Setiap bulannya wanita akan mengalami menstruasi. Meskipun sikluas menstruasi terjadi setiap bulan, terkadang menstuasi bisa menjadi hal yang sangat berat bagi wanita. Selain karena emosi dan hormon yang sulit untuk dikontrol, tidak jarang juga yang mengalami nyeri haid saat mentruasi. Nyeri yang diamali juga bukan hanya dirasakan di bagian perut saja tapi terkadang juga di sekujur tubuh. Belum lagi pengaruh stres yang dapat membuat siklus menstruasi menjadi kurang lancar.

Di luar dari semua permasalahan internal tubuh ketika menstruasi. Salah satu hal krusial lain yang dipikirkan wanita adalah memilih pembalut yang tepat. Memilih pembalut yang tepat juga merupakan hal penting, karena ada saja produk mengandung bahan berbahaya yang beredar di pasaran atau ketidakcocokan kamu terhadap produk juga bisa menimbulkan iritasi.Biasanya wanita akan cocok pada satu brand pembalut dan cenderung memakai produk yang sama. Tapi tentunya tidak jarang juga dari kamu yang penasaran mencoba produk baru. 

Di Indonesia, memang pembalut adalah alat utama yang digunakan para wanita ketika sedang haid. Padahal, pembalut bukan satu-satunya alat yang bisa kamu gunakan ketika menstruasi lho, ladies. Ternyata ada alat lainnya yang memiliki fungsi sama dengan pembalut dan mungkin belum kamu ketahui. Berikut adalah 3 alat tersebut!

1. Tampon


Tampon memiliki fungsi yang sama dengan pembalut, yaitu menyerap cairan yang keluar dari vagina ketika menstruasi. Bedanya adalah tampon merupakan bantalan kapas berbentuk silinder yang cara menggunakannya adalah dimasukkan ke dalam lubang vagina. Tampon dilengkapi dengan sebuah benang penarik yang nantinya digunakan untuk mengelurkan tampon.

Dibandingkan dengan pembalut, tampon dipercaya dapat lebih berguna untuk kamu yang ingin tetap bebas bergerak ketika sedang menstruasi. Karena ukurannya kecil dan posisinya yang berada di dalam, kamu jadi merasa lebih nyaman karena merasa seperti tidak menggunakan apapun. Sedangkan pembalut terkadang masih dianggap mengganjal.

Bukan Cuma Pembalut Biasa, Ternyata 3 Alat Ini Juga Bisa Kamu Gunakan Saat Menstruasi!
source: https://www.bintang.com/
baca juga

2. Menstrual Cup


Alat selanjutnya juga tidak kalah praktis dari tampon. Menstrual cup adalah sebuah alat yang bentuknya mirip dengan corong minyak namun ukurannya sangat kecil. Alat ini biasanya terbuat dari silikon. Fungsinya adalah untuk menampung cairan yang keluar dari vagina ketika menstruasi. Pengguanaannya juga tidak jauh berbeda dengan tampon yaitu dimasukkan ke dalam lubang vagina.

Alat yang satu ini memiliki berbagai keunggulan. Pertama, bahannya yang terbuat dengan silikon menjadikan alat ini awet dan bisa dipakai untuk jangka waktu yang lama. Kedua, kamu membersihkannya sangat mudah cukup hanya dengan air. Ketiga, kamu tentunya akan aman dari bahan-bahan kimia yang mungkin terkandung dalam pembalut maupun tampon.

Bukan Cuma Pembalut Biasa, Ternyata 3 Alat Ini Juga Bisa Kamu Gunakan Saat Menstruasi!
source: https://hellosehat.com/

3. Reusable Menstural Pads


Alat ketiga sebenarnya juga merupakan jenis pembalut. Tetapi pembalut berbahan kain yang bisa dipakai berkali-kali ini memang tidak terlalu tren di Indonesia. Hanya sebagian kecil wanita saja yang sudah serius beralih ke pembalut jenis yang satu ini. Keunggulan alat ini dibanding pembalut adalah tentu saja lebih ekonomis karena bisa digunakan kembali. Cukup miliki beberapa buah saja juga sudah cukup. Selain itu, reusable menstrual pads ini juga memiliki desain yang lucu dan menggemaskan sekali. lho!

Bukan Cuma Pembalut Biasa, Ternyata 3 Alat Ini Juga Bisa Kamu Gunakan Saat Menstruasi!
source: https://www.trendhunter.com/