Kamu para pecinta drama Korea dan fans artis Korea pasti sudah tidak asing lagi dengan berbagai istilah-istilah dalam bahasa negeri Ginseng tersebut. Salah satu kata yang cukup populer dan banyak dikenal yaitu “ulzzang”. Kata ini biasanya digunakan untuk menggambarkan seseorang dengan wajah menarik, bisa cantik atau pun ganteng. Kata ini pasalnya merupakan singkatan dan bahasa gaul remaja Korea lho! Penasaran enggak sih dengan asal mula istilah “ulzzang” dan pelafalannya yang benar?


Begini Lho Cara Pelafalan yang Benar!

Pengejaan yang benar dari kata ini ternyata bukan “ulzzang” melainkan “eoljjang” (hangul: 얼짱). Jika dilafalkan, kata ini berbunyi “ol-cang”, bukan “ul-zang” dengn huruf Z seperti yang selama ini kita kira. Seperti Bahasa Indonesia yang terus berkembang dengan banyak kata gaul, kata eoljjang sendiri merupakan singkatan yang diciptakan oleh remaja Korea, diambil dari kata eolgul (hangul: 얼굴) yang berarti “wajah” dan jjang (hangul: 짱) yang berarti “wow” atau “daebak”. Jika digabung, eoljjang berarti wajah yang rupawan, cantik, atau ganteng seperti artis Korea.
Fakta Unik Istilah “Ulzzang” di Korea, Ternyata Pelafalannya yang Benar Seperti Ini!
source: https://www.instagram.com/big_miss_han/

Digunakan Sejak Berkembangnya Media Sosial di Tahun 2003

Dalam akun YouTube-nya, vlogger asal Korea Han Yoo-ra bercerita bahwa istilah ini pertama kali muncul di media sosial. Sekitar tahun 2003, di Korea ada media sosial populer sejenis Friendster bernama Cyworld, di mana penggunanya bisa membuat halaman profil dan memasang foto mereka.


Cyworld sangat digemari oleh remaja pada masanya, dan seperti kebanyakan media sosial lain, setiap pengguna bisa saling melihat profil yang mereka buat. Nah, biasanya akun milik perempuan yang cantik atau laki-laki yang ganteng akan banyak dibicarakan dan dibagikan ke pengguna lain, bahkan hingga menjadi topik perbincangan di forum dan berbagai blog Korea seperti Daum atau Naver. Dari sinilah lahir istilah eoljjang untuk menyebut mereka yang memiliki tampilan rupawan.

Fakta Unik Istilah “Ulzzang” di Korea, Ternyata Pelafalannya yang Benar Seperti Ini!
source: https://metrohoney.wordpress.com/
baca juga

Ada Juga Sebutan Mom-jjang

Selain eoljjang, istilah lain yang juga kerap digunakan pada waktu itu yakni momjjang. Diambil dari kata mom (hangul: 몸) yang berarti “tubuh” dan jjang (hangul: 짱) yang berarti “wow” atau “daebak”, momjjang digunakan untuk menyebut mereka dengan tubuh yang bagus, seperti personal trainer misalnya.


Sekarang Kata Tersebut Sudah Tidak Dipakai dan Berganti dengan Kata Ini!

Dipakai sejak tahun 2003, ternyata 2 istilah tersebut sudah tidak digunakan lagi sekarang. Sebagai gantinya, muncul istilah baru dengan arti yang sama yaitu hunnam (hangul: 훈남) dan hunnyeo (hangul: 훈녀). Istilah ini merupakan gabungan dari kata hunhunhada (hangul: 훈훈하다) yang berarti “enak untuk dilihat” dan nam (hangul: 남) atau nyeo (hangul: 녀) yang berarti “laki-laki” atau “perempuan”. Jika diterjemahkan, artinya sama dengan eoljjang yaitu orang dengan paras rupawan. Ada-ada saja ya, Ladies!
Fakta Unik Istilah “Ulzzang” di Korea, Ternyata Pelafalannya yang Benar Seperti Ini!
source: https://www.instagram.com/joankeem/