Makeup tentunya bukanlah menjadi hal yang asing bagi para wanita. Bahkan bagi sebagian wanita, makeup menjadi kebutuhan sehari-hari yang tidak bisa dilewatkan. Dalam hal memilih peralatan make up, tentunya kita harus selektif dan berhati-hati. Seringkali terdapat produk make up atau peralatan make up yang ternyata tidak cocok dengan kita.

Selain cocok atau tidaknya suatu produk, kita juga harus memerhatikan keaslian dari produk makeup yang kita gunakan. Tidak jarang barang palsu dan tiruan dari berbagai brand terkenal beredar di pasaran. Bagi kamu yang baru belajar makeup pemula, tentunya lebih sulit untuk mengenali produk yang asli dan palsu. Supaya kamu tidak salah pilih, coba cara ampuh mengenali produk kesmetik palsu berikut ini, yuk!

Lihat Packaging-nya


Cara pertama mengenali produk kosmetik palsu adalah dengan melihat packaging-nya. Bagi kamu yang baru belajar makeup pemula dan baru pertama kali membeli produk tersebut, kamu bisa melihat perbandingan packaging asli melalui website resmi brand tersebut atau dari berbagai review dari beauty influencer. 

Lihatlah dengan teliti mulai dari bentuk dan warna kemasan, font yang digunakan, hingga letak logo brand pada kemasan. Jika ada perbedaan sedikit saja, tentunya kamu boleh curiga bahwa barang tersebut mungkin palsu.

Waspada Make Up Palsu! Ini Dia Cara Ampuh untuk Mengenalinya!
source: http://retaildesignblog.net/
baca juga

Warna, Tekstur, dan Aroma


Setelah melihat dari luar, sekarang saatnya melihat bagian dalam produknya. Warna, tekstur dan aroma dari produk palsu bisa saja menyerupai yang asli namun tidak akan mungkin sama persis. Produk yang palsu tentunya akan lebih tidak bagus dibandingkan dengan produk yang asli mulai dari warnanya yang lebih pudar, tekstur yang menjadikannya lebih sulit diaplikasikan, hingga aroma bahan kimia yang lebih pekat. 

Waspada Make Up Palsu! Ini Dia Cara Ampuh untuk Mengenalinya!
source: http://www.safecosmetics.org/

Kesesuaian Produk dan Isi


Seteleh memeriksa bagain luar dan bagian dalamnya. Jangan lupa untuk memeriksa kesesuaian keduanya. Pada barang palsu, kamu mungkin seringkali menemukan kesahalan seperti label yang tertukar. Contohnya kamu mencoba liquid lipstick dengan label shade A, namun isi di dalamnya kamu menemukan shade B. Jadi meskipun dalam hal packaging dan isi terlihat sangat mirip dengan produk asli, lebih baik kamu tidak membeli produk tersebut.

Waspada Make Up Palsu! Ini Dia Cara Ampuh untuk Mengenalinya!
source: https://www.stuff.co.nz/
baca juga

Cek Nomor BPOM


Salah satu syarat makeup yang aman digunakan adalah yang sudah lulus uji BPOM. Selain mengindikasikan aman, nomor dari BPOM pada produk yang sudah lulus uji ini juga akan bisa membantu kamu dalam membedakan produk asli dan palsu. Untuk dapat memastikan nomor BPOM tersebut memang benar, kamu bisa mengecek langsung pada website resmi BPOM. Pada produk palsu, biasanya hanya tertera nomor palsu yang tentunaya tidak akan muncul di website resmi.

Waspada Make Up Palsu! Ini Dia Cara Ampuh untuk Mengenalinya!
source: https://fashion-history.lovetoknow.com/

Harga


Membeli produk kosmetik murah tentunya menjadi impian setiap wanita. Tapi jangan senang dulu ketika mendapatkan produk kosmetik murah karena ada kemungkinan barang tersebut palsu. Jika menginginkan produk dengan harga yang lebih murah kamu bisa menunggu diskon dan promo resmi dari official store produk yang kamu inginkan.

Waspada Make Up Palsu! Ini Dia Cara Ampuh untuk Mengenalinya!
source: http://pucua.com/

Reaksi Kulit


Reaksi negatif pada kulit seperti gatal, kering, hingga rasa terbakar bisa mengindikasikan kamu tidak cocok dengan suatu produk. Tetapi jika kamu memiliki kulit yang sebanarnya tidak sensitif, maka kemungkinan reaksi negatif tersebut adalah akibat dari barang palsu. That's why, jika terjadi efek negatif pada kulit, kita harus langsung menghentikan pemakaian produk tersebut.

Waspada Make Up Palsu! Ini Dia Cara Ampuh untuk Mengenalinya!
source: http://www.appareluae.com/