Motivasi Diri

Motivasi Diri
source: http://www.loohpa.com/try-5-terrific-mantras-keep-self-motivation/

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika gagal dalam ujian SBMPTN adalah memotivasi diri sendiri. Hal ini memang sulit namun sebagai calon mahasiswa pendidikan tentunya hal ini sudah menjadi kewajiban dan tanggung jawab atas apa yang kamu sudah kerjakan. Ada tiga poin yang bisa jadi motivasi untuk kamu :

  1. SBMPTN di gelar setiap satu tahun sekali, so enggak ada alasan terlambat jika kamu memang benar-benar ingin masuk kedalam fakultas atau jurusan yang sudah kamu impikan. Coba terus!
  2. Jangan terlalu sedih karena perlu kamu ketahui bahwa masih banyak orang lain yang jauh kurang beruntung bahkan tidak bisa merasakan sekolah ataupun kuliah. Pikirkan apa yang harus kamu lakukan setelah sekolah dengan baik.
  3. Segala usaha kamu dalam menggapai sesuatu tidak ada yang sia-sia. Kegagalan hanya langkah awal bentuk pendewasaan kamu lho beautynesian. So, tetap semangat untuk mengejar cita-cita dan masa depan yah.

Jika tiga poin diatas sudah dapat kamu jadikan motivasi diri maka bisa dijamin kamu tidak akan cepat menyerah saat benar-benar masuk kedalam dunia perkuliahan yang penuh dengan deadline, revisi dan pendidikan penelitian.

Ikut Magang Atau Kursus

Ikut Magang Atau Kursus
source: http://www.learnod.com/technical-analysis-course

Hal yang paling sering terjadi pada orang yang tidak lulus atau gagal dalam ujian SBMPTN adalah menganggur. Ya, hal ini terjadi karena sebagian diantara mereka kurang termotivasi atau sekedar ingin bersantai setelah melewati berbagai macam ujian sekolah.

Tapi! Yang jadi masalah adalah ketika kamu tidak melakukan apa-apa dalam kurun waktu setahun maka ilmu-ilmu sekolah atau kredebilitas belajar kamu pastinya akan menurun, which is hal ini sangat buruk buat kamu. So, berikut ada dua hal yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu :

  1. Ikut kursus yang sesuai dengan minat dan ilmu umum yang paling berguna. Misalnya : kursus bahasa inggris atau mandarin. Kurusus desain grafis atau coding. Note : ikuti kursus yang sekiranya dapat menambah pengalaman kamu karena 80 % perusahaan akan menjadikan kamu CV sebagai tolak ukur pass or failed di perusahaan tersebut.
  2. Magang : Sama seperti poin diatas namun hal ini lebih membantu kamu untuk merasakan pengalaman real time working yang penuh dengan tanggung jawab serta jiwa sosial dan etika kamu diuji. Nilai + dari hal ini adalah kamu mendapatkan upah.

Hal terpenting yang harus kamu perhatikan adalah jangan sampai waktu kamu terbuang dengan sia-sia karena jika kamu sudah paham bahwa waktu yang sudah berlalu tidak dapat diulang. Means, kamu sudah kehilangan berbagai kesempatan untuk sukses.

baca juga

Pilih Fakultas Opsional

Pilih Fakultas Opsional
source: http://www.bestschoolforyou.com/how-to-raise-a-child/blog-8/

Memilh fakultas lain atau swasta menjadi salah satu solusi yang cukup baik untuk kamu lakukan jika kamu merasa ada fakultas swasta lain yang enggak kalah bagus dan memiliki kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Namun yang biasanya jadi permasalahan adalah biaya perkuliahan di fakultas swasta terbilang lebih mahal, so kamu harus benar-benar berkonsultasi dengan orang tua terhadap persoalan ini.

Tips : Siapkan segala sesuatu yang terkait dengan data-data pendaftaran universitas. Misalnnya dokume registrasi, data diri dan sebagainya. Kumpulkan semua rechive paper yang kamu terima dari Universitas lalu arsipkan dengan baik.