Asam Jawa

Makan makanan asam dapat merangsang dinding rahim untuk meluruhkan sel telur yang ada pada dinding-dinding rahim. Salah satunya yang disarankan untuk memperlancar menstruasi adalah asam Jawa yang memiliki kandungan asam tidak berbahaya. Bahkan selain memperbaiki siklus menstruasi yang tidak teratur, kadar asamnya juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, asam Jawa berguna juga untuk mengencerkan darah haid yang menggumpal sehingga dapat mengurangi rasa nyeri ketika haid. 

 

Asam Jawa
source: http://www.palashagro.net.in


 

Yogurt


Selain asam Jawa, yogurt ternyata juga dapat membantu untuk memperlancar menstruasi sekaligus dapat juga meringankan saat ketika sedang haid. Yogurt yang kaya akan kalsium dan protein bisa kamu konsumsi secara rutin untuk memperlancar siklus menstruasi.

 

Yogurt
source: https://lifestyle.okezone.com


 

baca juga

Pare

Pare biasanya banyak yang menghindari untuk memakannya karena pahit. Namun, siapa sangka di balik pahitnya pare ada manfaat baik yang mungkin tidak kamu sangka. Pare ini rupanya berkhasiat dan dipercaya sejak dahulu kala untuk memperlancar haid. Selain untuk melancarkan haid, ternyata pare juga dapat mengatasi nyeri ketika sedang haid. Pare ini bisa dikonsumsi sebagai sayuran, lalapan atau jus.

 

Pare
source: https://lifestyle.okezone.com


 

Sayuran Hijau

Selain pare, beberapa sayuran hijau juga sangat bermanfaat memperbaiki siklus menstruasi. Kandungan serat, zat besi dan vitamin dalam sayuran hijau bermanfaat untuk menjaga metabolisme tubuh sehingga tubuh tidak mudah lelah dan lemas serta daya tahan tubuh tetap terjaga dan selalu fit. Jika tubuh fit terus, maka siklus menstruasipun akan berjalan lancar. Beberapa sayuran hijau yang bisa kamu konsumsi seperti bayam, seledri, brokoli, dll. 

 

Sayuran Hijau
source: http://www.activebeat.com


 

baca juga

Kacang-Kacangan

Makanan yang dapat memperlancar menstruasi berikutnya adalah kacang-kacangan. Dalam kacang-kacangan terdapat kandungan omega-3 yang akan melindungi pembuluh darah di ovarium dari kerusakan yang dapat menunda siklus haid atau menstruasi. Kacangan-kacangan seperti kacang almond, kedelai, kenari, atau kacang tanah dapat menjadi cemilan sehat yang juga bermanfaat memperlancar haid yang tidak teratur.

 

Kacang-Kacangan
source: http://www.healthfame.com


 

Telur

Telur yang kaya akan protein, kalsium dan vitamin juga dapat membantu mengatasi masalah menstruasi yang tidak lancar. Manfaat lainnya juga tak jauh beda dengan kacang-kacangan, telur juga dapat menjaga sistem hormonal dan memberikan tenaga bagi tubuh saat sedang menstruasi. Sebaiknya konsumsi telur yang direbus daripada telur yang digoreng. 

 

Telur
source: https://www.bibliotika.com


 

Salmon

Salmon adalah sumber makanan yang kaya akan kalsium dan vitamin D. Jadi selain memperkuat tulang, salmon juga dapat meningkatkan dan menstabilkan hormon sehingga dapat mengatasi masalah haid yang tidak lancar.

 

Salmon
source: https://www.bintang.com/


 

Pepaya

Buah satu ini banyak dan mudah dijumpai. Namun siapa sangka kalau pepaya juga bermanfaat untuk siklus menstruasi? Buah pepaya mengandung banyak serat dan vitamin yang bermanfaat untuk merangsang sel telur pada dinding rahim agar segera luruh sehingga melancarkan proses menstruasi. Untuk membantu melancarkan haid yang tidak teratur, kamu bisa minum jus pepaya selama seminggu sebelum datang bulan atau mengkonsumsi buahnya secara langsung sebanyak 150 gram setiap hari.

 

Pepaya
source: http://www.womanblitz.com


 

Wortel

Mungkin selama ini kamu hanya tahu manfaat utama wortel untuk penglihatan. Namun ternyata wortel yang mengandung vitamin A dan kaya serat ini juga dapat membantu kamu mengatasi masalah haid yang tidak lancar. Wortel dapat kamu konsumsi dalam bentuk jus atau lalapan dengan cara direbus terlebih dahulu. Rajinlah minum jus wortel ini minimal 2x sehari dimulai seminggu sebelum jadwal haid kamu. 

 

Wortel
source: https://www.merdeka.com


 

Nanas

Buah nanas tak hanya enak dikonsumsi, namun buah yang dipercaya untuk menggugurkan kandungan ini (nanas muda) ternyata bermanfaat untuk memperlancar menstruasi. Nanas, terutama nanas muda akan merangsang rahim untuk meluruhkan sel telur sehingga proses menstruasi lebih baik dan lancar. Tetapi pada saat hamil nanas justru menjadi makanan yang harus dihindari karena dapat menyebabkan keguguran pada janin.

 

Nanas
source: https://buahsehat-alami.blogspot.co.id