MSG adalah penyedap rasa yang menjadi andalan untuk berbagai makanan. Meskipun MSG bisa membuat makanan enak, tetapi konsumsi MSG terlalu banyak dianggap kurang baik untuk kesehatan. Bahkan banyak yang beranggapan bahwa mengonsumsi makanan mengandung MSG dapat menyebabkan kebodohan. Akhirnya banyak yang beranggapan bahwa makanan sehat hanyalah makanan yang tidak mengandung MSG.

Pernyataan tersebut tentu tidak sepenuhnya benar. Konsumsi MSG terlalu banyak memang tidak baik untuk kesehatan dan makanan sehat memang lebih baik tidak menggunakan MSG. Tetapi takaran MSG pada makanan enak yang kita nikmati masih di batas wajar sehingga masih aman juga untuk dikonsumsi. Kecuali kamu memang memiliki masalah kesehatan tertentu yang membuat kamu harus berhenti atau mengurangi konsumsi MSG.

Di Indonesia, bisa dikatakan MSG memang menjadi andalan untuk berbagai makanan. Tapi selain Indonesia, ternyata masih ada negara lain dengan tingkat konsumsi MSG yang cukup tinggi. Berikut adalah 5 negara dengan tingkat konsumsi MSG tertinggi di dunia!


1. Tiongkok


Tiongkok memang menjadi salah satu negara dengan makanan enak dan mendunia. Enggak heran jika kemanapun kita pergi, dengan mudah kita bisa menemukan China Town. Indonesia juga merupakan salah satu negara yang kulinernya banyak dipengaruhi oleh budaya Tiongkok. Makanan enak dari Tiongkok enggak ternyata enggak terlepas dari yang namanya MSG. Tiongkok menempati urutan pertama negara dengan konsumsi sekaligus produksi MSG tertinggi di dunia.

Duh, Ternyata Indonesia dan 4 Negara Ini Punya Tingkat Konsumsi MSG Paling Tinggi di Dunia!
source: http://mentalfloss.com/
baca juga


2. Indonesia


Selanjutnya menyusul Tiongkok, ada negara kita tercinta, Indonesia. Menempati posisi kedua negara dengan konsumsi MSG tertinggi di dunia, harus diakui bahwa banyak orang Indonesia yang merasa makanan tanpa MSG itu kurang sedap. Tapi dengan berkembangnya healthy lifestyle di Indonesia, kini semakin banyak bermunculan restoran makanan sehat dengan free MSG.

Duh, Ternyata Indonesia dan 4 Negara Ini Punya Tingkat Konsumsi MSG Paling Tinggi di Dunia!
source: https://www.pinterest.com/


3. Thailand


Posisi ketiga negara dengan konsumsi MSG tertinggi ditempati oleh Thailand. Seperti yang kita tahu, Thailand juga merupakan negara yang banyak menarik wisatawan mancanegara dengan berbagai makanan khasnya. Thailand juga bisa dinobatnya sebagai surganya street food. Setuju, enggak?

Duh, Ternyata Indonesia dan 4 Negara Ini Punya Tingkat Konsumsi MSG Paling Tinggi di Dunia!
source: https://www.123rf.com/
baca juga


4. Vietnam


Di urutan keempat negara dengan konsumsi MSG tertinggi ditempati oleh Vietnam. Meskipun enggak setenar Thailand, tapi Vietnam juga punya banyak sekali makanan khas yang enggak kalah lezat. Salah satu makanan khas Vietnam yang dengan mudah bisa kamu temui di Indonesia adalah Pho. Meskipun masuk ke jajaran negara dengan konsumsi MSG tinggi, tapi enggak sulit untuk kamu menemukan tempat makan non MSG di Vietnam.

Duh, Ternyata Indonesia dan 4 Negara Ini Punya Tingkat Konsumsi MSG Paling Tinggi di Dunia!
source: https://en.vietnam.com/


5. Taiwan
Negara kelima dengan konsumsi MGS tertinggi ternyata masih berada di Asia. Taiwan menjadi negara kelima dengan konsumsi MSG tertinggi. Makanan Taiwan juga enggak kalah lezat dengan 4 negara lain di atas. Bisa kamu buktikan dengan mencoba makanan khas Taiwan yang dengan mudah bisa kamu temukan di kota-kota besar di Indonesia.

Duh, Ternyata Indonesia dan 4 Negara Ini Punya Tingkat Konsumsi MSG Paling Tinggi di Dunia!
source: https://www.nytimes.com/

Nah, terbukti ya bahwa negara dengan konsumsi MSG tertinggi adalah negara-negara di Asia yang terkenal dengan kelezatan kulinernya. Enggak salah ya jika MSG disebut sebagai penyedap rasa yang ampun! Konsumsi MSG memang enggak ada salahnya, Beautynesian. Tapi jangan terlalu sering dan berlebihan, ya!