Memasuki masa liburan, perawatan kulit harus tetap menjadi prioritas. Terlebih ketika matahari mulai terasa terik, ada baiknya kamu tetap memperhatikan perawatan wajahmu saat berlibur sekalipun. Karena itu, pastikan kamu tidak melakukan hal-hal berikut ini agar kulit wajah senantiasa terjaga dan tidak kusam selama liburan.


❌Tidak Memakai Sunscreen Saat Beraktivitas di Luar Ruangan

Skin care terpenting yang harus kamu bawa saat akan berlibur di tempat bercuaca panas yaitu sunscreen. Skin care satu ini berfungsi untuk melindungi kulit dari buruknya efek sinar UV. Memang efeknya tidak terlihat langsung, namun kamu tidak mau kan kulit menjadi kering, kusam, muncul garis halus, hingga penuh dengan noda hitam nantinya? Parahnya lagi, paparan sinar UV juga bisa memicu pertumbuhan sel kanker kulit.

Penting! Hindari Melakukan 4 Kesalahan Perawatan Wajah Ini Saat Berlibur
source: https://unsplash.com/@rutgerg

❌ Membiarkan Sunburn dan Iritasi Kulit untuk Sembuh dengan Sendirinya

Tidak bisa dipungkiri, cuaca panas seringkali membuat kulit terbakar dan mengalami iritasi, terlebih untuk kamu yang memiliki kulit sensitif. Jika kulit sudah terlanjur menimbulkan reaksi seperti terasa gatal, kemerahan, hingga mengalami sunburn, maka sebaiknya kamu tidak hanya berdiam diri dan menunggu kulitmu sembuh. Siapkan aloe vera gel atau moisturizer yang berfungsi untuk menenangkan kulit agar bisa digunakan kapan pun dan di mana pun kamu butuh.

Penting! Hindari Melakukan 4 Kesalahan Perawatan Wajah Ini Saat Berlibur
source: https://unsplash.com/@_jsphprz
baca juga

❌ Tidak Membersihkan Wajah karena Terlalu Lelah

Liburan merupakan momen di mana kamu bisa bebas bersenang-senang tanpa perlu pusing memikirkan kerjaan di kantor ataupun tugas kuliah. Namun sebaiknya kamu tidak mengabaikan kewajiban untuk membersihkan wajah di malam hari. Kotoran, polusi, debu, keringat, serta sisa make up dan sunscreen bisa menyumbat pori dan berpotensi terinfeksi bakteri. Enggak lucu kan kalau pas pulang liburan, wajahmu malah dipenuhi jerawat membandel?

Penting! Hindari Melakukan 4 Kesalahan Perawatan Wajah Ini Saat Berlibur
source: https://unsplash.com/@kxvn_lx

❌ Membawa Semua Skin Care yang Ada di Rumah

Saat packing, tidak perlu kalap memasukkan semua koleksi skin care-mu ke dalam tas. Packing dengan bijak dan pilih baik-baik skin care mana yang kamu butuhkan saat liburan. Berlibur ke tempat dengan cuaca dingin? Bawa moisturizer yang bisa melembapkan agar kulit tidak kering. Berlibur ke pantai? Siapkan sunscreen untuk wajah dan tubuh. Intinya, sesuaikan kebutuhan skin care dengan agenda liburanmu, ya!

Penting! Hindari Melakukan 4 Kesalahan Perawatan Wajah Ini Saat Berlibur
source: https://unsplash.com/@theburbgirl