Dalam survey yang dilakukan oleh situs pernikahan The Knot, rata-rata biaya pernikahan pasangan di Amerika mencapai angka $32.261 atau setara 438 juta Rupiah. Di Indonesia sendiri, situs pernikahan Bridestory menyampaikan bahwa biaya rata-rata pernikahan yang dikeluarkan antara 250 hingga 600 juta Rupiah untuk 501-1000 tamu. Bukan biaya yang sedikit ya?

Jika mengingat bahwa pernikahan adalah perayaan bahagia dan momen yang pantas untuk dikenang, maka sepertinya wajar apabila banyak pasangan rela mengeluarkan biaya lebih untuk pesta pernikahan. Terlebih bagi selebriti dan tokoh penting yang notabene memiliki kekayaan melimpah, biaya pernikahan mereka bisa berkali-kali lipat lebih mahal lho. Siapa saja pasangan yang memiliki estimasi biaya pernikahan termahal di berbagai dunia?


India: Vanisha Mittal & Amit Bhatia (2004)
Estimasi biaya $60-78 juta atau antara 800 miliar-1 triliun Rupiah


Vanisha Mittal merupakan putri dari orang terkaya kedua di India yang menikahi seorang pengusaha, Amit Bhatia, pada 2004 lalu. Pasangan ini menggelar pesta pernikahan mereka di Perancis, tepatnya di kastil Louis’ Palace of Versailles. Sebanyak 1000 tamu diundang untuk menghadiri perayaan mewah ini, dengan fasilitas berupa hotel bintang 5, wine seharga $1,5 juta, menyaksikan kembang api langsung dengan pemandangan menara Eiffel, dan hidangan 100 menu dari chef terbaik. Satu kata untuk pernikahan ini: spektakuler!

Wah Mewah Banget, Ini Dia 4 Pasangan Selebriti dan Tokoh Dunia dengan Pernikahan Termahal di Berbagai Negara
source: http://www.eonline.com


China: Angela Yeung & Huang Xiao Ming (2015)
Estimasi biaya $31 Juta atau setara 406 miliar Rupiah


Digadang sebagai Kim Kardashiannya China, selebriti cantik satu ini menggelar pesta pernikahan megan nan mewah pada 2015 lalu. Wanita yang dikenal dengan nama panggung Angelababy ini diperkirakan menghabiskan total 31 juta Dollar AS untuk pernikahannya, termasuk biaya cincin yang mencapai 1.5 juta Dollar, gaun custom Christian Dior dengan ekor sepanjang 3 meter dan membutuhkan total 35 meter kain satin organza, 2000 tamu yang meliputi selebriti ternama, dan kue sepanjang 3 meter. Belum lagi dekorasi ala kastil yang cantik, souvenir yang meliputi ponsel, dan hiasan dinding bunga. Sudah kebayang kan bagaimana mewahnya pernikahan pasangan seleb asal China ini?

Wah Mewah Banget, Ini Dia 4 Pasangan Selebriti dan Tokoh Dunia dengan Pernikahan Termahal di Berbagai Negara
source: https://paris-shanghai-fashion.com
baca juga


UK: Pangeran Charles dan Putri Diana (1981)
Estimasi biaya $110 Juta (dengan kurs saat ini) atau sekitar 1,4 triliun Rupiah


Pernikahan keluarga kerajaan yang diadakan 37 tahun lalu berikut dijuluki sebagai “Pernikahan Abad Ini” (Wedding of the Century). Walaupun terjadi pada tahun 1981, namun setelah disesuaikan dengan inflasi dan kurs saat ini, biaya pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana ternyata setara dengan 110 juta Dollar atau menginjak 1 triliun Rupiah! Diantara biaya tersebut, pasalnya pengeluaran terbesar digunakan untuk keamanan lho. Bahkan biaya kemanan ini lebih mahal dibandingkan biaya gaun pengantin Putri Diana Sendiri.

Wah Mewah Banget, Ini Dia 4 Pasangan Selebriti dan Tokoh Dunia dengan Pernikahan Termahal di Berbagai Negara
source: https://www.popsugar.com


Indonesia: Sandra Dewi dan Harvey Moeis
Estimasi biaya mencapai miliaran Rupiah (2016)


Selebriti cantik Sandra Dewi yang menikah pada 2016 lalu mengadakan resepsi di 2 tempat, yaitu di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, dan DIsneyland, Tokyo. Dilansir di halaman web resmi Dosneyland Tokyo, biaya pernikahan disana dibanderol seharga 7.7 juta Yen atau setara 900 juta Rupiah untuk 50 orang. Itupun belum ditambah biaya resepsi di Jakarta dan keperluan lainnya. Bukannya untuk ajang gengsi dan pamer, aktris yang juga fans berat Disney ini menyatakan bahwa memang memiliki impian untuk menikah di Disneyland. Akhirnya impiannya bisa menjadi nyata ya!

Wah Mewah Banget, Ini Dia 4 Pasangan Selebriti dan Tokoh Dunia dengan Pernikahan Termahal di Berbagai Negara
source: https://www.bridestory.com/id/blog