Brush make up yang sering digunakan lama-lama pasti akan kotor dan menyimpan banyak residu kosmetik. Residu atau sisa kosmetik inilah yang nantinya bisa menjadi sumber bakteri dan menginfeksi kulit. Makanya, tak heran apabila brush kotor seringkali menjadi pemicu jerawat pada wajah. Agar brush-mu awet dan tidak menjadi sumber infeksi, ini dia beberapa hal yang perlu kamu tahu agar bisa membersihkan brush secara efektif!

Seberapa Sering Brush Harus Dibersihkan?

Mencuci brush wajib menjadi kegiatan rutinmu. Karena itu, sebaiknya kamu tidak menunggu lama untuk membersihkan brush sets yang kamu pakai. Idealnya, brush yang dipakai rutin perlu dicuci setiap 2 minggu sekali agar kotoran tidak menumpuk. Membersihkan brush secara rutin juga bisa membantu menjaga kualitas brush agar tidak cepat rusak lho, Ladies!

Belum Tahu Tips dan Trik Membersihkan Brush yang Efektif? Begini Caranya!
source: http://hlfwellness.com/

Pilihan Sabun untuk Mencuci Brush

Pada dasarnya, kamu menggunakan berbagai jenis sabun untuk membersihkan brush make up. Namun brush dengan bulu asli sebaiknya dicuci menggunakan sabun dengan formula yang lebih lembut agar tidak cepat kering dan rusak. Kamu juga bisa menggunkana sampo khusus brush yang banyak dijual di toko kecantikan.

Belum Tahu Tips dan Trik Membersihkan Brush yang Efektif? Begini Caranya!
source: http://www.cherrysuedointhedo.com/
baca juga

Praktis Saat Travelling, Bersihkan Brush dengan Alat Ini!

Saat melakukan perjalanan atau travelling, akan sangat repot apabila kamu harus selalu mencuci brush. Solusinya, kamu bisa menggunakan color switch. Benda ini merupakan spons dengan tekstur kasar yang bisa menghapus warna kosmetik pada brush, sehingga kamu bisa dengan mudah bereksperimen dengan banyak warna eyeshadow tanpa perllu repot mencucinya dengan air. Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu cukup gosokkan brush ke spons dan brush-mu akan bersih seketika!

Belum Tahu Tips dan Trik Membersihkan Brush yang Efektif? Begini Caranya!
source: https://www.allure.com/

Saatnya Ganti Brush-mu Jika Sudah Seperti Ini

Brush yang bagus akan bisa menciptakan riasan yang bagus pula. Karena itu, penting untuk kamu selalu menggunakan brush yang tepat. Segera ganti brush make up-mu apabila bulunya sudah terlihat mekar, rontok, dan tidak berbentuk seperti semula.

Belum Tahu Tips dan Trik Membersihkan Brush yang Efektif? Begini Caranya!
source: http://www.ummbabybeauty.com/
baca juga

Penting! Ini Langkah Tepat Membersihkan Brush

Setelah mengetahui pentingnya menjaga kebersihan brush, kamu juga perlu tahu cara mencuci brush yang tepat dan efektif. Langkah-langkahnya terbilang simpel, begini caranya mencuci brush dengan mudah:

  • Basahi brush dengan air hangat
  • Teteskan sabun atau sampo brush ke telapak tangan
  • Gosokkan ujung brush ke telapak tanganmu hingga berbusa
  • Bilas brush dengan air bersih
  • Peras bulu brush dengan handuk kering untuk mengeringkan air
  • Tata ulang bulu brush yang penyok ke bentuk semula
  • Letakkan brush dengan posisi digantung atau diletakkan di sisi meja. Pastikan bulu menghadap ke bawah atau tidak tertindih benda lain agar bentuknya tidak berubah. Hindari meletakkan brush di atas handuk atau kain agar tidak berjamur.
Belum Tahu Tips dan Trik Membersihkan Brush yang Efektif? Begini Caranya!
source: http://styleetcetera.net/