Paraben adalah...


Paraben memang sering banget disebut dalam review sebuah kosmetik maupun skin care. Banyak wanita yang tertarik pada kosmetik dan skin care yang diklaim anti paraben, demi kesehatan. Namun apa sih sebenarnya paraben itu?

Paraben merupakan sebuah zat kimia yang digunakan sebagai pengawet pada produk kosmetik dan farmasi. Fungsinya dalam dunia kesehatan adalah membantu mencegah timbulnya jamur dan bakteri, melindungi konsumen, dan menjaga kualitas produk. Jenis paraben yang paling sering digunakan pada produk kosmetik adalah methylparaben, propylparaben, dan butylparaben. Produk perawatan selain kosmetik seperti shampoo, gel cukur, pelumas, farmasi, riasan wajah, losion dan pasta gigi juga mengandung paraben tanpa kamu sadari. 

Paraben adalah...
source: https://cdn1.vectorstock.com/i/thumb-large/50/65/paraben-chemical-structure-isolated-vector-18575065.jpg




 

Image Paraben di Masyarakat


Pada dekade 90-an, paraben dianggap sebagai agen xenoestrogent yang mengimitasi estrogen pada tubuh. Efek buruk estrogen sering dikaitkan dengan masalah pada dada dan regenerasi. Setelah itu, para peneliti menyatakan bahwa paraben memiliki efek negatif terhadap kesehatan, terutama kanker. Selain itu, pada tahun 2004 peneliti dari Inggris Philippa Dabre, Ph.D menemukan adanya paraben pada tumor payudara yang berbahaya. dalam penelitiannya, disarankan untuk membatasi kadar paraben pada kosmetik sebagai tips kesehatan agar tidak terdampak kanker payudara. 

 

Image Paraben di Masyarakat
source: https://www.makhamthai.com

Konsumen mulai mendengar informasi kesehatan ini, bahwa paraben adalah penyebab reaksi alergi, kanker payudara, aktivitas estrogenik dan paparan matahari. Akibatnya, perusahaan kosmetik mengalami kerugian karena skandal paraben ini. Di kemudian hari, berbagai brand kosmetik berlomba memproduksi kosmetik organik bebas paraben. Padahal hingga hari ini, informasi kesehatan terkait paraben penyebab kanker payudara belum bisa dibuktikan kebenarannya dalam penelitian profesional manapun. 



 

baca juga

Paraben Harus Dihindari, Benarkah?


Nah, yang menjadi pertanyaan hampir seluruh wanita yang menggunakan kosmetik adalah: apakah wajib menghindari paraben?

Menghindari paraben dengan jumlah berlebihan memang jadi tips kesehatan yang amat berguna. Tapi, jumlah paraben yang sedikit di dalam produk kosmetik nggak akan membahayakan kesehatanmu, kok. 

Organisasi Cosmetic Ingredient Review pada tahun 1984 menyatakan bahwa paraben adalah kandungan dalam produk kosmetik yang aman digunakan. Namun, pada tahun 2005 Cosmetic Ingredient Review melakukan penelitian sekali lagi untuk membuktikan dampak paraben pada kesehatan. Ternyata, penelitian pada bayi dan wanita menemukan bahwa kadar paraben yang sangat kecil pada produk tidak menyebabkan kanker atau membahayakan kesehatan.

 

 

Paraben Secara Resmi Aman atau Tidak?


Perlu diketahui, banyak sekali penelitian yang dilakukan untuk membuktikan apakah paraben aman atau tidak. American Cancer Society dan FDA yang melihat paraben dari sudut pandang eksperimen dan pengobatan, menyatakan bahwa paraben pada kosmetik tidak dapat merusak kesehatan maupun menyebabkan kanker payudara. Begitu juga Health Canada, FDA pada Kanada juga menyatakan belum ditemukannya bukti hubungan antara paraben dan kanker payudara.

Paraben Secara Resmi Aman atau Tidak?
source: https://www.livestrong.com


Perlu kamu ketahui, bukan hanya produk kosmetik dan skin care saja yang mengandung paraben. Makanan organik seperti kacang-kacangan, bluberi, wortel dan ketimun juga menghasilkan paraben. Jadi, kamu nggak perlu cemas terhadap zat kimia satu ini. Be a smart buyer, ya, ladies!