Menggunakan Produk Makeup Bersama

Sering enggak sih kamu merasa tertarik mencoba foundation atau lipstik baru yang dikenakan oleh temanmu? Atau mungkin, kamu menawarkan lipstik kamu untuk temanmu yang lupa membawa lipstik? Mungkin itu terkesan biasa dan tidak berbahaya, akan tetapi ternyata ada sejumlah risiko yang bisa didapatkan apabila kamu terbiasa menggunakan produk makeup bersama-sama. 
 

Awas, Ternyata Ini yang Jadi Alasan Mengapa Berbagi Produk Make Up Bersama Orang Lain Berbahaya
source: https://www.huffingtonpost.com/


Salah satu yang perlu kamu khawatirkan dari pinjam meminjam dan saling berbagi produk makeup adalah penularan virus yang tidak disangka-sangka. Walaupunpun kamu atau temanmu tidak sakit, masih ada kemungkinan terjadi proses penularan virus herpes simpleks 1 (HSV-1) melalui produk makeup yang digunakan bersama. Tidak hanya itu, ada sejumlah bahaya lain yang juga mengintai apabila kamu terbiasa berbagi makeup bersama, seperti diantaranya :
 


Risiko Berbagi Produk Makeup

Nah, berikut ini adalah beberapa risiko yang perlu kamu waspadai saat akan berbagi produk makeup dengan teman atau kerabatmu :

1. Produk dengan Sentuhan Tangan
Pernahkah kamu menggunakan satu produk teman dengan merk dan brand yang sama seperti kamu miliki, akan tetapi kamu merasa gatal setelah mengaplikasikannya? Bisa jadi produk tersebut mengandung bakteri yang berpindah ke kulit kamu. Beberapa produk kosmetik yang digunakan langsung bersentuhan dengan tangan memang lebih rentan terkena bakteri. 
 

Awas, Ternyata Ini yang Jadi Alasan Mengapa Berbagi Produk Make Up Bersama Orang Lain Berbahaya
source: http://www.youbeauty.com/


 

baca juga


2. Maskara dan Bakteri
Siapa sangka, produk maskara yang terlihat tidak bersentuhan dengan kulit langsung ternyata juga membawa bahaya berupa infeksi bakteri dan virus menular, salah satunya infeksi konjungtivitis. Tidak hanya itu, pemakaiannya yang langsung memiliki kontak dengan area mata ternyata sangat berisiko mengingat mata adalah organ yang tidak memiliki lapisan pelindung ekstra atau kulit. Jangan heran jika kamu mendapatkan matamu menjadi merah dan gatal setelah menggunakan maskara bersama-sama.
 

Awas, Ternyata Ini yang Jadi Alasan Mengapa Berbagi Produk Make Up Bersama Orang Lain Berbahaya
source: https://www.elle.com/


 


3. Spons dan Beauty Blender
Lupa membawa spons beda atau cushion blusher kamu? Jangan sekali-kali meminjamnya dari temanmu. Penggunaan aplikator makeup secara bersama-sama juga memiliki risiko tinggi terjadinya perpindahan kuman, bakteri dan virus. Apalagi jika sudah masuk pada kategori aplikator dengan tekstur seperti spons dan beauty blende karena semua aplikator itu dapat menjadi sarang bakteri yang sangat banyak.
 

Awas, Ternyata Ini yang Jadi Alasan Mengapa Berbagi Produk Make Up Bersama Orang Lain Berbahaya
source: https://glamour.com/


Nah, itulah beberapa bahaya yang mengancam kamu saat akan berbagi makeup dengan temanmu. Ada baiknya informasi ini disebarkan agar kamu tidak perlu ragu untuk menolak jika diminta atau ditawarkan untuk menggunakan produk makeup bersama. Kesehatan dan keamanan tetaplah prioritas nomor satu yang harus kamu utamakan.