Akuntansi

Mahasiswa lulusan akuntansi memang paling dicari perusahaan-perusahaan karena setiap perusahaan membutuhkan divisi keuanga. Lulusan akuntansi banyak dibutuhkan di industri perbankan, jasa keuangan, kantor akuntan publik, konsultan, internal auditor atau analis kredit, dll. Mahasiswa yang lulus dari jurusan akuntansi ketika diterima di suatu perusahaan nantinya akan mengurusi dan menyusun laporan keuangan setiap hari. 

 

source: https://www.jubilee2000uk.or


 

Hukum

Jurusan hukum punya banyak bidang seperti hukum perdata, hukum pidana, hukum tata negara, hukum ekonomi bisnis dan hukum internasional. Banyak mahasiswa yang memilih jurusan hukum karena memang prospek kerja yang menjanjikan dan banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Selain perusahaan, sarjana hukum juga banyak dibutuhkan di kantor-kantor advokat. Dengan begitu kamu bisa menjajaki karir sebagai jaksa atau pengacara dengan beragam spesialisasi, misalnya hukum bisnis atau hukum perdata.

 

source: http://www.vistaeducation.com


 

baca juga

Ilmu Komputer dan Informasi

Di era serba digital ini peran dari lulusan ilmu komputer dan informasi sangat dibutuhkan. Setiap perusahaan pasti membutuh tim IT untuk menjalankan pemrograman komputer yang ditujukan untuk bisnis perusahaan.  Selain itu tentunya perusahaan juga membutuhkan para ahli di bidang desain grafis, desain template web atau teknisi komputer murni. Terlebih lagi sekarang ini berbagai macam fitur aplikasi membantu kehidupan kita. Nah di situlah tugas mahasiswa lulusan teknik komputer dan insformasi berperan, yakni mengembangkan sistem perangkat lunak dan aplikasi.

 

source: http://telegraf.co.id


 

Ilmu Komunikasi

Seiring pesatnya dunia media, jurusan komunikasi juga menjadi salah satu yang banyak dicari perusahaan. Di jurusan komunikasi sendiri ada beberapa konsentrasi jurusan, seperti broadcasting, jurnalistik, public relations, dan advertising. Semua perusahaan menginginkan lulusan komunikasi untuk mengisi posisi humas atau bidang informasi. Terlebih di era digital seperti sekarang, semua instansi atau perusahaan memiliki media komunikasi seperti website dan media sosial.

 

source: https://blog.jakmall.com


 

baca juga

Psikologi

Salah satu divisi penting dalam sebuah perusahaan adalah HRD (Human Resources Development) atau sumber daya manusia. Divisi inilah yang nantinya bertugas mengurusi recruitment, pemeliharaan, pengembangan, dan segala hal tentang sumber daya manusia. Selain prospek kerja di HRD, lulusan psikologi bisa juga menjadi seorang psikolog profesional, peneliti, LSM atau di rumah sakit. 

 

source: http://kaltim.tribunnews.com


 

Marketing atau Pemasaran

Meskipun terkadang divisi marketing bisa juga diambil dari lulusan komunikasi, namun perusahaan pastinya lebih memilih lulusan yang fokus pada bidang marketing sendiri. Makin banyaknya perusahaan yang berdiri, maka makin banyak juga dibutuhkan tenaga marketing yang handal. Lulusan marketing nantinya akan bertugas menyampaikan keunggulan perusahaan atau produk dari perusahaan kepada klien. Marketing berbeda dengan sales. Jika sales lebih berfokus kepada menjual produk atau jasa dari perusahaan, maka marketing memiliki peran juga fungsi membuat sistem maupun strategi cara memasarkan produk dan jasa yang ada diperusahaan. Dengan mengikuti perkembangan teknologi sekarang ini, online advertisingdigital marketing dan pengelolaan media sosial juga menjadi salah satu skill yang dibutuhkan seorang marketing.

 

source: http://www.anakregular.com


 

Teknik Mesin

Fakultas teknik memang mempunyai banyak jurusan, namun yang paling banyak dicari perusahaan salah satunya adalah teknik mesin. Baik di Indonesia maupun di luar negeri, teknik mesin juga banyak dicari perusahaan di sektor industri mesin, kendaraan, peralatan, dsb. 

 

source: http://www.geronimo.fm


 

Desain Komunikasi Visual

Sebagai agent of change, mahasiswa dituntut kreatif dan inovatif setelah lulus nantinya. Kalau berbicara masalah kreatif, lulusan dari Desain Komunikasi Visual ini jagonya. Banyaknya media visual seperti baliho, website, aplikasi hingga desain produk seperti mobil atau gadget tak lepas dari peran mereka. 

 

source: https://otomasiutmblog.wordpress.com


 

Farmasi

Lulusan farmasi tak hanya menjadi pendamping ilmu kedokteran dan berkutat pada obat-obatan di dunia apoteker. Namun, dalam dunia kecantikan seperti kosmetik farmasi juga berperan. Semakin tumbuh pesatnya klinik-klinik kecantikan membuat lulusan farmasi banyak dicari. Begitu juga perusahaan-perusahaan dan industri lainnya. 

 

source: http://health.liputan6.com


 

Manajemen

Jurusan manajemen nantinya memiliki konsentrasi seperti manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen organisasi, dan manajemen sumber daya manusia. Selain itu bisa juga meliputi bisnis administrasi dan bisnis internasional. Oleh karena itu, jurusan manajemen ini mempunyai prospek kerja yang luas. Apabila perusahaan membutuhkan tenaga kerja yang bersifat hitungan dan juga analisa mereka akan lebih memilih jurusan bisnis dan manajemen yang nantinya diharapkan mampu mendukung berkembangnya suatu perusahaan.

 

source: https://www.thejobnetwork.com