Senaker

Senaker
source: http://riseofsneakerculture.org/sophia-chang/

Bisa dibilang cara mencuci model sepatu Sneaker cukup mudah lho beuatynesian. Jika sepatu hanya terkena kotoran dari luar saja, kamu bisa membersihkannya dengan sikat gigi dan air deterjen. Caranya, larutkan deterjen kedalam air, lalu celupkan sikat gigi kedalamnya dan gosokan perlahan ke daerah sepatu yang terkena kotoran. Lalu bilaskan kembali dengan kain halus yang sudah di rendam dengan air biasa lalu keringkan.

Canvas

Canvas
source: https://guide.alibaba.com/shopping-guides/op-canvas-shoes.html

Sebenarnya cara mencuci Sneaker shoes dengan Canvas shoes hampir sama, namun karena bahan canvas agak sedikit lebih sulit untuk di bersihkan, kamu bisa menggunakan tambahan baking soda untuk melunturkan korotan yang membandel. Caranya, larutkan setengah sendok baking soda dengan air lalu celupkan sikat gigi kedalamnya dan gosok ke daerah yang terkena kotoran. Tapi kalau sepatu sudah terlalu kotor dan bau, kamu bisa mencucinya dengan mesin cuci kok beautynesian. Tapi ingat! Dengan kecepatan yang rendah yah agar sepatu tidak rusak.

baca juga

Suede

Suede
source: http://www.theshoesnobblog.com/2016/08/suede-shoes-big-misconception.html

Bahan suede atau beludru memang memiliki sedikit berbeda dengan bahan lain. Model sepatu suede biasanya akan lebih mudah kotor dan sulit untuk di bersihkan karena identik mudah rusak khususnya pada bagian warna. Nah, untuk amannya, kamu cukup memebersihkannya dengan soft brush atau nail brush dengan perlahan untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Tapi, jika sekiranya sepatu kamu sudah terlalu kotor, kamu membersihkannya dengan mengoleskan baking soda yang sudah di larutkan ke daerah yang kotor lalu keringkan.

Leather

Leather
source: https://www.indiamart.com/proddetail/vintage-pu-leather-shoes-16074517688.html

Model sepatu kulit tentunya memerlukan perawatan yang lebih untuk menjaga kondisi sepatu agar tetap bagus. Cara memebersihkan sepatu model ini tentunya agak berbeda dengan sepatu lainnya. Untuk membersihkan sepatu kulit sebenarnya kamu cukup menggunakan shoe polish (khusus sepatu kulit) untuk mencerahkan warna sepatu sekaligus menghilangkan jejak-jejak baret. Tapi, jika kamu merasa sepatu kamu sudah terlalu kotor, kamu bisa mengelapnya dengan kain lembab halus untuk mengangkat kotoran dan debu yang menempel sebelum di poles. Oh iya, agar enggak gampang berjamur,  setelah kamu lap dengan kain lembab jangan lupa untuk keringkan sepatu terlebih dahuulu sebelum kamu oleskan dengan shoe polish.

baca juga

Tips

Pada dasarnya kunci utama membersihkan sepatu yang baik dan benar adalah mengetahui cara yang sesuai pada setiap jenis sepatu yang kamu miliki. Nah, berikut ada beberapa life hack yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan sepatu kamu nih beautynesian :
Tips
source: https://www.stayathomemum.com.au/houseandhome/cleaning-tips/how-to-clean-shoes/
  • Jika sol sepatu kamu bewarna putih dan terkena kotoran yang membandel, kamu bisa menggunakan odol untuk membersihkannya dari noda yang susah membandel. Caranya, oleskan odol ke daerah yang kotor, diamkan 3-5 menit lalu gosok dengan sikat gigi. Oh iya jangan lupa untuk basahkan sikat giginnya terlebih dahulu yah beautynesian.
  • Buat kamu yang ingin membeli model sepatu terbaru, usahakan untuk memilih bahan sepatu yang sesuai dengan pemakaian kamu. Kenapa? Hal ini bisa membantu kamu untuk melakukan perawatan pada sepatu yang kamu miliki. Tentunya kamu enggak akan memilih model sepatu terbaru dengan jenis suede untuk pemakaian lapangan kan? Yup, bisa-bisa sepatu kamu jadi cepat kotor dan kusam.
  • Jika kamu memiliki banyak koleksi sepatu, usahakan untuk menyimpannya di tempat yang kering agar bahan sepatu kamu enggak bau dan jamuran.

Nah, inti dari cara membersihkan sepatu yang benar adalah resik. Jika treatment kamu benar maka bisa dipastikan umur sepatu yang kamu miliki akan lebih tahan lama. Selamat mencoba.