Saat menggunakan foundation, pasti deh kamu pernah mengalami kejadian dimana kulitmu berubah menjadi lebih gelap atau lebih oranye setelah beberapa jam memakai make up. Peristiwa ini juga dikenal dengan istilah oksidasi. Sama seperti buah apel yang akan menghitam saat terpapar udara, foundation pada wajahmu juga bisa mengalami perubahan warna akibat reaksi dengan minyak alami pada wajah dan kelembapan udara. Beberapa cara dibawah ini bisa kamu lakukan untuk mencegah dan mengurangi reaksi oksidasi pada foundation.


Menggunakan Primer


Primer yang dipakai sebelum kamu memulai make up bisa menciptakan “pembatas” antara kilt dan foundation, sehingga membantu menjaga foundation agar tidak bereaksi langsung dengan minyak pada wajah. Bagi pemilik kulit kombinasi, kamu juga bisa menggunakan primer dengan oil-control di bagian wajah yang berminyak, seperti T-zone misalnya.

Duh, Kok Kulit Menghitam Setelah Pakai Foundation? Begini Cara Mencegahnya!
source: http://www.beautezine.com


Gunakan Tisu Sebelum dan Sesudah Menggunakan Foundation


Tisu bisa berguna untuk menyerap kelebihan minyak  pada wajah lho! Gunakan setengah lapis tisu sebelum dan sesudah kamu menggunakan foundation untuk menyerap minyak. Dengan begini, kamu bisa menjaga agar kulit tetap “kering” dan warna asli foundation bisa lebih awet!

Duh, Kok Kulit Menghitam Setelah Pakai Foundation? Begini Cara Mencegahnya!
source: https://www.pexels.com/u/tookapic/
baca juga


Set Wajah dengan Bedak


Tidak hanya membantu menyerap minyak pada wajah, bedak juga berfungsi untuk mengunci foundation. Menggunakan bedak saat make up terutama sangat direkomendasikan untuk kamu yang menghadapi cuaca seperti di Indonesia.

Duh, Kok Kulit Menghitam Setelah Pakai Foundation? Begini Cara Mencegahnya!
source: https://www.pexels.com/


Memakai Foundation dengan Warna Lebih Terang


Trik lain untuk mengakali oksidasi yaitu dengan memakai foundation yang warnanya lebih terang dari kulitmu, terlebih jika formula dan coverage-nya cocok di kulit. Dengan begini, kamu bisa memakai foundation favorit dengan warna yang pas! Tips untuk kamu yang ingin mencoba cara  ini, sebaiknya cari tahu dulu berapa lama waktu yang dibutuhkan foundation agar warnanya pas dengan kulitmu agar kamu bisa memperkirakan waktu berdandan sebelum keluar rumah.

Duh, Kok Kulit Menghitam Setelah Pakai Foundation? Begini Cara Mencegahnya!
source: http://genuineglow.com
baca juga


Coba Alternatif Lain, Seperti Produk Ini!


Sudah mencoba banyak foundation, mulai dari foundation terbaik hingga yang harga foundation termahal, dan masih mengalami oksidasi? Mungkin kamu bisa mempertimbangkan memakai make up lain seperti BB cream atau tinted moisturizer. Kedua produk tersebut memiliki pigmen warna yang lebih ringan dibanding foundation, sehingga sedikit kemungkinannya untuk mengalami perubahan warna pada wajah.

Duh, Kok Kulit Menghitam Setelah Pakai Foundation? Begini Cara Mencegahnya!
source: http://www.mothermag.com


Mencari foundation terbaik yang pas di kulit memang membutuhkan uji coba dan beberapa kegagalan. Baik itu harga foundation yang terjangkau atau mahal, jangan putus asa untuk mencari foundation yang cocok untukmu ya!