Banyak sekali informasi seputar kecantikan yang bisa kamu dapatkan, dan ternyata tidak semuanya bisa dipercaya. Masih ada juga banyak kesalahpahaman seputar penggunaan skin care yang sebaiknya tidak kamu lakukan, seperti beberapa mitos berikut ini. Masih mau percaya?

❌ Sunscreen dengan SPF Tinggi Bisa Melindungi Lebih Baik

Nilai SPF yang tertera pada kemasan sunscreen menunjukkan seberapa lama sunscreen tersebut bisa melindungi kulitmu dari sinar UVB sebelum mengalami sunburn, bukan seberapa besar perlindungan yang diberikan. Selain hanya fokus pada angka SPF, faktor lain yang juga perlu kamu pertimbangkan ketika hendak membeli sunscreen adalah jenis perlindungannya. Pastikan kamu memakai sunscreen dengan klaim broad spectrum, yang berarti bisa melindungi dari sinar UVA dan UVB.

Kupas Tuntas 4 Mitos Salah Tentang Penggunaan Skincare
source: https://unsplash.com/@junooo

❌ Skincare Terbaik adalah Skincare yang Mahal

Ada harga, ada kualitas. Namun motto ini tidak bisa semata-mata kamu jadikan acuan untuk menentukan skincare terbaik bagi kulit.Harga mahal tidak menjamin hasil yang baik pula. Justru, skin care yang bagus adalah skin care yang sesuai dengan jenis kulit dan cocok untuk menangani masalah kulitmu. Jadi sekarang paham kan, kalau skin care seharga jutaan Rupiah tidak selalu menjamin kulit mulus bak artis Korea? Beli di mall elit ataupun toko kosmetik dekat rumah, kuncinya adalah beli skin care dengan kandungan yang memang ditujukan untuk menangani masalah kulitmu ya, Ladies!

Kupas Tuntas 4 Mitos Salah Tentang Penggunaan Skincare
source: https://unsplash.com/@theburbgirl
baca juga

❌ Kulit Berminyak Harus Sering Dicuci Agar Lebih Bersih

Minyak berlebih pada wajah tidak hanya membuat penampilan tidak menarik, tetapi juga menimbulkan rasa tidak nyaman karena kulit terasa licin. Hal ini seringkali mendorong orang untuk mencuci wajahnya hingga terasa bersih dan kesat. Salah besar, justru sering mencuci wajah malah membuat kulitmu kering dan mendorong produksi minyak lebih banyak. Kalau sudah begini, kulitmu malah akan terasa lebih berminyak dari sebelumnya. Lebih baik kamu menggunakan kertas minyak saja ya Ladies untuk mengurangi minyak berlebih pada kulit!

Kupas Tuntas 4 Mitos Salah Tentang Penggunaan Skincare
source: https://unsplash.com/@sawyerbengtson

❌ Tidak Perlu Memakai Moisturizer, Cukup Minum Air Putih Saja Agar Kulit Glowy!

Air putih saja nyatanya tidak cukup untuk membuat kulitmu terlihat bersinar ala glass skin. Meskipun menyehatkan, air putih ternyata tidak banyak berjasa untuk melembapkan kulit secara langsung karena hanya akan diserap dan menghidrasi sel tubuh. Karena itu, kamu tetap butuh moisturizer ya jika ingin memiliki kulit sehat dan bersinar setiap hari!

Kupas Tuntas 4 Mitos Salah Tentang Penggunaan Skincare
source: https://unsplash.com/@pminhai