Eksfoliasi jika dilakukan dengan tepat sebenarnya bisa meningkatkan kondisi kulit secara drastis. Kulis mulus, bebas jerawat, dan bersih dari komedo bisa kamu dapatkan dengan rutin melakukan eksfoliasi. Pertanyaan, apa yang malah akan terjadi jika kamu salah melaakukan eksfoliasi? Hati-hati, jangan sampai kulitmu iritasi karena melakukan kesalahan dalam perawatan wajah eksfoliasi ini ya!


Melakukan Eksfoliasi Terlalu Sering


Banyak wanita tidak sabar mendapatkan manfaat skin care dengan meningkatkan frekuensi pemakaian. Cara ini nyatanya tidak bisa membuat skin care menjadi ampuh seketika lho, Ladies! Terutama dalam melakukan produk eksfoliasi, jika dilakukan berlebihan kulitmu nantinya malah akan mengalami gejala over-exfoliating, seperti kulilt kering, mengelupas, terasa kesat, hingga berjerawat. Bukannya semakin bersih, eksfoliasi berlebihan malah bisa menjadi bumerang untuk kulitmu!

Duh! Kesalahan dalam Melakukan Eksfoliasi Ini Bisa Membahayakan Kulitmu
source: http://www.neetzy.com


Menggunakan Scrub untuk Kulit Berjerawat


Ada berbagai jenis exfoliator yang bsia dipakai untuk mengeksfoliasi sel kulit mati, salah satunya yaitu scrub. Namun exfoliator jenis ini sebaiknya tidak dipakai secara berlebihan, terutama pada kulit yang rentan berjerawat atauu acne prone. Kulit acne prone yang digosok oleh scrub malah bisa teriritasi dan meradang, serta memperparah kondisi jerawat yang ada.

Duh! Kesalahan dalam Melakukan Eksfoliasi Ini Bisa Membahayakan Kulitmu
source: https://www.natalielovesbeauty.com/
baca juga


Tidak Menggunakan Pelembap Setelah Melakukan Eksfoliasi


Kulit kering merupakan salah satu efek samping dari kegiatan eksfoliasi. Namun efek ini sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan karena bisa diatasi dengan menggunakan pelembap atau moisturizer. Gunakan pelembap secara rutin setelah kamu menggunakan AHA, BHA, ataupun scrub wajah agar kulitmu tidak terlalu kering.

Duh! Kesalahan dalam Melakukan Eksfoliasi Ini Bisa Membahayakan Kulitmu
source: http://www.peachesandblush.com/


Tidak Menggunakan Tabir Surya


Efek samping lain dari proses eksfoliasi yaitu kulit yang menjadi lebih sensitif dengan cahaya matahari. Karena itu, kamu yang sudah melakukan eksfoliasi sebaiknya jangan lupa untuk menggunakan krim tabir surya atau sunscreen saat ingin keluar rumah ya, Ladies, agar kulitmu tetap terlindung dan terjaga dari sinar UV.

Duh! Kesalahan dalam Melakukan Eksfoliasi Ini Bisa Membahayakan Kulitmu
source: https://www.pexels.com/@pixabay
baca juga


Cara merawat wajah perlu dilakukan dengan benar dan tepat, termasuk saat melakukan eksfoliasi. Karena itu, usahakan untuk tidak melakukan berbagai kesalahan ekfoliasi di atas ya, Beautynesian!