Lipstik adalah salah satu kosmetik andalan bagi wanita. Rasanya enggak lengkap penampilan kita jika enggak menggunakan lipstik. Di zaman sekarang ini, enggak sulit bagi kita menemukan berbagai jenis lipstik yang sesuai dengan selera kita. Selain lipstik yang tahan lama, berbagai hal juga menjadi pertimbangan untuk memilih lipstik dari mulai kenyamanan hingga warna yang sesuai dengan diri kita.

Boleh dikatakan bahwa lisptik sudah sangat berkembang saat ini. Lipstik juga sudah banyak jenisnya mulai dari lip cream, lip tint, lip ice, dan masih banyak lagi. But, tahukah kamu bahwa lipstik ternyata sudah ada sejak zaman dahulu kala? Pernah terpikir enggak sih sebenenarnya kapan awal mula lipstik muncul? Untuk memenuhi rasa penasaran kamu, simak sejarah singkat lisptik berikut ini, yuk!

Jadi Kosmetik Andalan, Ini Dia Sejarah Lipstik yang Ternyata Sudah Ada Sebelum Masehi, Lho!
source: https://makeup.lovetoknow.com/

Lipstik di Peradaban Kuno
Ingin tampil beda dan ingin tampil lebih rupawan tentunya memang sudah menjadi naluri manusia sejak dahulu. Menghias bibir dengan lipstik ini enggak hanya semata-mata untuk mempercantik diri, lho. Banyak bangsa kuno yang menjadikannya sebagai bagian dari ritual dan juga upacara keagaamaan. Pengunaan lisptik ini juga tentunya enggak hanya untuk perempuan, tetapi juga untuk pria. Selain itu, penggunaan lipstik juga seringkali dihubungkan dengan status sosial seseorang.

Tradisi menghias bibir ternyata sudah ada sebelum masehi, yaitu kurang lebih 5000 tahun yang lalu. Wanita Mesopotamia adalah yang dikenal pertama memperkenalkan lipstik sebagai penghias bibir. Para wanita tersebut menggunakan hasil penggilingan batu permata untuk memberi warna dan menghias bibir dan juga mata. Sementara itu, lipstik juga berkembang di peradaban Lembah Sungai Indus dan juga Mesir Kuno.

Dibandingkan dengan peradaban kuno lainnya, peradaban Mesir Kuno adalah yang mengalami kemajuan paling pesat. Kita bisa melihat majunya kosmetik pada Mesir Kuno dengan melihat gambaran Ratu Cleopatra dan Ratu Nefertiti(permaisuri dari Fir'aun Amenhotep IV). Bangsa yang satu ini lah yang mengenalkan warna carmine yang merupakan warna merah yang identik dengan lipstik. Bahan-bahan yang duigunakan untuk pembuatan lipstik tentunya merupakan bahan alami yang diambil dari alam. Cotohnya seperti warna carmine yang berasal dari ekstrak serangga cochineal, sedangkan warna ungu bisa didapatkan melalui pencampuran rumput laut dengan lilin dan berbagai minyak.

baca juga

Awal Mula Penyempurnaan Formula Lipstik
Formula lipstik yang padat yang juga wangi pertama kali disempurnakan saat zaman keemasan Islam pada sekitar tahun 900 Masehi. Formula ini disempurkan oleh Abu Al-Qasim Al-Zahwari yang merupakan seorang ahli kecantikan kimia ternama pada masa itu. Ia menggunakan lilin sebagai dasar, memberiakan pewangi, dan mecetaknya hingga terbentuklah lipstik berbentuk stik. Itu lah awal mula dari formula lipstik yang sering jumpai saat ini. Meskipun memang formula tersebut banyak bertansformasi kembali dan menghasilkan lip product dengan formula lain seperti lip cream dan lip tint.

Jadi Kosmetik Andalan, Ini Dia Sejarah Lipstik yang Ternyata Sudah Ada Sebelum Masehi, Lho!
source: http://www.thegroundmag.com/

Kemunduran Lipstik
Meskipun berkembang pesat hingga saat ini, tapi ternyata lipstik juga pernah mengalami masa kemunduran, lho. Pada abad pertangahan, penggunaan lipstik sempat dilarang di Eropa. Enggak hanya itu, penggunaan lipstik bahkan dikaitkan erat dengan prostitusi. Dari situlah Gereja memunculkan larangan untuk menggunakan lipstik bagi wanita yang belum menikah. Setelah itu, lipstik sempat tren di Inggris pada masa Rata Elizabeth I, namum hal tersebut enggak bertahan lama. Kemunduran lipstik terjadi kembali pada abad ke -18. Pada tahun 1770 parlemen Inggris bahkan mengeluarkan pelarangan penggunaan lipstik. Bagi yang menggunakannya maka akan diberi hukuman dan diadili sebagai seorang penyihir.

baca juga
Jadi Kosmetik Andalan, Ini Dia Sejarah Lipstik yang Ternyata Sudah Ada Sebelum Masehi, Lho!
source: https://fashion.hellomagazine.com/

Perkambangan Lipstik Modern
Lipstik kemudian baru kembali berkembang pesat di akhir abad ke-19. Pada masa revolusi industri, industri kosmetik juga turut mengalami kemajuan. Sejak Perancis memproduksi lipstik untuk dipasarkan secara komersial, lipstik pun terus berkembang dan menjadi semakin populer. Ditambah lagi dengan penggunaan lipstik oleh para artis di masa perkembangan film Hollywood sedang sangat maju. Lipstik pun akhirnya menjadi kosmetik andalan para wanita hingga saat ini.

Jadi Kosmetik Andalan, Ini Dia Sejarah Lipstik yang Ternyata Sudah Ada Sebelum Masehi, Lho!
source: https://www.birchbox.com/

Itu dia sejarah perkembangan lipstik dari awal hingga saat ini. Industri kecantikan pun semakin hari semakin berkembang dan semakin banyak muncul produk kecantikan baru. Para brand kosmetik juga berlomba-lomba untuk selalu mengeluarkan produk lipstik yang jadi favorit para wanita. Lipstik yang tahan lama, punya formula yang nyaman dipakai, dan paham dengan warna-warna yang dibutuhkan para wanita tentunya akan menjadi produk yang banyak dicari. Bagaimana denganmu? Apa produk lipstik yang menjadi andalanmu?