Makan Sate Bisa Menyebabkan Penyakit Kanker! Masa, Sih?
source: https://www.shutterstock.com/

Indonesia merupakan salah satu negara yang terkenal dengan ragam kuliner. Banyak sekali makanan enak khas Indonesia yang bisa berhasil mendunia. Salah satu makanan lezat kebanggaan Indonesia yang berhasil mendunia adalah sate. Daging yang dimasak dengan cara ditusuk kemudian dibakar ini memang merupakan makanan favorit dari berbagai kalangan tanpa menganal umur.

Jenis sate yang bisa kamu temukan di Indonesia juga sangat beragam, mulai dari sate padang, sate madura, sate maranggi, dan masih banyak sate lainnya. Meskipun sangat lezat, sayangnya makanan enak yang satu ini dianggap kurang sehat dan bisa menyebabkan kanker. Apa yang sebenarnya membuat sate menjadi makanan yang bisa memicu kanker?

Makan Sate Bisa Menyebabkan Penyakit Kanker! Masa, Sih?
source: https://spicemountain.co.uk/
baca juga

Alasan Sate Sebabkan Kanker
Terdapat dua senyawa karsinogen (mampu memicu kanker) berbahaya yang bisa kita temui dalam sate dan juga makanan lainnya yang dibakar dengan arang. Pertama adalah amino heterosiklik (HCA) dan yang kedua adalah hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH). Dalam kadar yang tinggi, keduanya bisa memicu kanker, terutama kanker prostat.

HCA bisa kita temukan dalam daging yang dimasak dengan suhu tinggi, sebenarnya tidak hanya pada daging yang dibaka tetapi bisa juga pada daging yang digoreng atau dipanggang. Sedangkan PAH ditemukan dalam asap dan permukaan daging(permukaan gosong). PAH yang ditemukan di makanan yang dibakar dengan arang jauh lebih tinggi kandungannya dibandingkan dengan makanan yang dipanggang dengan menggunakan oven. Kandungan pasti PAH maupun HCA di dalam sate berbeda-beda, bergantung juga pada cara membakarnya.

Lalu, Bolehkan Sate di Konsumsi?
Meskipun faktanya sate dan makanan lainnya yang dibakar dengana arang mengandung zat-zat karsinogen. Namun kamu masih bisa mengonsumsi makanan lezat dengan beberapa catatan sebagai berikut :
1. Jangan konsumsi berlebihan dan terlalu sering
2. Buanglah bagian daging sate yang gosong. Banyak orang yang tetapi menyukai bagian gosong ini, padahal sangat berbahaya jika dikonsumsi
3. Jangan makan sate yang dibakar diatas arang secara langsung
4. Jika memasak sate sendiri, masaklah dagingnya terlebih dahulu agar proses pemanggangan tidak berlangsung terlalu lama.
5. Pilihlah daging yang tidak memiliki banyak lemak sehingga tidak banyak lemak yang menetes ke arang dan menimbulkan asap yang berlebihan. Terlebih lagi, lemak memang kurang baik jika dikonsumsi berlebihan.

Makan Sate Bisa Menyebabkan Penyakit Kanker! Masa, Sih?
source: https://www.weightlossresources.co.uk/

Jika kamu adalah pecinta kuliner sate, kamu masih boleh tetap menikmati makanan enak satu ini tapi dengan tetap memerhatikan sisi kesehatan, ya!