Cara Menyimpan Produk Perawatan Wajah dengan Tepat


Membeli skin care saat ini sangat mudah, ladies. Yang sulit adalah cara menyimpannya. Kamu nggak bisa sembarangan menyimpan skin care di sembarang tempat karena kandungan di dalamnya bisa berubah jika tidak dijaga dengan baik. Kebanyakan produk skincare dan kosmetik tidak boleh terkena sinar matahari langsung. Nah, tips kecantikan berikut akan membantumu menyimpan skin care dengan tepat.


 

Simpan di Kulkas


Jika kamu pernah meminta resep krim racikan dari dokter kecantikan, pastinya akan ada saran penyimpanan di dalam lemari pendingin atau kulkas. Alasannya, tentunya agar kandungan di dalamnya nggak hilang karena kebanyakan krim dari dokter kecantikan dibuat dengan bahan-bahan organik.

Kamu juga harus melakukan hal yang sama dengan skin care yang kamu miliki. Produk perawatan wajah yang wajib disimpan di kulkas biasanya mengandung vitamin A dan C. Vitamin A dan C yang terkandung dalam krim anti-aging dan obat jerawat sebagai cara merawat wajah adalah vitamin yang lemah terhadap panas sehingga bahan aktifnya akan lebih cepat hilang jika terpapar sinar matahari langsung. 
Simpan di Kulkas
source: http://valstietis.lt


Keawetan produk kecantikan juga dipengaruhi oleh temperatur. Temperatur memicu produk kecantikan lebih cepat kadaluwarsa dan manfaatnya pun bisa berkurang. Mengapa di dalam kulkas? Karena kulkas memiliki suhu rendah yang dingin. Suhu yang dingin dapat memperlambat proses penguraian dan menjaga formula dalam krim anti-aging serta obat jerawat.

Produk dengan kandungan gel, masker mata, toner, serum, krim mata hingga moisturizer dan facial spray bisa juga disimpan dalam kulkas karena bisa memberikan efek yang lebih menyegarkan jika disimpan di suhu dingin.


 

baca juga

Simpan di Kamar dengan Suhu Ruang


Tapi, nggak semua produk skin care perawatan wajah bisa disimpan di dalam kulkas. Ada beberapa produk skincare yang tidak cocok disimpan dalam kulkas. Produk-produk tersebut memiliki komposisi minyak, mineral oil, atau lilin seperti face oil dapat berubah konsistensinya jika disimpan di kulkas sehingga lebih baik di suhu ruangan. Selain itu, produk sunscreen dan produk dengan natural oil-based harus disimpan di tempat yang gelap dan tidak kontak langsung dengan matahari. Tips kecantikan yang bisa kamu lakukan adalah menyimpan produk tersebut di laci meja rias untuk menghindari proses oksidasi agar cara merawat wajah tetap efektif dan produk tetap awet. 

Simpan di Kamar dengan Suhu Ruang
source: https://waitingonmartha.com


 

Simpan di Kamar Mandi

 

Bisa dibilang, kamar mandi adalah lingkungan yang lembap dan suhunya selalu berubah-ubah bahkan lebih panas dari seluruh ruangan di rumah. Maka itu, disarankan banget untuk tidak menyimpan pelembab wajah dan tubuh, parfum, kosmetik berbahan organik, dan scrub kulit dengan kandungan gula dan garam di dalam kamar mandi. 

Lingkungan yang lembab juga dapat menjadi sarana untuk bakteri berkembang biak pada beberapa produk skin care tersebut dan dapat mempengaruhi bentuk serta zat aktif didalamnya. Kamu hanya perlu menyimpan sabun, pasta gigi, sampo, dan sikat gigi di dalam kamar mandi. 

Simpan di Kamar Mandi
source: https://intothegloss.com/

Nah, itulah beberapa cara menyimpan produk perawatan wajah yang harus banget kamu pahami. Jangan sampai salah lagi, ya!