Makanan Terlalu Manis, Asin dan Pedas

Meskipun makan masakan rumah yang higienis, namun sebaiknya hindari makan masakan yang terlalu pedas, asin dan manis ketika sahur. Makanan yang mengandung gula biasanya tinggi kalori dan rendah nutrisi. Konsumsi makanan yang terlalu manis saat sahur akan membuat kamu cepat haus dan perut terasa kembung serta tidak nyaman. Seperti halnya makanan manis, makanan dengan kandungan garam tinggi membuat tubuh mengalami ketidakseimbangan natrium dan sodium sehingga meningkatkan rasa haus di siang hari. Selain manis dan asin, kamu juga tidak dianjurkan makan makanan yang terlalu pedas. Meskipun masakan enak, masakan pedas dapat menyebabkan rasa panas dan kembung pada perut. Jika berlebihan kamu bisa buang air besar terus-menerus yang akan berujung pada dehidrasi atau kekuranngan cairan. Selain itu, sama dengan konsumsi makana manis dan asin, kamu juga bisa merasa cepat haus. 

 

Makanan Terlalu Manis, Asin dan Pedas
source: https://www.covesia.com

Gorengan

Selain masakan rumah, biasanya gorengan menjadi makanan yang cepat dan praktis untuk dibuat. Namun, akan lebih baik kamu hindari gorengan untuk menu sahur. Hal ini dikarenakan proses pencernaan gorengan perlu waktu dan energi yang besar, sehingga belum sampai berbuka tubuh akan terasa lemas. Menyantap gorengan ketika sahur akan menyebabkan rasa kembung, begah dan kandungan minyak di dalam gorengan akan membuat rasa haus meningkat di siang hari. 

 

Gorengan
source: https://nutrivebenecol.com
baca juga

Makanan Kalengan

Mau cara memasak yang praktis ketika sahur? Kamu bisa memasakan aneka masakan enak dari makanan kaleng yang bisa dibeli di supermarket atau mini market. Namun sebelum melakukan hal itu tahukah kamu jika makanan kaleng ternyata tidak baik dikonsumsi untuk sahur lho! Mengapa demikian? Makanan kalengan mengandung zat garam cukup tinggi yang dapat menyerap air dalam tubuh dan akan membuat kamu kekurangan cairan. Namun jika kamu tdak menemukan masakan rumah lainnya yang bisa dimakan saat sahur, bisa tetap mengonsumsi makanan kalengan yang diimbangi dengan minum air putih yang banyak.

 

Makanan Kalengan
source: http://medisian.blogspot.com

Makanan Lunak

Ketika makan sahur menjadi hal yang membosakan terkadang bubur jadi solusinya. Tak perlu susah-susah mengunyah memang. Namun, makanan lunak seperti bubur ini bisa membuat kamu cepat merasa lapar karena bubur mudah dicerna oleh organ dalam tubuh kita. Kalau kamu tidak mau cepat lapar sebaiknya hindari juga konsumsi bubur atau masakan rumah yang lunak lainnya saat sahur. 

 

Makanan Lunak
source: https://pamapedia.com
baca juga

Mie Instan

Tak hanya makanan kaleng, mie instan juga biasanya jadi idola terlebih untuk anak kos. Selain cara memasak yang praktis, mie instan juga rasanya pasti enak. Namun, mie instan adalah salah satu makanan yang sangat tidak dianjurkan dikonsumsi saat sahur. Selain porsi dan gizinya yang sedikit, mie instan juga mengandung natrium, lemak jenuh dan MSG juga akan membuat kamu cepat merasa haus. Selain itu, mie instan juga mengandung kadar glikemik yang tinggi yang dapat membuatmu cepat merasa lapar.

 

Mie Instan
source: https://www.merdeka.com