1. Membersihkan Makeup dan Kotoran di Wajah

Aktivitas di luar ruangan membuat kulit wajah kamu terkontaminasi debu dan kotoran. Hal inilah penyebab utama tersumbatnya pori-pori dan berujung pada timbulnya jerawat. Oleh karena itu, kamu harus rajin membersihkan wajah dengan teratur. Salah satu produk yang cocok untuk skincare routine adalah minyak zaitun.

Perawatan muka dengan minyak zaitun ini mampu mengangkat kotoran lebih banyak daripada menggunakan pembersih biasa, termasuk sisa makeup lho! Hal ini karena minyak zaitun memiliki kandungan yang bermanfaat untuk mengangkat kotoran dan sisa makeup di wajah. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun murni untuk membersihkan makeup dengan cara dioleskan dan dipijat lembut di wajah. Kemudian bilas dengan handuk yang sudah direndam air hangat. Cara lainnya, bersihkan atau usap wajah menggunakan air hangat. Setelah itu, oleskan minyak zaitun pada wajah secara merata dan tunggu sekitar 5 menit hingga mengering. Kemudian, bilas wajah menggunakan air dingin. 

 

1. Membersihkan Makeup dan Kotoran di Wajah
source: https://mejorconsalud.com

2. Mengatasi Jerawat dan Menghilangkan Bekasnya

Meskipun ada banyak cara mengatasi dan menghilangkan bekas jerawat, baik di klinik kecantikan atau berbagai produk skincare atau perawatan muka yang banyak dijual di pasaran, namun kamu tetap bisa kok mengatasi masalah jerawat dan menghilangkan bekasnya dengan memanfaatkan minyak zaitun. Memang sih, jerawat merupakan salah satu masalah pada wajah yang sangat ditakuti oleh para wanita. Selain sakit, jerawat sangat mengganggu penampilan. Perawatan muka sederhana menggunakan minyak zaitun adalah:

  • Pertama bersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan air bersih.
  • Kemudian oleskan minyak zaitun pada bagian wajah yang terdapat jerawat.
  • Gunakan jari untuk memijat kulit agar membantu penyerapan yang lebih baik.
  • Tunggu 5 - 10 menit hingga mengering.
  • Bilas menggunakan air bersih.

 

2. Mengatasi Jerawat dan Menghilangkan Bekasnya
source: http://www.pintarin.com

Minyak zaitun sendiri memiliki beberapa kandungan dan manfaat, antara lain:

  • Vitamin E yang tinggi di dalamnya mampu menghilangkan bekas jerawat. 
  • Sifat anti-inflamasi untuk menyembuhkan jerawat dan bekas-bekasnya.
  • Sifat non-comedogenic-nya juga baik karena tidak menyumbat pori-pori kulit.
  • Kandungan antibakteri di dalamhya mampu menyembuhkan jerawat karena infeksi bakteri.
  • Antioksidannya yaitu polifenol dapat mengeluarkan racun dalam tubuh, serta mencegah segala macam jenis infeksi, termasuk jerawat.


 

baca juga

3. Melembapkan dan Mennghaluskan Kulit

Tahukah kamu jika minyak zaitun punya sifat yang meningkatkan kelembapan pada kulit? Minyak zaitun mengandung vitamin E yang baik serta antioksidannya mampu melindungi kulit dari faktor eksternal seperti paparan sinar matahari ataupun polusi. Kulit yang sering terpapar sinar matahari tentunya bisa mengalami kekeringan atau bahkan mengelupas. Minyak zaitun yang teksturnya ringan ini bisa kamu oleskan 1 - 3 tetes setelah mandi pada bagian wajah yang kering sebagai pelembap alami yang sempurna. Selain cara tersebut, kamu juga bisa melakukan cara lain untuk melembapkan kulit sebagai berikut:

  • Manfaatkan minyak zaitun sebagai masker dengan cara mengoleskan minyak zaitun ke wajah sebelum tidur dan biarkan semalaman. Keesokan harinya, bilas wajah menggunakan air hangat.
  • Campurkan beberapa tetes minyak zaitun dengan krim pelembap wajah sebagai skincare yang dapat menghidrasi kulit agar tetap lembap dan halus.

 
3. Melembapkan dan Mennghaluskan Kulit
source: https://wajah.co.id

4. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini adalah proses dari penuaan kulit yang lebih cepat dari seharusnya. Penyebabnya juga banyak faktor, salah satunya adalah paparan sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kerusakan serat kolagen kulit dan serat-serat elastic pada kulit.

Hal ini bisa memicu pembentukan radikal bebas yang dapat merusak kolagen pada kulit wajah dan menyebabkan pigmentasi serta kekebalan kulit menurun. Selain itu, penuaan dini juga bisa terjadi karena penggunaan beberapa kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit atau yang menyebabkan kulit kering.

Nah, untuk itu kamu juga bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk skincare alami pencegah penuaan dini. Kandungan zat linoleic acid di dalam minyak zaitun akan membantu dan menjaga kadar air di kulit wajah agar tidak muncul keriput pada usia dini. Sedangkan kandungan squalene yang ada pada minyak zaitun akan menjaga keelastisan dan kekencangan kulit agar terlihat awet muda. Cukup oleskan minyak zaitun pada bagian kulit yang mengalami gejala penuaan dan menambahkan minyak zaitun dalam menu makanan sehari-hari. 

 

4. Mencegah Penuaan Dini
source: http://www.manfaatonline.com