Jeans

Tak peduli seberapa elegan atasan atau blazer yang kamu pakai namun jika kamu barengi dengan memakai celana jeans hal ini sangat kurang pantas untuk menghadiri sebuah wawancara kerja. Celana jeans dapat menyampaikan kesan kurang baik dari diri kamu. Meskipun yang kamu datangi adalah wawancara kerja di sebuah perusahaan start-up yang lingkungan kerjanya cukup santai, setidaknya ganti jeans wanita dengan celana bahan yang longgar dan nyaman.

 

Jeans
source: https://id.pinterest.com


 

Sandal

Selain jeans wanita, fashion item lainnya yang pantang dipakai saat menghadiri wawancara keja adalah sandal. Bedakan ketika kamu akan melalui tahapan penting yang menentukan karirmu dengan ketika berbelanja di minimarket. So, segala macam bentuk sandal harus kamu hindari saat wawancara kerja. Kalaupun kamu merasa nyaman saat memakai sandal, gunakan saat di perjalanan saja. Setelah sampai di perusahaan bisa kamu ganti dengan sepatu yang tertutup di bagian jari kamu. Selain terkesan formal, hal ini tentunya juga akan membuat kaki kamu lebih nyaman.

 

Sandal
source: https://id.pinterest.com


 

baca juga

Baju Terlalu Seksi atau Terbuka

Selain celana, mungkin kamu juga bisa memakai rok namun jangan yang terlalu seksi atau menggunakan baju yang terlalu terbuka. Memakai baju yang terlalu seksi atau terbuka bisa memberikan kesan yang kurang baik untuk diri kamu sendiri. Kerah baju terlalu terbuka atau rok terllau pendek bahkan bisa membuat kamu tidak nyaman. Ingatlah bahwa Indonesia sangat menjunjung tinggi adat ketimuran, jadi kesan seksi juga akan mengurangi penilaian para pewawancara serta menunjukkan jika kamu tidak sopan dan kurang persiapan.

 

Baju Terlalu Seksi atau Terbuka
source: https://id.pinterest.com


 

Tas yang Kebesaran

Selain tampak repot, membawa tas yang kebesaran bisa menimbulkan kesan bahwa kamu tidak mampu memilah hal-hal yang sebenarnya tidak diperlukan. Meskipun kamu berpikiran menyiapkan segalanya, mulai dari bekal makan, botol minum atau pouch makeup, namun please untuk sehari saja tinggalkan tote bag dan bawalah satchel bag sebagai gantinya. Jika alasannya adalah untuk membawa kertas-kertas dalam map, akan lebih baik jika kamu membawanya dengan cara dipegang di tangan saja.

 

Tas yang Kebesaran
source: https://id.pinterest.com


 

baca juga

Warna dan Corak Baju Mencolok

Memilih baju saat wawancara kerja, entah itu celana, rok atau dress sebaiknya pilih yang warna dan motifnya tidak mencolok. Busana dengan warna-warna mencolok seperti merah dan orange mungkin bisa meningkatkan kepercayaan diri, namun warna-warna terang ternyata juga bisa membuat pewawancara terutama wanita merasa terintimidasi. Selain itu, fashion item dengan corak terlalu mencolok seperti logo brand juga bisa mengganggu dan memberi kesan negatif pada pelamar. Pilih busana yang memiliki warna serasi dan kalau bisa kenakan busana dengan 1 warna saja. Kamu bisa pilih warna-warna netral seperti hitam, abu-abu, putih, cokelat dan biru. 

 

Warna dan Corak Baju Mencolok
source: https://id.pinterest.com

Apabila kamu ingin memperlihatkan kesan dapat dipercaya dan menonjolkan kesan sebagai pribadi yang aktif, kamu bisa pilih warna biru. Untuk menunjukkan jiwa kepemimpinan yang tinggi, pilih warna hitam. Untuk memperlihatkan kesan sebagai pribadi yang logis, kamu bisa pilih warna abu-abu. Sedangkan warna putih bisa mewakili pribadi kamu sebagai pribadi yang terorganisir. Jika ingin terkesan sebagai seseorang yang dapat diandalkan kamu bisa pilih warna cokelat.

 

Statement Earrings

Kamu sudah memilih celana atau busana yang tepat, lalu bagaimana dengan aksesoris lainnya selain tas? Memakai anting sebagai pelengkap penampilan kamu tidak ada salahnya. Namun jangan sampai kamu memilih memakai statement earrings atau anting besar. Meskipun sedang tren, namun hal tersebut bisa membuat pewawancara terganggu karena merasa penampilan kamu terkesan too much.

 

Statement Earrings
source: https://id.pinterest.com


 

Parfum yang Berlebihan

Membuat aroma tubuh wangi juga tidak ada salahnya asalkan tidak berlebihan. Sayangnya nih, demi mempertahankan aroma wangi sepanjang hari kamu mungkin menyemprotkan parfum secara berlebihan hingga baunya menyengat dan menusuk hidung. Hal ini tentunya juga bisa mengganggu pewawancara. Gunakanlah parfum secukupnya yang membuatmu merasa nyaman dan percaya diri untuk menjalani wawancara kerja.

 

Parfum yang Berlebihan
source: https://www.vemale.com