Apa itu operasi plastik?

Operasi plastik adalah salah satu cabang ilmu kedokteran yang bertujuan untuk memperbaiki bagian tubuh manusia melalui operasi kedokteran.

Uniknya meski memiliki nama operasi plastik, operasi ini justru tidak menggunakan plastik sama sekali karena pada prosedur pertamanya di tahun 1837, saat seorang tabib Italia memperbaiki cacat hidung pasiennya dengan transplantasi jaringan kulit dari lengan dalam, plastik belum ditemukan di dunia. 

Ternyata istilah plastik diambil dari bahasa Yunani yaitu plastikos. Pkastikos memiliki arti membentuk atau mencetak dan dirasa sesuai dengan tujuan operasi itu sendiri yaitu merekonstruksi bagian tubuh yang rusak.

Bagaimana Operasi Plastik Bisa Disebut Gagal?

source: https://images.unsplash.com/photo-1504813184591-01572f98c85f?ixlib=rb-0.3.5&ixid=eyJhcHBfaWQiOjEyMDd9&s=88b427d0f977a2ccdc16b00e94a760e9&auto=format&fit=crop&w=500&q=60
Operasi plastik disebut gagal tentu saja kalau tujuan atau transformasi yang diingankan tidak sesuai dengan harapan. Bukan hanya perubahan bentuk ekstrim, operasi plastik yang gagal juga menyebabkan banyak efek samping berbahaya seperti pembengkakan, kerusakan jaringan bahkan sampai gangguan jiwa. 

Dari sekian banyak kasus operasi plastik yang gagal, 4 artis Korea ini juga mengalaminya.

baca juga

Park Bom

source: https://pm1.narvii.com/6487/a9a5cce7d6993cfc8ea537a4b2561ef8aa301076_hq.jpg
Lead vocalist dari grup 2ne1 yang sudah disband dua tahun lalu ini memiliki sejarah operasi plastik yang cukup terkenal di kalangan idol. Padahal pada masa pre-debut ia sudah cukup cantik, namun karena keranjingan melakukan operasi plastik, kini wajahnya berubah total sampai bisa dibilang sudah tidak mirip lagi dengan aslinya. Karena kebiasaanya ini, ia bahkan dijuluki plastic monster oleh para netizen Korea.
 

Seo Woo



Terkenal lewat drama 'Cinderella Step Sister', Seo Woo sempat hiatus dalam waktu lama dan melakukan comeback dengan perubahan wajah yang cukup mencengangkan netizen. Dulunya memiliki wajah yang kecil dan imut, kini ia tampak sedikit menyeramkan denngan perubahan yang terlalu banyak dari wajahnya karena operasi plastik. Hidungnya jadi terlalu maju dan bibirnya tampak tidak simetris.

baca juga

Seo In Young



Meski operasi plastik merupakan prosedur yang cukup umum di Korea, tidak semua idol mengakui jika mereka adalah pelaku operasi plastik. Tapi Seo In Young berbeda, dia secara terang-terangan membenarkan bahwa ia telah melakukan operasi plastik pada hidungnya sebanyak dua kali. Kini ia memiliki bentuk hidung yang super lancip dan menyeramkan sepert nenek sihir. 

Hang Mioku

source: https://i2.wp.com/www.freaklore.com/wp-content/uploads/2016/02/Hang-Mioku-e1503518262729.jpg
Kasus Hang Mioku ini merupakan kasus yang cukup lama tapi masih tetap menjadi yang paling populer sekaligus paling seram diantara banyak kasus kegagalan operasi plastik yang pernah ada. Model yang fotonya sering beredar di beberapa kalender terkenal Korea zaman dulu ini memulai prosedur pertamanya pada usia 28 tahun. Awalnya semua berjalan lancar dan ia mendapatkan hasil yang memuaskan, tapi karena ia sudah terlalu terobsesi dengan operasi plastik, akhirnya ia melakukan banyak tindakan pada wajahnya. Sampai sang dokter mengatakannya untuk berhenti karena permintaan-permintaannya yang sudah cukup berlebihan, ia nekat menyuntikan minyak goreng ke wajahnya sendiri sebagai pengganti botoks. Kini wajahnya menjadi sangat bengkak di seluruh bagian dan tampak menyeramkan.