Step 1

Buat kamu yang belum memiliki pengalaman dalam hal self defence wanita, ada beberapa tips atau pola utama yang harus kamu ketahui sebelum masuk kedalam materi pertahan dan gerakan. Berikut hal yang harus kamu pahami:

Step 1
source: http://realfighting.com/women_as_warriors.php
  • Selalu wasapada pada setiap situasi. Berhati-hati merupakan hal utama yang harus kamu pertahankan untuk dapat menghindari hal-hal yang tidak kamu inginkan
  • Jika kamu sudah masuk kedalam situasi dimana kamu sudah tidak bisa melakukan apa-apa (sudah dalam keadaan pelecehan atau todongan penjahat) maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah tetap tenang sambil melihat pola si penjahat
  • Tentukan situasi dengan cara melihat peluang dengan tepat. Apakah kamu masih memiliki kesempatan untuk kabur atau memberikan perlahanan.
  • Satu hal yang perlu kamu lakukan adalah memberikan pancingan terhadap si penjahat dengan cara mengikuti kemauannya terlebih dahulu. Jika kamu sudah melihat atau menemukan peluang untuk memberikan perlawanan, pastikan untuk mengincar bagian tubuh yang paling retan terkena pukulan. (area alat vital pria, mata dan hidung)
  • Jika kamu tidak dapat menemukan peluang untuk memberikan perlawanan ataupun mendapatkan bantuan dari orang sekitar, maka hal yang harus kamu lakukan adalah merelakan situasi agar tidak terjadi hal yang tidak kamu inginkan pada diri kamu.
  • Keberanian kamu akan menentukan atau membalikan keadaan terburuk

Dalam kamus bela diri wanita, kabur merupakan salah satu opsi yang paling tepat untuk menghindari situasi yang lebih rumit dan membahayakan. So, seperti yang sudah dikatakan pada poin pertama diatas bahwa berhati-hati dan tingkat kewaspadaan sangat diperlukan untuk menghindari situasi bahaya.

 

Step 2

Step 2
source: http://kravmagavirginiabeach.com/krav-maga-training-for-self-defense/

Melakukan bela diri wanita tentunnya bukan perkara mudah untuk mempelajarinya secara singkat, namun berikut ini ada beberapa gerakan singkat yang bisa kamu lakukan untuk memberikan perlawanan ketikda dalam keadaan terdesak.

  • Sikut/elbow strike menjadi salah satu senjata yang cukup efektif untuk memberikan aksi bela diri untuk wanita kepada lawan. Misalnya jika ada seseorang memeluk kamu dari belakang untuk melakukan pelechan maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah meladeni kemauan si penjahat terlebih dahulu untuk mengatahui gerakan yang akan ia lakukan. Jika kamu sudah bisa menebak gerakan lawan dan menemukan celah untuk melancaran perlawanan berikut gerakan yang bisa kamu lakukan : 1. Masukan salah satu kaki (kanan atau kiri) kamu kedalam selah-selah kaki si penjahat 2. Putarkan pinggang kamu dengan lentur dan bertenaga lalu buang sikut kamu kearah hidung si penjahat dengan cepat lalu larilah jika ada kesempatan.
  • Fist strike/palm strike merupakan opsi kedua untuk memberikan aksi bela diri wanita yang bisa kamu lakukan. Masih dalam situasi yang sama seperti diatas, berikut hal yang bisa kamu lakukan. 1. Masukan salah satu kaki (kanan atau kiri) kamu kedalam selah-selah kaki si penjahat 2. Putarkan pinggang kamu dengan lentur dan bertenaga lalu buang kepalan tangan kamu kearaha bagian vital pria dengan cepat lalu larilah jika ada kesempatan. 

Note : gerakan ini cukup membahayakan lawan kamu karena dapat melukai hingga tahap luka permanen. So, atur tenaga kamu dengan baik untuk melakukannya.