Persiapkan Bahan dan Alat yang Diperlukan

Pertama-tama, kamu harus siapkan dulu semua bahan dan alat yang dibutuhkan untuk facial, seperti facial cleanser, sabun muka, masker, scrub, air hangat, handuk, baskom, pelembap dan serum. 

 

Persiapkan Bahan dan Alat yang Diperlukan
source: http://maiiazzjc.blogspot.co.id


 

Membersihkan Wajah

Apapun perawatan wajah yang akan kamu lakukan, membersihkan wajah tidak boleh kamu lewatkan. Jangan lupa untuk selalu membersihkan wajah dengan benar. Kamu bisa memilih facial wash atau facial cleanser sebagai pembersih wajah. Jika masih ada makeup yang menempel, kamu bisa gunakan pembersih khusus makeup atau makeup remover. Jika wajah kamu bersih, maka akan memudahkan penyerapan vitamin dan zat-zat lain yang diperlukan oleh kulit kamu.

 

Membersihkan Wajah
source: https://www.mitrakosmetik.com


 

baca juga

Lakukan Pemijatan

Setelah wajah bersih, selanjutnya pijat wajah secara lembut menggunakan minyak zaitun atau moisturizer. Hal ini dilakukan agar otot-otot rileks dan sirkulasi darah pada wajah lebih lancar. Selain cara membersihkan wajah yang benar, kamu juga harus memperhatikan cara memijat wajah dengan benar. Cara yang baik dan benar melakukan pijat wajah adalah dengan menggunakan jari tengah dan jari manis. Kamu bisa mulai dari tengah dagu, lalu lakukan gerakan memutar ke arah keluar. Kemudian kamu bisa lakukan gerakan yang sama pada tengah wajah dan arahkan ke bagian luar hingga ke pipi dan lanjutkan dengan memijat bagian sekitar mata serta pelipis. Selanjutnya untuk bagian dahi, pijat secara memutar hingga ke arah pelipis dan tepuk-tepuk perlahan seluruh wajah menggunakan jari. Jika sudah selesai bersihkan wajah kamu dengan handuk yang telah dibasahi air hangat.

 

Lakukan Pemijatan
source: https://www.avoskinbeauty.com


 

Steam Wajah

Selanjutnya adalah kegiatan yang dinamakan steam yaitu menguapi wajah. Jika di salon memang ada alat khusus untuk steam wajah. Namun, saat di rumah kamu bisa menggantikannya dengan cara sederhana, yakni dengan uap air panas yang diletakkan dalam baskom. Hal ini dilakukan untuk membuka pori-pori kulit agar kotoran dan minyak mudah dibersihkan. Caranya, tuang air panas ke dalam baskom kemudian dekatkan wajah di atas baskom tersebut sambil bagian kepala ditutupi dengan handuk agar uap air panas dapat tepat mengenai wajah kamu saja. Steam wajah ini cukup dilakukan dalam waktu 2 - 5 menit saja. Jika sudah, keringkan wajah menggunakan handuk halus atau tisu wajah.


 

Steam Wajah
source: http://www.organicauthority.com


 

baca juga

Scrubbing

Langkah selanjutnya adalah proses scrubbing untuk mengangkat semua kotoran dan sel-sel kulit mati. Pilih scrub dengan butiran lembut agar tidak menimbulkan iritasi. Saat ini sudah banyak scrub yang dijual di pasaran, namun kamu juga bisa membuat scrub alami dari campuran gula pasir, air mawar, dan minyak zaitun yang diblender atau bisa juga kamu buat campuran cleansing milk dan scrub.

Setelah mengaplikasikan scrub, kamu bisa pijat wajah perlahan dengan gerakan memutar searah jarum jam selama kurang lebih 15 menit. Lakukan scrubbing lebih lama pada area-area wajah yang banyak terdapat komedo, seperti dahi, dagu dan sekitar hidung. Oya, jika wajah kamu berjerawat kamu bisa skip scrubbing ini. Jangan lupa untuk membersihkan wajah setelah scrubbing dan masuk ke tahapan selanjutnya.

 

Scrubbing
source: http://www.ledisia.com


 

Masker

Setelah wajah dibersihkan dengan pembersih wajah, selanjutnya kamu bisa memakai masker favoritmu atau masker sesuai kebutuhan kulit kamu. Selain masker yang dapat kamu beli, kamu bisa juga membuat masker sendiri lho!

Hal yang paling penting adalah memilih masker yang sekiranya dapat membuat kulit wajahmu tetap kencang, cerah, sehat dan ternutrisi dengan baik sehingga masker akan memberikan perawatan yang lebih maksimal pada wajah kamu. Oleskan masker menggunakan kuas masker dan diamkan selama 15 - 20 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

 

Masker
source: https://id.pinterest.com


 

Toner

Jika wajah sudah bersih kembali, kini saatnya kamu pakai toner. Proses toning atau pemakaian toner pada wajah ini untuk menutup pori-pori serta membantu kulit kamu agar terlihat cerah dan awet muda. Selain bisa membeli toner yang sudah jadi, kamu juga bisa membuat toner sendiri dari campuran air, cuka apel, witch hazel dan air mawar. Usapkan atau percikkan toner pada wajah dan biarkan beberapa saat hingga toner tersebut benar-benar diserap oleh kulit. Selain membantu mencerahkan kulit, toner ini juga dapat mengembalikan keseimbangan pH kulit wajah kamu. 

 

Toner
source: https://www.styl.id


 

Serum

Selain toner, untuk hasil yang maksimal kamu juga harus mengoleskan serum ke seluruh permukaan wajah. Serum berguna untuk memberikan nutrisi tambahan bagi kulit wajah, membuat kulit tetap lembap, kenyal, halus dan lembut. Kamu bisa pilih serum sesuai kebutuhan kulit juga, misalnya serum vitamin C, serum anti aging, serum untuk jerawat, dll. Serum ini akan lebih cepat meresap ke dalam kulit ketika wajah kamu dalam keadaan bersih. Karena partikel serum lebih kecil dibandingkan moisturizer, maka dari itu serum mampu menembus lapisan kulit terdalam. Namun tetapp gunakan moisturizer setelahnya agar lapisan kulit luar kamu terjaga kelembapannya.

 

Serum
source: http://essensiaherba.blogspot.co.id


 

Pelembap

Selain pembersih wajah, pelembap adalah salah satu skincare yang tidak boleh kamu lewatkan setiap harinya. Pilih pelembap yang sesuai dengan jenis kulit kamu ya, Beautynesian! Saat megaplikasikannya beri pijatan sekitar 1-2 menit. Kamu bisa juga memilih pelembap alami seperti jojoba oil untuk kulit berminyak, olive oil atau almond oil untuk kulit normal dan coconut oil atau argan oil untuk kulit kering.

 

Pelembap
source: https://www.alodokter.com