Sesuai namanya diet golongan darah adalah usaha menurunkan berat badan berdasarkan golongan darah. Jenis diet ini digagas oleh seorang ahli neuropati bernama Peter D'Adamo. Menurutnya, golongan darah dapat mempengaruhi sistem pencernaan seseorang. Tapi sebenarnya, apa sih yang jadi pembeda penting dalam diet sehat jenis ini?

Teori yang mendasari adalah tiap golongan darah mencerna lektin secara berbeda. Lektin adalah sejenis protein. Jika kandungan lektin dari makanan tidak sesuai dengan golongan darah, maka dapat memicu perut kembung, peradangan, melambatnya metabolisme, dan penyakit lain seperti kanker.
source: https://www.alodokter.com/hati-hati-menerapkan-diet-golongan-darah-o-a-b-ab.html

Nah, jadi diet sehat sesuai golongan darah memfokuskan pada jenis makanan seperti apa yang kamu konsumsi. Untuk memudahkan makanan dibagi menjadi 3 kategori yaitu:

  • Makanan netral, yaitu jenis makanan yang dapat menjadi sumber asupan tubuh.
  • Makanan bermanfaat, yaitu makanan yang berfungsi memperbaiki tubuh
  • Makanan yang harus dihindari, yaitu makanan yang memberikan efek buruk bagi kesehatan
Dengan pengklasifikasian makanan ini kamu dapat memilih jenis makanan apa yang cocok untuk golongan darahmu dengan lebih mudah. Selain itu, porsi olahraga yang kamu lakukan juga perlu diseimbangkan dengan asupan yang diterima tubuh, agar kesehatanmu tidak terganggu.

Diet Sehat Golongan Darah A

Diet sehat untuk golongan darah A disarankan mengkonsumsi makanan bebas daging alias vegetarian. Karakteristik golongan darah A memiliki konsistensi darah yang kental sehingga membuatnya sulit menyebar. Peredaaran darah yang lamban ini dapat menumpuk kotoran pada dinding arteri dan mengakibatkan berbagai penyakit. Karena itu sebaiknya, golongan darah A memenuhi kebutuhan tubuh dengan ragam sayur dan buah. Sumber protein juga sebaiknya berasal dari jenis nabati seperti kacang-kacangan.

Diet Sehat Golongan Darah A
source: https://food.detik.com/

Selain asupan makanan yang bebas daging. Jenis olahraga yang tepat untuk diet golongan darah A adalah olahraga ringan seperti jogging atau yoga. Kamu bisa mengikuti video-video tutorial yoga di televisi ataupun youtube untuk mencari gerakan yoga yang mudah bagi pemula.

baca juga

Diet Sehat Golongan Darah B

Bila golongan darah B punya pantangan terhadap jenis daging-dagingan. Golongan darah B bisa lebih bebas memilih jenis makanan. Diet sehat untuk golongan darah B disarankan mengkonsumsi sayur hijau, telur, daging dan susu rendah lemak. Akan tetapi ada juga pantangan makanan seperti ayam, jagung, tomat, gandum, dan wijen. Sedangkan untuk olahraga, golongan darah B bisa melakukan olahraga dengan intensitas sedang seperti bulu tangkis, lari pagi atau senam.

Diet Sehat Golongan Darah B
source: http://www.tampilcantik.com/

Diet Sehat Golongan Darah AB

Golongan darah yang ketiga ini punya sedikit kecenderungan mudah terserang penyakit telinga dan pernafasan. Karenanya, perlu pemilihan makanan yang selektiif. Untuk diet sehat golongan darah AB disarankan mengkonsumsi makanan laut, seperti ikan laut, cumi-cumi, udang dan kerang. Selain itu dibarengi dengan konsumsi sayur dan susu yang seimbang. Sebaiknya hindari makanan yang mengandung kafein, olahan daging, minuman keras, jagung dan kacang merah. Untuk olahraga sendiri jenis golongan darah AB dapat memadukan jenis olahraga yang ringan sampai intensitas sedang.

Diet Sehat Golongan Darah AB
source: https://hellosehat.com/
baca juga

Diet Sehat Golongan Darah O

Golongan darah yang terakhir dalah golongan darah O. Golongan darah ini memiliki kerentanan terhadap alergi, sehingga sebaiknya menghindari konsumsi kacang merah. Selain itu produk olahan tepung yang mengandung gluten juga sebaiknya tidak dimakan karena dapat mengganggu metabolisme dan mengganggu pencernaan. Perbanyaklah konsumsi buah-buahan dan sayur dibarengi dengan olahraga yang bersifat ketahanan seperti berlari.

Diet Sehat Golongan Darah O
source: http://sidomi.com/

Nah, itu dia diet sehat sesuai golongan darah. Namun, perlu kamu ketahui bahwa diet golongan darah ini tidak memiliki dasar riset yang kuat, karena hanya berdasarkan pada karakteristik golongan darah saja. Berapa tingkat asupan kalori yang sebaiknya dikonsumsi tidak disebutkan secara jelas. Sehingga bagi kamu yang ingin melakukan diet sehat sesuai golongan darah sebaiknya tetap memperhatikan porsi makan dan kesehatan. Bila kamu memiliki jenis penyakit tertentu yang mengharuskan asupan makan seimbang sebaiknya kamu tidak memilih jenis diet ini.