Skin Care Whitening dan Brightening Ternyata Hasilnya Tidak Sama, Inilah yang Jadi Perbedaannya!
source: https://www.avoskinbeauty.com/

Salah satu permasalahan kulit yang paling sering dikeluhkan oleh para wanita adalah perubahan kulit yang menjadi lebih gelap. Cara mengatasi persoalan kulit yang satu ini tentunya bermacam-macam, salah satu yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan skin care. Jenis skin care yang biasa dipakai untuk kulit yang gelap adalah skin care brightening dan skin care whitening.

Kedua jenis skin care ini memang berfungsi untuk perawatan muka agar warna gelap kulit wajah berkurang. Banyak orang yang bingung dalam membedakan skin care brightening dan whitening. Padahal jika salah memilih skin care, kamu mungkin akan mendapatkan hasil yang enggak sesuai dengan yang kamu inginkan. So, sebelum memilih skin care yang tepat sesuai kebutuhan kamu, kenali perbedaan skin care whitening dan brightening berikut ini, yuk!

Skin Care Whitening dan Brightening Ternyata Hasilnya Tidak Sama, Inilah yang Jadi Perbedaannya!
source: https://meramuda.com/
baca juga

Skin Care Whitening


Skin care pemutih tentunya bertugas untuk membuat kulit kita terlihat lebih putih. Umumnya, cara kerja dari produk whitening adalah dengan menghambat produksi melanin pada kulit. Melanin yang dihasilkan oleh enzim tirosinase merupakan zat yang memberikan warna pada kulit kita. Sebenarnya melanin berfungsi juga untuk melindungi kulit kita dari sinar UV, tetapi produksi melanin berlebih bisa menyebabkan warna kulit jadi enggak merata dan juga terjadi hiperpigmentasi.  Dari segi hasil, skin care ini bisa menghasilkan kulit yang lebih putih dari kulit asli kita.

Skin Care Brightening


Berbeda dengan skin care whitening, umumnya skin care brightening bekerja mencerahkan kulit dengan cara mengelupaskan kulit. Kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, polusi, dan faktor lainnya menyebabkan penumpukan sel kulit mati. Kulit memang memiliki kemampuan untuk beregenerasi dengan sendirinya, tetapi dalam kasus tertentu terkadang proses regenerasi tersebut kurang berjalan maksimal. Dengan bantuan skin care brightening yang mengandung exfoliant ini, kamu bisa mendapatan warna kulit aslimu kembali.

baca juga
Skin Care Whitening dan Brightening Ternyata Hasilnya Tidak Sama, Inilah yang Jadi Perbedaannya!
source: https://www.rosacea.org/

Mana yang lebih bagus?


Keduanya tentu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Kamu bisa memilih skin care sesuai dengan kebutuhanmu. Namun jika dilihat dari efek sampingnya, skin care whitening bukanlah skin care yang cocok untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama. Pemakaian skin care whitening sebagai skin care routine dalam jangka waktu yang lama akan memberikan efek samping ke kurang baik ke kulitmu, karena cara kerja skin care ini yang menghambat produksi melanin yang sebenarnya penting bagi kulit.

Skin care brightening cenderung lebih aman digunakan sebagai skin care routine. Tapi yang terpenting kita tetap harus selalu memerhatikan formula apa yang ada dalam skin care. Pastikan kandungan skin care tidak membahayakan. 

Meskipun sama-sama membuat kulit lebih cerah, tapi ternyata kedua skin care ini memiliki formula, cara kerja, hingga hasil yang juga berbeda. So, mana skin care pilihan kamu, ladies?