Yoghurt

Life hacks pertama adalah dengan mengonsumsi yoghurt saat puasa yang dikatakan juga ampuh untuk mengurangi bau mulut. Hal ini sudah dibuktikan dalam sebuah penelitian, bahwa mengonsumsi yoghurt setiap hari dapat mengurangi tingkat penyebab bau mulut. Hal ini dikarenakan yoghurt mengandung probiotik, yakni bakteri baik yang mampu memerangi hidrogen sulfida, melawan bakteri dan mencegah pertumbuhan bakteri di rongga mulut, sehingga mencegah terjadinya bau mulut. Pilih yoghurt yang dikonsumsi tidak memiliki rasa dan tanpa gula (plain).

 

Yoghurt
source: http://healthsuitt.com

Teh Hijau

Biasakan minum secangkir teh hijau. Tips ini juga bisa jadi senjata ampuh untuk menghilangkan bau mulut yang tidak sedap karena teh hijau mengandung antioksidan berupa zat polyphenol yang membunuh bakteri penyebab bau mulut saat sahur dan berbuka. Tak hanya itu, teh hijau juga mengandung zat aktif catechins yang dapat menghilangkan plak di gigi yang juga menjadi salah satu penyebab bau mulut. Akan lebih baik dan maksimal lagi megonsumsi teh hijau tanpa gula, karena gula berisiko menempel pada gigi yang justru menimbulkan plak.

 

Teh Hijau
source: https://lifestyle.okezone.com
baca juga

Peterseli

Peterseli biasanya digunakan sebagai hiasan di makanan. Tapi tahukah kamu manfaat lain dari peterseli? Ternyata peterseli bisa juga kamu manfaatkan untuk menyegarkan nafas lho! Simpel saja, cukup kunyah tangkai peterseli dan nafasmu akan segar kembali. Selain itu, kandungan herbal dalam peterseli juga dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan memberi sensasi segar di perut. 

 

Peterseli
source: http://ad.turn.com/server/pixel.htm?fpid=39

Baking Soda

Tips berikutnya datang dari salah satu bahan campuran kue. Yup, baking soda juga bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan bau mulut selama puasa. Kamu bisa manfaatkan baking soda untuk berkumur. Kamu bisa mencampur baking soda dengan 2 sendok makan lemon dan garam ke dalam larutan air. Larutan dari baking soda, lemon dan air ini bisa membantu membunuh bakteri di mulut yang menjadi penyebab bau mulut. Mudah bukan?

 

Baking Soda
source: https://cantik.tempo.co
baca juga

Buah-Buahan

Buah-buahan juga bisa membantu kamu mengatasi masalah bau mulut, tertama buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, melon, strawberry, apel dan tomat. Vitamin C dalam buah-buahan tersebut berkhasiat mengusir bakteri sekaligus menjaga gusi dari infeksi yang juga menjadi penyebab bau mulut.

 

Buah-Buahan
source: http://sumsel.tribunnews.com

Air Putih

Tips sederhana lainnya yang mudah untuk dilakukan adalah dengan banyak mengonsumsi air putih. Selama puasa, kondisi mulut yang kering juga dapat menyebabkan bau mulut. Oleh karena itu perbanyak konsumsi saat sahur untuk memastikan stok cairan cukup selama berpuasa. Banyak minum air putih akan merangsang saliva dengan baik untuk memproduksi air liur yang berfungsi juga sebagai cairan pembersih. Oleh karena itu, minumlah air putih minimal 8 gelas per hari saat sahur dan berbuka puasa. Selain menjaga kesegaran tubuh dan mencegah dehidrasi saat bulan puasa, minum air putih yang banyak juga dapat membantu mencegah bau mulut.

 

Air Putih
source: https://semuril.com