1. Primer


Kulit orang Indonesia cenderung berminyak dan berjerawat sehingga permukaan kulit wajah tidak merata seperti orang Korea. Nah, ada baiknya sebelum memulai make up Korea, aplikasikan primer yang berbahan dasar silikon atau silicon base untuk menghaluskan permukaan kulit supaya pengaplikasian foundation lebih mudah. 
 

1. Primer
source: https://www.youtube.com/


 

2. Cushion


Para wanita Korea tidak menggunakan foundation dalam make up Korea mereka. Sebagai gantinya, mereka menggunakan cushion sebagai base make up. Pilih cushion kesukaanmu dengan shade yang pas untuk warna kulitmu agar wajah tidak belang. Jangan lupa untuk memilih cushion dengan hasil akhir matte, karena kulit wanita Indonesia yang cenderung berminyak. Hal ini untuk menghindari greasy pada kulit wajah. 
 

2. Cushion
source: https://www.youtube.com/


 

baca juga

3. Alis


Alis wanita Korea dibuat mendatar mengikuti bentuk alis asli mereka untuk tampilan lebih natural. Sementara, tidak semua alis wanita Indonesia mendatar. Jadi, apabila kamu memiliki alis dengan arch yang lumayan tinggi atau alis yang sudah terbentuk rapi, maka kamu membutuhkan sebuah stempel alis untuk membentuk alis, jadi kamu tahu bagian mana yang harus kamu sembunyikan dengan concealer

Setelah dirapikan dengan concealer, beri definisi pada alis bagian belakang menggunakan brow pommade favoritmu. Kamu juga bisa menambahkan brow mascara agar alis semakin rapi. 
 

3. Alis
source: https://www.youtube.com/


 

4. Bedak


Saatnya merapikan base. Sebagian besar cushion Korea tidak memiliki shade warna yang sesuai dengan warna kulit wanita Indonesia. Jadi wajar saja jika kebanyakan shade tergelap suatu cushion sekalipun masih terlalu terang untuk kulit Indonesia.

Jika sudah begitu, kamu harus mengakalinya agar make up Korea terlihat natural dan wajah tidak terlalu pucat. Aplikasikan bedak dengan shade sesuai warna kulit di wajahmu untuk set seluruh cushion foundation agar lebih terlihat natural. 
 

4. Bedak
source: https://www.youtube.com/


 

baca juga

5. Mata


Wanita Korea tidak mengaplikasikan make up mata yang bold seperti make up western. Wanita Korea hanya memakai satu warna eye shadow di kelopak mata, seperti warna cokelat atau nude. Aplikasikan satu warna eye shadow secara tipis-tipis di kelopak mata. Untuk bawah mata, aplikasikan warna cokelat gelap dari bagian tengah ke outer corner.


 

5. Mata
source: https://www.youtube.com/

Selanjutnya, aplikasikan eyeliner warna cokelat segaris dengan bulu mata bagian atas. Usahakan untuk tidak membuat wing liner, karena sebagian besar wanita Korea mengaplikasikan eyeliner segaris dengan bentuk kelopak mata yang turun ke bawah. Agar lebih natural dan segar serta membuat mata terkesan besar, pakai maskara di bulu mata yang sudah dijepit terlebih dahulu. 

5. Mata
source: https://www.youtube.com/


 

6. Bronzer dan Blush On


Aplikasikan bronzer ke bagian luar wajah agar wajah terlihat memiliki dimensi dan tidak terlihat pucat maupun flat. Kamu juga bisa sedikit mengkontur tulang pipi agar wajah terlihat tirus. Jangan lupa juga untuk mengkontur bagian tulang hidung agar hidung lebih mancung.  Nah, untuk blush on, kamu bisa memilih warna peach untuk membuat wajah terkesan segar. Jangan lupa tambahkan highlighter untuk membuat wajah terlihat dewy
 

6. Bronzer dan Blush On
source: https://www.youtube.com/


 

7. Bibir


Bukan lip cream, aplikasikan lip tint untuk melengkapi make up Korea dan semakin mirip dengan wanita Korea. Kamu juga bisa membuat ombre lip dengan memakai dua shade lip tint yang berbeda. 
 

7. Bibir
source: https://www.youtube.com/

Make up Korea kamu sudah selesai. Tampilan yang sangat natural namun tetap full coverage dimana jerawat kamu gak akan terlihat dan tekstur wajah terkesan rata. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa memutar video di bawah ini!

youtube:hmg3pGykV2Q
source: https://www.youtube.com/watch?v=hmg3pGykV2Q
MAKEUP KOREA DI KULIT JERAWAT + BEKAS JERAWAT by Alifah Ratu Saelynda