Melakukan Eksfoliasi Secara Teratur

Berbeda dengan kulit putih, kulit sawo matang akan terlihat kusam jika dipenuhi kotoran dan sel kulit mati. Oleh karena itu,tips cantik untuk kulit sawo matang adalah melakukan eksfoliasi kulit secara teratur minimal seminggu sekali atau bisa juga 2x seminggu. Langkah ini akan membuat kulit sawo matang kamu lebih mulus dan bebas kusam. Akan lebih baik lagi jika kamu menggunakan peeling gel atau scrub berbahan alami untuk mempertahankan kelembapan kulit saat eksfoliasi.

 

Melakukan Eksfoliasi Secara Teratur
source: https://meramuda.com


 

Jangan Lupa Memakai Tabir Surya

Jangan berpikir mentang-mentang warna kulit kamu sudah sawo matang, maka bebas berpanas-panasan tanpa memakai tabir surya. Untuk menjaga agar selalu tampil beauty meskipun dengan kulit sawo matang, hendaknya kamu tetap memakai tabir surya yang mengandung SPF agar kulit tidak terpapar sinar matahari langsung. Jika tidak, maka selain sunburn, kulit kamu juga bisa mengalami penuaan dini hingga kanker. 

 

Jangan Lupa Memakai Tabir Surya
source: http://www.tribunnews.com


 

baca juga

Jangan Lupa Memakai Pelembap

Kulit lembap dan sehat akan mendukung kamu untuk selalu tampil beauty di segala suasana, meskipun kulit kamu sawo matang. Memiliki kulit sawo matang bukan berarti mengabaikan kelembapan kulit lho! Jangan lupa gunakan body lotion secara teratur pada pagi dan malam hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kulitmu serta gunakan pelembap yang sesuai dengan kulit kamu agar terhindar dari masalah kulit kering dan pecah-pecah. 

 

Jangan Lupa Memakai Pelembap
source: http://nova.grid.id


 

Pintar Memadupadankan Pakaian

Tips cantik lainnya untuk si kulit sawo matang adalah pintar memadupadankan pakaian. Selain kecantikan wajah, memang masalah outfit perlu diperhatikan juga. Misalnya nih, jika kamu memilih outfit dengan warna pastel, maka bisa kamu kombinasikan dengan warna cerah atau bisa juga dengan warna hitam agar tidak tampak kusam. Namun hindari warna-warna lembut pastel seperti mauve, rose, atau kuning karena dapat membuat kulitmu semakin terkesan kusam dan kering. Untuk warna-warna cerah memang tidak dilarang, hanya saja ketika kamu sudah memakai baju cerah, maka usahakan paduannya bukan warna cerah lagi agar penampilanmu tidak norak. Kamu bisa padukan dengan aksesoris berwarna netral seperti hitam, putih atau krem yang cocok jika dipadankan dengan berbagai macam warna atau untuk pilihan warna lain bisa menggunakan pakaian dengan warna hitam, putih, biru, merah, biru lembut, fuchsia, kuning lemon atau pink tua yang menonjolkan warna kulitmu yang eksotis. So, buat si kulit sawo matang sudah siap kan tampil stylish dan beauty?

 

Pintar Memadupadankan Pakaian
source: https://fashion.hola.com


 

baca juga

Memakai Makeup yang Tepat

Matte Makeup
Biasanya nih orang yang memiliki warna kulit gelap atau sawo matang cenderung memiliki jenis kulit wajah yang berminyak. Oleh karena itu ada baiknya jika kamu memakai matte makeup agar kulit wajahmu terlihat lebih mulus, lembut serta tidak oily.

 

Memakai Makeup yang Tepat
source: https://id.pinterest.com

Foundation
Selain matte makeup, untuk kecantikan maksimal bagi si kulit sawo matang adalah memilih foundation yang sama dengan warna kulit asli. Foundation yang bagus dan cocok untuk kulit akan memberikan nilai lebih pada penampilanmu. Hindari memakai foundation dengan warna terlalu terang karena akan tampak tidak alami seperti sedang memakai topeng.

 

 

Memakai Makeup yang Tepat
source: https://www.vemale.com

Lipstick 

Salah satu pendukung makeup untuk membuat kulit wajah kamu lebih cerah adalah dengan mengaplikasikan lipstick. Untuk si kulit sawo matang hendaknya memilih warna lipstick yang cocok seperti merah ceri, merah maroon, berry, rose, pink, bronze, dan nude yang dapat membuat tampilan kamu lebih natural dan elegan.



 

Memakai Makeup yang Tepat
source: https://id.pinterest.com

Eye Makeup

Lalu bagaimanat dengan riasan mata? Buat riasan mata terlihat lebih sederhana namun tetap beauty. Pilih eyeshadow dengan warna-warna natural seperti cokelat atau bronze dan copper. Warna cokelat tua sangat cocok bagi pemilik kulit sawo matang karena memberikan efek dramatis pada mata. Selain warna-warna tersebut, kamu juga bisa memilih warna merah yang mengarah ke orange atau terracotta yang membuat mata lebih bersinar. Bahkan kamu bisa memberikan efek dramatis dengan membaurkannya pada kelopak mata dan menambahkan gradasi warna cokelat tua pada bagian kelopak sepanjang garis bulu mata. Hal penting lainnya adalah menghindari eyeshadow dengan warna terang seperti putih, ungu muda, abu-abu dan navy karena akan membuat wajah terlihat lebih kusam.

 

Memakai Makeup yang Tepat
source: https://id.pinterest.com

Fokus Menonjolkan Karakter dan Keunikan Diri Sendiri

Langkah terakhir untuk menonjolkan kecantikan si kulit sawo matang adalah fokus menonjolkan karakter dan keunikan diri sendiri, yaitu dengan mempertahankan warna kulit asli. Tetaplah tampil percaya diri dengan kulit sawo matang kamu asalkan kamu rajin menjaga dan merawatnya dengan baik. Bangga memiliki kulit sawo matang menunjukkan kamu punya karakter dan kepribadian serta rasa rasa percaya diri yang tinggi.

 

 

Fokus Menonjolkan Karakter dan Keunikan Diri Sendiri
source: https://id.pinterest.com