Ketika kamu melihat kandungan SPF pada sunscreen atau tabir surya yang kamu pakai sebagai skin care sehari-hari, pernah kamu mepertanyakan arti dari besar kecilnya nilai kandungan SPF tersebut. Nah sekadar informasi, jika SPF sebenarnya memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari apparan sinar matahari yang secara langsung mengenai kulit.

Paparan sinar matahari sendiri terdiri atas UVA yang sinarnya tidak begitu panas di kulit namun mampu merusak sel-sel kerotinosit pada jaringan kulit. Sedangkan UVB merupakan sinar yang begitu terik dan panas di kulit dan bisa mengakibatkan kulit memerah atau terbakar dan keduanya sama-sama menjadi salah stau penyebab kanker kulit lho.

SPF 25, SPF 30, hingga SPF 50, Apa Sih Bedanya? Ini Dia Jawabannya!
source: https://phinemo.com

Apa itu SPF?

SPF memiliki arti Sun Protector Factor yang dirancang untuk melindungi kulit dari apparan sinar matahari yang menyengat. Nah, tidak sampai disitu saja, SPF juga terdiri atas kandungan SPF 25, 30 dan 50 yang memiliki tingkatan atau dinamakan level perlindungan terhadap kulit

Angka yang tertera tersebut juga memiliki arti seberapa lama sunscreen atau tabir surya kamu bertahan dan mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Maka dari itu, jika cuaca sangat panas dan menyengat misalnya saja matahari di pantai yang bisa emmbuat kulit terbakar. Dianjurkan untuk menggunakan SPF yang paling tinggi supaya kulit tetap terlindungi.

Apa itu SPF?
source: https://www.idntimes.com
baca juga

Apa Perbedaan SPF 25, 30 dan 50?

Seperti uraian di atas yang mengatakan jika semakin nesar SPF memiliki artian semakin lama kulit kamu dapat terlindungi oleh paparan sinar matahari. Sekadar informasi, bahwa kulit normal manusia pada umumnya hanya mampu bertahan selama 10 menit saja di bawah paparan sinar matahari dan jumlah SPF menentukan 10 kali lipatnya kulit mampu menahan panas di bawah sinar matahari sebelum akhirnya terbakar.

Apa Perbedaan SPF 25, 30 dan 50?

  • Sunblock atau sunscreen yang mengandung SPF 25, maka ketahanannya menjadi 10 menit x 25 = 250 menit atau 4 jam 10 menit.
  • Sunblock atau sunscreen yang mengandung SPF 30, maka ketahanannya menjadi 30 x 10 = 300 menit atau 5 jam
  • Sunscreen atau sunblock yang mengandung SPF 50+, ketahanannya akan lebih lama, yaitu lebih dari 5 jam
Bagi kamu berencana pergi liburan ke pantai, sangat disarankan untuk menggunakan sun protector dengan kandungan diatas 5 jam untuk melindungi kulit agar tidak terbakar.
Apa Perbedaan SPF 25, 30 dan 50?
source: http://www.grid.id/