Asal Usul Bakso

Asal Usul Bakso
source: https://travelingyuk.com/kuliner-bakso-beranak/28500/

Asal usul bakso berawal dari sebuah cerita masyarakat yang konon dikemukanan oleh sorang anak bernama Meng Bo. Meng Bo memiliki ibu yang sudah sangat tua sehingga susah untuk melakukan sesuat termasuk makan.

Ibu Meng Bo sangat suka dengan makanan daging tapi tidak bisa mengkonsumsinya lagi karena kondisi tubuhnya. Melihat hal itu Meng Bo mencoba memikirkan cara untuk membuat ibunya bisa memakan daging kembali. Seketika Meng Bo melihat tetangganya sedang menumbuk beras ketan untuk membuat mochi.

Melihat hal itu Meng Bo langsung mecoba cara itu untuk membuat olahan daging berbentuk seperti mochi. Hasilnya ternyata diluar perkiraan. Rasa daging olahan Meng Bo menjadi lebih enak dan akhirnya mulai tersebar di berbagai kalangan.

 

Awal Mula Bakso Masuk Ke Indonesia

Awal Mula Bakso Masuk Ke Indonesia
source: https://www.yukepo.com/hiburan/unik/cuma-di-indonesia-kamu-bisa-menikmati-kelezatan-10-bakso-unik-ini/

Seperti yang kamu ketahui bahwa Indonesia zaman dahulu terkenal dengan jalur perdagangannya yang luas. Konon masuknya berbagai jenis budaya dan material karena adanya pertukran informasi antara orang Indonesia dengan para pedagang luar.

Masuknya makanan khas bakso pertama kali ke Indonesia juga berawal dari fenomena ini. Awal mula bakso diperkenalkan oleh seorang pedagang China yang menetap di Indonesia. Perubahan-perubahan rasa dan bahan bakso mulai berubah mengikuti kebiasaan atau budaya makan orang Indonesia.

Seperti contoh, awal mula Bak-So (daging giling) menggunakan daging babi sebagai bahan dasar, kemudian berubah menjadi daging sapi karena lebih familiar dengan cita rasa pribumi. Lalu penggunaan rempah-rempah makanan khas Indonesia mulai masuk untuk menyesuaikan selera masyarakat.

 

baca juga

Macam-Macam Bakso Unik

Macam-Macam Bakso Unik
source: https://ksmtour.com/wisata-kuliner/kuliner-tangerang/bakso-kelapa-kelezatan-bakso-dalam-batok-kelapa.html

Dari sekian banyak jenis dan tempat makan bakso, berikut ada beberapa jenis bakso paling unik yang wajib buat kamu cobain nih beautynesian.

  • Bakso Setan : Bakso seukuran mangkuk besar yang berisi dengan daging giling dan cabai
  • Bakso Beranak : Bakso seukuran mangkuk besar yang berisikan dengan bakso-bakso kecil dan sayuran
  • Bakso Rusuk Setan : Tulang rusuk sapi yang di balut dengan daging bakso tebal
  • Bakso Goreng hitam Surabaya : Bakso bewarna hitam pekat karena menggunakan bahan dasar charcoal (arang).
  • Bakso isi keju mozzarella : Bakso super dengan potongan keju lumer didalam
  • Bakso Mangkok : Seporsi bakso dengan mangkok yang terbuat dari daging bakso
  • Bakso Kelapa : Sensasi makan bakso dengan mangkok kelapa
Nah buat yang bingung gimana cara cari tempat makan makanan bakso diatas, kamu bisa cari alamatnya di google kok beautynesian. Selamat mencoba.