Maka, adapun cara alami juga yang bisa kita lakukan seperti :
  • menggunakan daun sirih. Ini salah satu cara terkenal yang banyak digunakan. Zat dalam daun sirih bersifat sebagai antibakteri dan antijamur. Mudah juga cara membuatnya, yakni kita rebus beberapa lembar daun sirih. Setelah itu kita minum air rebusan daun siri tersebut setiap hari.
  • mengkonsumsi kunyit. Kandungan zat anti-bakteri pada kunyit dapat membantu menghilangkan keputihan membandel pada miss V. Cukup perlu meminum air perasan kunyit yang telah diparut setiap hari secara rutin.
Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami
source: https://hellosehat.com

Cara Mengatasi Keputihan yang Gatal

Rasa gatal menjadi salah satu ciri dari keputihan yang tidak normal. Pastikan untuk kita tidak menggarik miss V saat mengalami keputihan, karena justru akan menyebabkan iritasi kulit. Bahkan menggunakan air panas sekalipun tak disarankan, karena akan menambah parah pada kulit vagina. Agar tidak menimbulkan rasa gatal baik kita menjaga kebersihan miss V, dengan mencuci tangan bersih saat ingin bersentuhan dengan vagina baik sebelum dan sesudah buang air kecil atau buang air besar.

Lalu, mengganti pembalut yang digunakan saat haid. Sebisa mungkin setiap 4 jam sekalli, agar tidak menimbulkan iritasi kulit. Lalu menjaga kelembapan atau pH di vagina dengan tidak menggunakna sabun, cairan antiseptic dan lainnya. Gunakan juga celan dalam berbahan katun yang dapat menyerap keringat.

Cara Mengatasi Keputihan yang Gatal
baca juga

Cara Mengatasi Keputihan yang Berbau

Bila timbul bau pada miss V sebenarnya suatu yang normal. Tetapi jika timbul keputihan yang disertai bau tidak sedap, pekat itu gejala kesehatan lainnya. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Tindakkan pertama pastikan kebersihan pada daerah wanita terjaga dengan baik. Dengan menjaga kelembapannya dan tidak menggunakan cairan tertentu yang bisa membuat iritasi.

Adapun cara lain dengan mengkonsumsi bawang putih. Rutin mengkonsumsi bawang putih akan menghilangkan keputihannya sekaligus. Ada juga mengkonsumsi buah pisang bisa mengurangi keputihan secara alami. Pisang membantu tubuh mengatasi gangguan reproduksi dengan menyeimbangan hormon dalam tubuh. Ada juga mengkonsumsi daun sirih, yang sudah terkenal caranya. Dengan merebus beberapa embaran daunnya dan diminum airnya.