Pada dasarnya kopi merupakan minuman yang cukup memiliki banyak makna. Mulai dari sisi rasa, filosofi hingga sejarah. Nah, buat kamu yang penasaran denagan jenis-jenis olahan kopi apa aja yang menarik untuk dicoba, berikut listnya.

Jangan Ngaku Anak Kopi Sejati Kalau Kamu Enggak Tahu 8 Varian Rasa Kopi Ini!
source: http://rob-tom-dolly-franklin.blogspot.co.id


 

Cafe Latte

Jenis minuman kopi populer yang mengandalkan perpaduan antara kopi dan susu yang kemudian memunculkan rasa yang lebih manis dan terbilang lebih ringan. Cafe latte sendiri bisa disebut sebagai salah satu jenis olahan kopi yang memiliki banyak arti, mulai dari segi keindahan, aroma dan seni.


Nah, khususnya dari segi seni, ciri khas caffe latte adalah latte art (lukisan pada foam kopi) yang dibuat sedemikian cantik oleh para barista handal yang bertujuan untuk memberikan arti keindahan pada setiap tegukan kopi yang kamu serup.

Cafe Latte
source: http://hkcbusinessbrokers.com.au


 

baca juga

Macchiato

Sedikit berebeda dari cafe latte, macchiato memilki skala takaran kopi yang lebih banyak dan campuran susu yang lebih sedikit untuk menimbulkan aroma dan rasa yang lebih tajam. Macchiato sendiri merupakan jenis varian espresso dengan lapisan susu skala kecil pada bagian atas kopi tanpa proses aduk dan cocok dengan brown sugar sebagai tambahan.

Untuk ciri khas rasa, macchiato terbilang jenis kopi dengan uniqe falvor, yang akan membawa kamu kedalam aroma bomb yang cukup melunturkan kepenatan kamu akibat rutinitas kota yang sibuk. Buat kamu yang penasarn untuk mencobanya, macchiato cocok disajikan panas ataupun dingin. So, choose your type freely.

Macchiato
source: https://www.nespresso.com


 

Cafe Americano

Salah satu jenis minuman  kopi yang cocok buat kamu yang suka dengan strong falvor dan aroma yang tajam. cafe Americano sendiri merupakan campuran antara espresso dan air hangat. Nah, untuk kekuatan dan ketajaman rasa, americano bisa diatur dari sebanyak apa takaran air panas yang ditambahkan pada espresso.

Membahas soal kopi, americano punya rasa yang sangat khas yaitu rasa asam. Ya, rasa asam pada Cafe americano sangat menentukan kenikmatan dari kopi yang satu ini. Jenis olahan kopi yang satu ini cukup populer lho disni. So, buat kamu yang penasaran dengan rasa americano, untuk permulaan kamu bisa menambahkan brown sugar untuk mengurangi rasa asamnya.

Cafe Americano
source: https://www.littlecoffeeplace.com


 

baca juga

Ristretto

Salah satu suguhan wajib buat kamu yang ingin merasakan kenikmatan kopi secara singkat namun pekat. Ristretto sendiri merupakan jenis olahan yang hampir sama dengan espresso namun yang membedakan adalah jumlah air yang digunakan lebih sedikit atau separuh dari espresso.

Nah, untuk soal rasa, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, ristretto punya rasa yang singkat namun sangat pekat di lidah, dengan begitu teknik one shot drink wajib dilakukan untuk dapat merasakan sensasi meminum jenis olahan kopi half espresso ini

Ristretto
source: https://1912pike.com