Kemampuan

Kemampuan
source: https://www.sabusinessindex.co.za/how-to-gain-credibility-when-you-have-little-experience/

Beautynesian tentunya sudah kan tentang poin lamaran pekerjaan yang satu ini? Nah, pada poin ini HR atau Human Resource akan memberikan space kepada kamu untuk memberikan atau mempragakan cuplikan singkat seputar kredibilitas yang kamu miliki.

Biasanya hal pertama yang paling dilihat oleh HR adalah bagaimana cara kamu menyampaikan informasi kepada perusahaan. Tidak hanya itu, pada proses lamaran kerja kamu juga akan ditanya beberapa hal lain seperti seberapa jauh kamu mendalami bidang pekerjaan terkait dan sebaik apa cara kamu memberikan trust saat lamaran kerja berlangsung.

Ketika kamu menyampaikan informasi HR akan dapat memastikan seperti karakter kamu secara umum sekaligus mengetahui sebagus apa etika profesional kamu dalam berinteraksi. Setelah melewati hal pertama tesebut, berikutnya HR akan langsung fokus pada kemampuan pribadi kamu, apakah suitable dengan kebutuhan perusahaan atau tidak.

Kepribadian

Kepribadian
source: https://modernmrsdarcy.com/reading-personality/

Mungkin hal ini sering sekali terlupakan oleh para calon pelamar yang identik akan lebih fokus pada poin pertama diatas. Meskipun terdengar sepele, namun hal ini ternyata menjadi faktor penentu penting yang harus kamu perhatikan saat lamaran pekerjaan. As you know, setiap perusahaan tentunya memiliki kriteria rekrutmen atau lamaran pekerjaan yang berbeda-beda, namun yang paling umum dilihat oleh perusahaan adalah sikap profesional kamu terhadap pekerjaan.

Yup! Lagi-lagi kata profesional muncul pada poin ini. Well, satu hal yang perlu kamu ketahui tentang pekerjaan adalah bukan masalah seberapa tinggi gelar dan seberapa pintar orang tersebut melainkan profesionalitas kerja lebih menjanjika untuk diterima dalam suatu perusahaan. Kenapa?

Karena dalam bekerja tentunya kamu akan melakukan banyak interaksi sosial yang membangun bersama visi dan misi perusahaan. Jika kamu tidak menjaga etika profesional dalam bekerja maka alur kerja pada unit atau divisi tertentu akan terhambat dan kemudian akan sangat merugikan bagi perusahaan tersebut.

baca juga

Kamu Termotivasi

Kamu Termotivasi
source: https://www.askmen.com/money/career/staying-motivated-at-work.html

Dari sekian banyaknya poin rekrutmen atau kriteria lamaran pekerjaan yang bisa kamu temukan di berbagai sumber, sebenarnya ada satu poin yang memberikan impact sanagt penting dalam masalah ini, yaitu motivasi. Motviasi merupakan faktor yang sangat penting dalam setiap pribadi. Hal ini dikarenakan motivasi menjadi penentu seberapa baik kinerja kamu dalam bekerja dan memberikan invoasi baru terhadap sesuatu.

Kurangnya motivasi dalam menjalankan pekerjaan tentunya sangat dinilai buruk oleh setiap perusahaan yang ada, hal ini biasanya bisa ditentukan sejak pertama kali kamu melakukan interview di sebuah perusahaan lho beuatynesian.Termotivasi atau tidaknya bisa dilihat dari seberapa jauh kamu bisa meraih kepercayaan perusahaan tersebut untuk memilih kamu sebagai calon karyawan.

Tips

Tips
source: http://socialworkinterviewquestions.com/describe-me-a-situation-when-you-did-something-more-than-what-was-expected-from-you-as-a-social-worker/
Hal-hal yang akan membuat kamu lulus dalam lamaran pekerjaan:
  • Dapat menyelsaikan masalah yang diberikan dengan cepat (Problem Solving Skill)
  • Termotivasi untuk melakukan sesuatu (Inovatif)
  • Memberikan kinerja profesional pada setiap aturan main yang ada
  • Track record yang ada sesuai dengan kapasitas kerja kamu
  • Kejujuran menjadi faktor yang paling menjajikan kamu untuk diterima dalam suatu perusahaan

Pada dasarnya setiap perusahaan memiliki budaya tersendiri dalam memberikan kriteria terhadap penerimaan karyawan baru. Hal ini yang terkadang menjadi rintangan besar yang tidak bisa kita hindari.

So, buat kamu yang merasa sudah merasa all out dalam melakukan interview namun hasilnya gagal, jangan kecewa yah beautynesian. Apapun hasilnya tetap terima dengan tenang dan tetap termotivasi untuk mencobanya lagi.