Hingga saat ini, kulit yang putih masih menjadi idaman banyak wanita. Cara memutihkan kulit yang dipilih juga berbeda-beda mulai dari cara lagi hingga cara medis. Sebagian orang juga tidak sungkan mengeluarkan bugdet yang cukup besar demi mendapatkan kulit yang lebih cerah.
Salah satu cara memutihkan kulit dengan cara medis adalah dengan metode suntik. Meskipun cara yang satu ini terbilang efektif, tapi apakah cara ini aman untuk ditempuh? apa saja efek samping yang mungkin muncul dari metode memutihkan kulit  yang satu ini? Yuk, cari tahu jawabannya di sini!

Amankah Memutihkan Kulit dengan Suntik? Simak Jawabannya Di Sini!
source: http://www.skinworldindia.com/

Cara Kerja dan Manfaat Suntik Putih


Cara memutihkan kulit dengan jalan suntik ini terbilang merupakan cara yang instan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari suntik ini, tidak jarang harus dilakukan perawatan tambahan juga seperti konsumsi pil, terapi laser, dan juga pemakaian krim. Kandungan cairan yang digunakan untuk suntik putih antara lain adalah vitamin C, glutathione, kolagen, dan bahan-bahan lainnya.

Cairan yang disuntikkan tersebut akan memecah dan menghalangi produksi melanin dalam tubuh. Hal inilah yang kemudian memicu penurunan pigmen kulit, semakin menurunnya pigmen maka kulit akan terihat semakin cerah. Selain mendapatkan kulit yang lebih putih, suntik putih juga dapat membuat kulit jadi lebih elastis dan kencang, tidak kering, dan lembut seperti kulit bayi.

baca juga

Resiko Memutihkan Kulit dengan Cara Suntik


 

Amankah Memutihkan Kulit dengan Suntik? Simak Jawabannya Di Sini!
source: https://wajah.co.id/

Melihat manfaat yang didapat dari cara memutihkan kulit dengan jalan suntuk tentunya sangat menggiurkan untuk dilakukan ya, ladies. Tapi ternyaa cara yang satu ini juga memiliki efek sampingnya tersendiri sebagai berikut!

1. Gangguan Pencernaan
Efek samping yang pertama adalah terjadinya gangguan pencernaan seperti mual, diare, dan perut kembung. Hal ini disebabkan karena tingginya kadar vitamin C yang akan masuk ke dalam tubuh sehingga membuat tubuh kaget dan bereaksi. Umumnya kandungan vitamin C yang dibutuhkan manusia adalah 40 mg setiap harinya, sedangkan dalam suntik pemutih, kandungan vitamin C bisa mencapai 1000 mg.

2. Rambut Rontok
Selain gangguan pencernaan, kerontokan rambut juga mungkin terjadi akibat efek dari penolakan tubuh terhadap kadar vitamin C yang terlalu tinggi. Intersitas kerontokan rambut bisa berbeda-beda pada setiap orang karena reaksi tubuh setiap orang juga bisa berbeda.

3. Kerusakan Hati dan Batu Ginjal
Efek samping yang lebih jauh lagi dari kelebihan vitamin C dalam tubuh adalah kerusakan hati dan ginjal. Kandungan vitamin C yang berlebihan dalam tubuh tentu saja dapa berubah menjadi racun dalam tubuh. Perubahan ini akan membuat hati bekerja terlalu keras untuk meneralkannya hingga akhirnya rusak dan menurun fungsinya. Sedangkan penumpukan vitamin C pada ginjal juga bisa memicu kritalisasi yang akan menyebankan batu ginjal.

4. Kulit Menjadi Lebih Sensitif
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa suntik pemutih bekerja dengan menghalangi produksi melanin. Padahal fungsi dari melanin sendiri bukan hanya berkaitan dengan pembentukan pigmen kulit melainkan juga berpengaruh pada pembentukan jaringan kulit dan regenerasi sel-sel kulit. So, dapat dikatakan bahwa rendahnya kandungan melanin dalam kulit dapat membuat kulit lebih sensitif dan rentan terhadap radiasi atau segala hal yang dapat menyebabkan kerusakan kulit.

5. Meningkatnya Resiko Kanker Kulit
Efek samping lainnya adalah meningkatnya resiko kanker kulit. Karena pada dasarnya pigmen kulit melindungi kita dari sinar UV dan dengan menurunnya kadar melanin yang diikuti penurunan pigmen kulit tentu saja akan menurunkan proteksi kulit terhadap sinar UV.

Jadi, Apakah Suntik Putih Aman?


Pada dasarnya, prosedur ini aman dilakukan, karena kandungan-kandungan seperti vitamin C, glutathione, dan kolagen memang memiliki manfaat untuk kulit dan tubuh. Namun ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum melakukannya.

1. Lakukan cek darah dan pastikan kamu tidak memiliki masalah dengan ginjal dan tidak mengidap diabetes.

2. Pastikan kamu tidak memiliki alergi terhadap vitamin C ataupun zat lainnya yang terkandung dalam cairan yang akan disuntikkan.

3. Pilih dokter dan klinik yang terpercaya dan jangan tergiur dengan harga yang murah karena saat ini banyak beredar produk kecantikan palsu. Harga suntik pemutih berkisar antara Rp 250.000 hingga Rp. 1.500.000. Sedangkan untuk yang permanen bisa mencapai Rp. 17.000.000.

4. Ikuti semua prosedur yang diarahkan oleh dokter dengan baik dan jangan lupa menggunakan sunscreen ketika kamu keluar rumah!

Amankah Memutihkan Kulit dengan Suntik? Simak Jawabannya Di Sini!
source: https://www.shutterstock.com/