Minum Air Putih

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa nyeri dan pegal pada punggung saat menstruasi adalah dengan banyak minum air putih. Dengan mengonsumsi air putih, kamu telah memenuhi kebutuhan cairan sehingga membuat metabolisme dalam tubuh menjadi lebih lancar. Dengan begitu, kontraksi perlahan akan mereda sehingga nyeri dan pegal pada punggung juga hilang. 
 
Tanpa Obat, Ini Dia Cara Tepat Atasi Punggung Pegal Saat PMS
source: http://www.topnews.in/


 


Istirahat dan Relaksasi Tubuh

Saat punggungmu terasa nyeri dan pegal, cobalah untuk duduk sejenak atau tidur untuk mengistirahatkan tubuh. Rasa pegal dan nyeri muncul akibat otot-otot tubuh yang kram dan tegang karena banyak beraktivitas. Kamu juga bisa meminta seseorang untuk memijatkan punggung atau mengompresnya dengan air hangat agar otot-otot menjadi lebih rileks.
 
Tanpa Obat, Ini Dia Cara Tepat Atasi Punggung Pegal Saat PMS
source: https://liaandrews.wordpress.com/


 

baca juga

Stretching

Cara ketiga yang dapat kamu lakukan agar rasa pegal dan nyeri mereda adalah dengan melakukan stretching ringan selama sekitar 10 menit saat menjelang menstruasi. Dengan begitu, kamu mempersiapkan tubuhmu agar lebih rileks dan otot-otot tidak lagi menegang dan kaku. 
 
Tanpa Obat, Ini Dia Cara Tepat Atasi Punggung Pegal Saat PMS
source: https://www.pinterest.co.uk/


 


Konsumsi Kunyit

Jika rasa nyeri dan pegal masih saja menghampiri, cobalah untuk mengonsumsi minuman yang terbuat dari kunyit asam secara teratur. Minuman ini memang terbukti dapat mengurangi rasa nyeri karena kunyit sendiri telah teruji secara klinis dapat menekan inflamasi atau peradangan yang menimbulkan rasa nyeri dan beragam masalah kewanitaan lainnya.

 
Tanpa Obat, Ini Dia Cara Tepat Atasi Punggung Pegal Saat PMS
source: https://www.alodokter.com/


 

baca juga

Konsumsi Minuman Hangat

Jika kamu tidak memiliki kunyit, kamu dapat mengonsumsi minuman hangat lain untuk membantu mengurangi rasa nyeri dan pegal pada punggung. Akn tetapi, minuman dengan kandungan kafein dan gula tinggi harus kamu hindari agar rasa nyeri tidak semakin parah. Sebagai gantinya, jahe atau madu dapat menjadi pilihan kamu.
 
Tanpa Obat, Ini Dia Cara Tepat Atasi Punggung Pegal Saat PMS
source: https://food.detik.com/


Nah, itulah beberapa cara untuk mengatasi nyeri dan pegal pada punggung saat PMS yang bisa kamu lakukan tanpa mengonsumsi obat. Semoga bermanfaat!

Kalau kamu membutuhkan saran tentang kesehatan, kamu bisa tanya-tanya dan mendiskusikannya di beautynesia.id/forum lho. Di forum ini kamu bisa membuat thread, memberikan komentar dan berdiskusi dengan Beautynesia User lainnya. Jangan lupa sign up di http://beautynesia.id/signup kalau kamu belum punya akun Beautynesia ya.