Pilih Hijab yang Tepat (Bahan, Model dan Warna)

Wanita memakai kerudung memang akan tampak cantik dan anggun. Namun, hal ini juga tak terlepas dari rasa gerah. Terutama ketika udara sedang panas-panasnya. Keringat pasti bercucuran juga. Pemilihan bahan hijab pada akhirnya memang perlu. Pilih hijab yang mudah menyerap keringat dan tidak tebal. Misalnya nih kamu bisa pilih kerudung dengan bahan kaos, sifon, rayon, linen, viscose, maxmara atau katun.

 

Pilih Hijab yang Tepat (Bahan, Model dan Warna)
source: https://id.pinterest.com

Selain bahan, kamu juga harus memperhatikan pemilihan warna yang tepat. Jangan hanya tergiur memakai model hijab modern kamu jadi tidak memperhatikan masalah pemilihan warna. Saat udara panas, sebaiknya hindari warna-warna gelap karena akan menyerap panas lebih cepat. Hal tersebut mengakibatkan tubuh kita akan lebih cepat berkeringat dan merasa kegerahan. Kamu bisa pilih warna yang memantulkan panas seperti putih, peach atau warna kalem lainnya. Selain warna kamu juga jangan terlalu memaksakan diri memakai model hijab yang bertumpuk-tumpuk atau terlalu melilit leher. 

 

Pastikan Rambut Benar-Benar Kering Sebelum Memakai Hijab

Mengapa hal ini perlu? Karena rambut yang basah dan lembap justru membuat tubuh merasa semakin gerah. Bahkan, tak hanya gerah saja, karena saat rambut masih basah dan kamu mengenakan kerudung atau hijab dapat menimbulkan masalah kerusakan rambut. Berhijab dengan rambut yang kering sempurna lebih menjamin kesehatan rambut dan rambut juga tidak mudah ketombean serta rontok.

 

Pastikan Rambut Benar-Benar Kering Sebelum Memakai Hijab
source: https://id.pinterest.com
baca juga

Model Baju yang Tepat

Ternyata selain model hijab, bahan dan warna, pemilihan busana yang tepat juga perlu diperhatikan agar kamu tidak mengalami kegerahan. Sebaiknya hindari model busana yang ketat karena bisa mengiritasi kulit. Pilih model busana yang longgar demi mencegah iritasi dan mengurangi gesekan pada kulit. Kamu bisa memilih model kaftan yang simpel dan terbuat dari bahan yang nyaman atau memakai rok lebar dengan potongan A-line atau flare skirt. Jika memutuskan memakai celana sebaiknya pilih harem pants atau celana kulot. Hindari celana ketat, seperti skinny jeans atau legging.

 

Model Baju yang Tepat
source: https://id.pinterest.com

Jauhi Paparan Sinar Matahari Secara Langsung

Hijab modern atau model hijab simpel tetap akan membuat kamu kegerahan jika kamu berada di bawah paparan sinar matahari langsung. Oleh karena itu, ketika kamu berada di luar ruangan sebaiknya lindungi kepala dan tubuh dari paparan sinar matahari langsung. Ketika kamu terkena sinar matahari secara langsung, maka suhu tubuh menjadi cepat naik. Kamu bisa mengantisipasinya dengan memakai payung atau topi lebar.

 

Jauhi Paparan Sinar Matahari Secara Langsung
source: https://www.dream.co.id
baca juga

Jaga Kesegaran Tubuh

Selain beberapa hal di tas, tips berikutnya agar bebas dari gerah meskipun berhijab adalah selalu menjaga kesegaran tubuh. Caranya? Mandi 2x sehari, keramas secara teratur 3x seminggu atau ketika rambut sudah mulai berminyak menggunakan shampo yang tepat serta minum air putih sebanyak 1 - 2 liter sehari.

 

Jaga Kesegaran Tubuh
source: https://hijab.dream.co.id

Istirahat Sejenak di Sela-Sela Aktivitas

Aktivitas yang padat juga bisa menjadi pemicu kegerahan. Oleh karena itu, sempatkan untuk beristirahat sejenak di sela-sela aktivitasmu agar tubuh kembali relax. Selain itu, kamu bisa juga mencari tempat yang aman dari pandangan pria untuk melepas hijab sejenak saat pergi ke kamar mandi atau musholla selama 5-10 menit saja. Biarkan udara atau angin menyentuh kepala dan leher serta lepaskan juga ikatan rambut agar kepala jauh terasa lebih ringan.

 

Istirahat Sejenak di Sela-Sela Aktivitas
source: https://moeslema.com

Berwudhu

Menyentuh air juga bisa menghilangkan rasa gerah. Jangan menunda waktu shalat dan lekaslah berwudhu. Air wudhu akan kembali merangsang pendinginan suhu tubuh lebih cepat sehingga tubuh terasa lebih segar dan tidak gerah.

 

Berwudhu
source: http://aerfakhrudin.blogspot.com