Kenapa dan Bagaimana Proses Seserahan Berjalan?

Menurut pendapat yang berkembang, seserahan merupakan sebuah simbol kesanggupan calon pengantin pria dalam menghidupi dan mencukupi segala kebutuhan sang calon pengantin wanita nantinya. Berbeda dengan mahar yang diberikan pada hari pernikahan, seserahan biasanya diberikan pada calon pengantin wanita pada momen lamaran atau tunangan.

Jadi seserahan sendiri memiliki dua makna yang berkaitan, yaitu sebagai proses sebelum pernikahan dan sebagai barang yang diberikan sebelum pernikahan.

Kenapa dan Bagaimana Proses Seserahan Berjalan?

Untuk pengertian seserahan sebagai benda-benda yang diberikan oleh calon mempelai pria, berikut beberapa referensi seserahan pernikahan sederhana dan unik yang wajib kamu ketahui. Daftar ini juga disertai dengan kisaran harganya lho.

Peralatan Sholat, Sepatu dan Pakaian Dalam

Dari semua perlengkapan ini, tentu saja kita sebagai calon mempelai wanitalah yang harus memilihnya secara langsung. Hal ini bertujuan agar ukuran, bahan dan lain-lainnya sesuai dengan kenyamanan kita sebagai penggunanya nanti.

Untuk peralatan sholat sendiri, kamu bisa memilih mukena dengan berbagai jenis kain, yang paling murah dan nyaman adalah mukena berbahan katun dengan kisaran harga Rp 90.000 atau kalau ingin lebih terasa mewahnya, pilih mukena berbahan satin silk yang kisaran harganya Rp 175.000. Ini menjadi harga seserahan pernikahan sederhana.

Peralatan Sholat, Sepatu dan Pakaian Dalam

Pilihan selanjutnya adalah sepatu. Model sepatu yang biasa dipakai untuk seserahan adalah model high heels. Ingat! Untuk memilih sepatu jenis ini kamu harus benar-benar mengutamakan kenyamananmu! Jangan hanya melihat modelnya saja! 

Untuk kamu yang menyukai kepraktisan, kamu bisa memilih high heels bertipe sandal dengan kisaran harga Rp 300.000 atau kalau kamu ingin memberi kesan yang lebih elegan bisa memilih pump high heels dengan desain klasik dan tak lekang oleh waktu dengan kisaran harga Rp 500.000

source: https://theshonet-assets.s3.ap-southeast-1.amazonaws.com/products/b0609a479695504f2c2a764b7373a137.jpg
Yang terakhir dari rangkaian sederhana adalah pakaian dalam. Tidak perlu merasa malu dan aneh, item ini sudah umum kok digunakan sebagai seserahan. Pertama-tama ukurlah baik-baik pinggang dan dadamu agar tidak keliru dalam memilih. Setelah mengukur, kamu bisa memilih satu set pakaian dalam cantik yang terdiri dari bra dan celana dalam dengan kisaran harga Rp 160.000. Kami juga bisa memilih pakaian dalam tipe lingerie yang lebih cantik dan menggoda di kisaran harga Rp 320.000

source: https://dynamic.zacdn.com/deDxhW3vut03X4X2VBfUYmaQMvc=/fit-in/236x345/filters:quality(90):fill(ffffff)/http://static.id.zalora.net/p/lavabra-6565-1659271-1.jpg

baca juga

Skincare dan Makeup

Untuk seserahan jenis ini, kita juga harus memilihnya dengan tepat. Sesuaikan dengan kondisi kulit dan tubuhmu agar tidak terjadi iritasi saat penggunaannya. Kamu bisa memilih rangkaian skincare dari produk favoritmu dengan kisaran harga Rp 300.000 dan makeup set seharga Rp 500.000.

source: https://i.pinimg.com/564x/bc/f7/ee/bcf7eef217c1c3efcebc27c3560a3169.jpg

Buat Packaging yang Unik

Karena pada dasarnya barang-barang tadi adalah barang yang biasa digunakan sehari-hari, kamu harus mengakalinya dengan packaging yang unik sehingga seserahan pernikahan unik! Bisa dengan membuatnya sendiri, menyewa atau membelinya dari toko-toko perlengkapan pernikahan. Tarif sewa berkisar Rp 50.000 per box sedangkan kalau membeli biasa dijual seharga Rp 100.000 per box tergantung jenisnya. Berikut beberapa referensinya untuk kamu.

source: http://maharpernikahan.co.id/wp-content/uploads/2016/02/Box-Hantaran-6-Sangkar-Burung.jpg
Kalau bosan dengan tampilan box, kamu bisa mencoba jenis packaging sangkar burung ini. Tidak memilih space terlalu besar, kamu bisa mengisinya dengan pakaian dalam atau makeup.

source: http://www.jogjaseserahan.com/foto_produk/19WhatsApp%20Image%202018-09-28%20at%2014.05.54.jpeg
Untuk kamu yang menyukai konsep tradisional, kamu bisa memilih packaging seserahan berupa baki anyaman ini. Ukurannya yang cukup besar bisa memuat beberapa item seperti makeup set atau skincare set yang telah kamu pilih.


Untuk mendapatkan kesan yang unik sekaligus mewah, kamu bisa memilih packaging kaca dengan bentuk tudung ini. Item yang cocok untuk kemasan ini adalah high heels. Agar tidak berat, pilihlah tudung dengan bahan mika.