Tips #1: Pilih Model Sepatu yang Tepat

Jika kamu termasuk orang yang sering membeli sepatu karena mengikuti tren atau karena menyukai bentuknya, kamu harus mengubah cara ini, ladies! pastikan kamu memilih model sepatu yang sesuai dengan bentuk kaki agar tidak lecet. Model sepatu terbaru yang lucu-lucu memang akan menggemaskan saat dipakai, namun sebaiknya jangan memilih bentuk yang salah. Untuk kaki dengan bentuk lebar, pastikan tidak memilih sepatu dengan ujung runcing. Ujung yang menyempit akan menghimpit jemari dan membuatnya lecet. Pastikan kamu memilih bentuk yang tepat, ya!

Tips #1: Pilih Model Sepatu yang Tepat
source: https://www.lihat.co.id


 

Tips #2: Pakai Flat Shoes yang tidak terlalu tipis

Hal berikutnya yang perlu kamu perhatikan dari sebuah model sepatu adalah bagian sol. Sol yang terlalu tipis pada model sepatu terbaru yang kamu beli ternyata nggak baik untuk kesehatan. Otot di kaki, pembuluh darah dan sendi di bagian kaki menanggung beban tiga kali lipat lebih banyak sehingga mengakibatkan nyeri tumit, kaki pecah-pecah, nyeri pinggul, bahkan keretakan pada tulang telapak kaki. Maka dari itu sangat penting untuk memilih flat shoes dengan kualitas bagus yang memiliki bantalan empuk sekitar 2-3 cm, sehingga memberi kenyamanan pada lengkungan telapak kaki. Selain itu, telapak kaki akan terasa perih dan lecet akibat bergesekan dengan tanah akibat sol yang terlalu tipis. 
 

Tips #2: Pakai Flat Shoes yang tidak terlalu tipis
source: http://beautynesia.id


 

baca juga

Tips #3: Pakai Plester


Apabila kamu sudah terlanjur memiliki sepatu yang sering membuat kakimu lecet, maka lebih baik jika menerapkan tips satu ini. Kamu bisa memakai plester di bagian belakang kaki atau jari kelingking. Kedua bagian tersebut merupakan bagian yang paling sering mengalami lecet. Apalagi jika bahan flat shoes yang kamu kenakan adalah suede. Pemakaian plester akan mengurangi rasa sakit karena kaki terhimpit oleh sepatu seharian. Bisa kamu coba, nih!
Tips #3: Pakai Plester
source: http://www.gogirl.id


 

Tips #4: Keringkan Kaki

Mungkin tips ini terdengar sepele dan nggak masuk akal. Namun, ini adalah tips yang paling sederhana Sebelum memakai sepatu flat, ada baiknya jika kamu memastikan kakimu dalam keadaan kering. Kulit yang basah terkena air akan lebih rentan lecet karena kulit menjadi lunak. Jadi pastikan kamu selalu mengeringkan kaki setelah mandi atau saat kaki berkeringat.

Tips #4: Keringkan Kaki
source: http://www.gogirl.id


 

baca juga

Tips #5: Pakai Petroleum Jelly


Jangan buru-buru beli sepatu baru jika model sepatu kamu selalu membuatmu lecet. Ada solusi yang lebih mudah untuk menghindari kaki yang lecet. Jika kamu memiliki sebuah petroleum jelly, tinggal oleskan di bagian-bagian yang sering bergesekan dengan sepatu seperti tumit, bagian belakang kaki, serta kelingking. Percaya, deh, lapisan yang diciptakan petroleum jelly mampu mengurangi gesekan antara kaki kita dengan sepatu baru. Kamu juga bisa mengoleskan deoderant stick ke bagian-bagian tadi. Hal ini bisa membantu kaki tidak cepat berkeringat!

Tips #5: Pakai Petroleum Jelly
source: https://www.facetofeet.com/