Sebagai negara dengan iklim tropis, sinar matahari yang terik merupakan hal biasa di Indonesia. Bagi kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan pasti tidak asing lagi dengan masalah kulit belang. Biasanya bagian tubuh yang paling sering mengalami masalah ini adalah kulit tangan. Ketika bermain dipantai ataupun beraktivitas diluar ruangan, garis lengan baju yang menutup sebagian tangan akan membuat warnanya berbeda. Akibatnya rasa percaya diri menurun, terutama saat ingin menggunakan pakaian sleeveless.

Meskipun mengembalikan warna kulit yang belang memang terbilang sulit. Tetapi ada beberapa bahan-bahan alami yang dapat digunakan sebagai cara memutihkan kulit. Keunggulan bahan alami adalah tidak adanya efek samping pemakaian sehingga lebih aman digunakan setiap hari. Dengan pemakaian teratur bahan-bahan berikut ini dapat mengembalikan warna kulitmu seperti semula.

Memutihkan Kulit Tangan dengan Kopi

Apa yang terbesit dibenakmu saat mendengar kata kopi? Mungkin cita rasa dan keharumannya yang khas. Ternyata, selain sebagai minuman kopi juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk memutihkan kulit. Kandungan anti oksidan dan kafein dalam kopi dapat menangkal radikal bebas dan mencerahkan kulit yang gelap.

Memutihkan Kulit Tangan dengan Kopi
source: https://www.eleconomista.net/

Cara memutihkan kulit tangan dengan kopi sangat mudah. Cukup seduh secangkir kopi hitam lalu biarkan hingga dingin dan ampasnya mengendap. Gunakan ampas kopi sebagai masker selama 20 menit, kemudian bilas hingga bersih. Kamu juga bisa menggunakan ampas kopi ini sebagai scrub agar tangan terasa lebih halus.

baca juga

Memutihkan Kulit Tangan Dengan Kunyit

Bumbu dapur yang satu ini selain berfungsi menambah cita rasa masakan, ternyata juga memiliki khasiat bagi dunia kecantikan. Kunyit mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin C inilah yang memegang peranan penting dalam mencerahkan kulit yang gelap. Selain itu efek anti inflamasi dan antiseptik dalam kunyit dapat dimanfaatkan untuk mendinginkan kulit yang terbakar sinar matahari.

Memutihkan Kulit Tangan Dengan Kunyit
source: https://www.alodokter.com/

Cara memutihkan kulit tangan dengan kunyit sangat mudah. Cukup mencampurkan bubuk kunyit dengan air lemon hingga berbentuk pasta. Kemudian oleskan pada tangan yang belang. Tunggu selama 20 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Memutihkan Kulit Tangan dengan Lidah Buaya

Lidah Buaya merupakan tumbuhan yang memiliki banyak manfaat. Sejak dulu lidah buaya telah dikenal sebagai bahan penyubur rambut maupun obat berbagai penyakit. Siapa sangka, ternyata lidah buaya juga dapat digunakan untuk memutihkan kulit yang gelap. Kandungan vitamin A,B dan E dalam lidah buaya bermanfaat untuk mengatasi kulit gelap.

Meski kaya akan manfaat tapi tidak semua orang cocok menggunakan bahan yang satu ini. Lidah buaya bila dioleskan secara langsung ke kulit dapat menimbulkan sensasi menyengat dan mengeringkan kulit. Untuk itu perlu berhati-hati dalam menggunakan lidah buaya. Ada baiknya menguji kulit terlebih dahulu sebelum menggunakannya dalam jumlah banyak.

Memutihkan Kulit Tangan dengan Lidah Buaya

Cara memutihkan kulit tangan dengan lidah buaya dapat dicampur dengan bahan lain untuk mengurangi kemungkinan alergi. Campurkan lidah buaya dengan madu dan haluskan hingga tercampur rata. Oleskan gel lidah buaya pada tangan yang belang. Tunggu selama 20 menit kemudian bilas dengan air hangat.

baca juga

Memutihkan Kulit Tangan dengan Susu

Manfaat susu ternyata tidak hanya dapat dirasakan dengan cara diminum. Susu juga dapat memutihkan kulit dengan menggunakannya sebagai masker. Kandungan laktosa dalam susu dapat mengatasi masalah kulit terbakar maupun pigmentasi. Semakin rutin dilakukan maka hasilnya akan semakin bagus.

Memutihkan Kulit Tangan dengan Susu
source: http://banjarmasin.tribunnews.com/

Cara memutihkan kulit tangan dengan susu dapat dilakukan dengan cara mencampurkan susu dengan buah alpukat hingga menjadi adonan kental. Balurkan pada tangan yang belang seperti menggunakan masker. Tunggu selama 20 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Memutihkan Kulit Tangan Dengan Bengkuang

Suka makan rujak potong? Kamu pasti tidak asing lagi dengan buah berwarna putih yang satu ini. Bengkuang merupakan umbi dengan rasa manis yang ternyata tidak hanya enak dijadikan rujak, bengkuang juga dapat dimanfaatkan untuk memutihkan kulit. Rupanya kandungan vitamin C dalam bengkuang dapat merangsang sel-sel kulit untuk beregenerasi sehingga dapat mencerahkan kulit yang gelap.

Memutihkan Kulit Tangan Dengan Bengkuang
source: http://nulis.co.id/

Cara memutihkan kulit tangan dengan bengkuang dapat dilakukan dengan memarut bengkuang kemudian peras airnya. Kamu tidak perlu menambahkan air lagi karena bengkuang sendiri sudah mengandung banyak air. Selanjutnya air perasan bengkuang ini didiamkan hingga terbentuk endapan putih. Nah, bubuk endapan inilah yang kamu gunakan sebagai masker untuk memutihkan kulit tangan.

Itu dia lima bahan alami yang dapat digunakan untuk memutihkan kulit tangan yang belang. Memang butuh kesabaran karena hasilnya tidak instan. Gunakanlah secara rutin untuk hasil yang maksimal. Selain itu selama perawatan gunakan sunblock untuk menangkal sinar UV agar kulit tidak semakin menghitam.