Ternyata Bisa Lho Mencuci Muka Tanpa Sabun Asalkan Menggunakan Cara Seperti Ini!
source: https://www.clichemag.com/

Selama ini sabun cuci muka pastinya menjadi pembersih wajah yang selalu kamu gunakan. Produk pembersih wajah dalam bentuk sabun cuci muka memang sangat banyak sekali, hampir semua brand  skin care pasti memilikinya. Pilihan facial cleanser yang satu ini juga sangat banyak dan bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan karakter kulitmu.

Tapi ternyata membersihkan wajah tanpa sabun facial cleanser juga memiliki manfaatnya tersendiri. Siapa sangka cara membersihkan wajah hanya dengan air bukan hanya akan membuat wajahmu bersih tapi juga akan memberikan manfaat yang tidak kamu duga. 

Berikut adalah beberapa manfaat utama mencuci wajah tanpa sabun cuci muka :
 - Meningkatkan kekebalan kulit wajah
 - Mencegah kulit menjadi kering
 - Menjaga pH kulit tetap netral
 - Mempercepat peyembuhan jerawat dan mencegahnya muncul lagi
 - Mencegah kerusakan kulit yang mungkin ditimbulkan sabun cuci muka

Ternyata Bisa Lho Mencuci Muka Tanpa Sabun Asalkan Menggunakan Cara Seperti Ini!
source: https://timesofindia.indiatimes.com/
baca juga

Itu dia sebagian manfaat mencuci muka hanya dengan air. Masih banyak lagi manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu melakukannya dengan benar. Nah, buat kamu yang ingin tahu cara membersihkan wajah tanpa sabun cuci muka, berikut beautynesia.id akan membagikan tipsnya. Check this out!

1. Perhatikan suhu air


Tips pertama cuci muka tanpa sabun pembersih wajah adalah kamu harus memperhatikan suhu air. Suhu air yang salah dapat membuat kulit wajahmu menjadi kering. Gunakanlah air hangat untuk mencuci wajahmu. Merebus air juga hingga matang juga akan membantu menghilangkan kuman-kuman yang ada. Jadi rebuslah air hingga matang, kemudian diamkan sebentar agar suhunya turun menjadi suhu ideal untuk mencuci wajahmu. 


2. Tambahkan garam sebagai antibakteri


Tips selanjutnya adalah menambahkan garam ke dalam air yang digunakan untuk mencuci wajah. Garam berfungsi sebagai antibakteri alami agar bakteri dan kotoran di wajah akan ikut terangkat. Dengan begitu, wajah kamu akan dapat terhindar dari jerawat meskipun membersihkan wajah tanpa sabun cuci muka.


3. Gunakan minyak zaitun untuk lembabkan kulit


Sebelum mencuci wajahmu, kamu juga bisa mengaplikasikan minyak zaitun di wajah. Minyak zaitun memang dipercaya memiliki banyak sekali manfaat untuk kulit. Oleskan minyak zaitun secara merata di wajah kemudian diamkan selama minimal 15 menit. Setelah itu, cuci wajah menggunakan air hangat yang sudah dicampurkan garam seperti yang sudah disebutkan di atas.


4. Ganti garam sesekali dengan gula


Untuk memaksimalkan pembersihan wajah, kamu bisa campurkan gula ke dalam air sebagai pengganti garam. Cara ini berguna untuk membantu mengangkat sel kulit mati yang ada di kulit wajah.  Lakukan maksimal dua kali seminggu saja, jika terlalu sering justru akan mengakibatkan iritasi kulit.

Ternyata Bisa Lho Mencuci Muka Tanpa Sabun Asalkan Menggunakan Cara Seperti Ini!
source: https://www.onegoodthingbyjillee.com/

Banyak orang yang sudah membuktikan bahwa mencuci wajah hanya dengan air bisa memberikan manfaat lebih dibandingkan dengan menggunakan sabun. Apakah kamu berminat untuk mencobanya?