Tergantung Jenis Produk
Sebenarnya, aplikator yang tepat akan bergantung pada jenis produk yang hendak diaplikasikan. Misalnya, mengaplikasikan make up dengan jari akan memberi pigmentasi yang baik, sementara Beauty Blender akan memberi hasil yang flawless, dan brush memberi hasil yang detil.
 



Brush
Brush make up terbagi dalam dua jenis, yaitu bulu asli dan bulu sintetik. Bulu asli cocok untuk mengaplikasikan powder make up seperti bedak dan eyeshadow. Sementara itu, bulu sintetik lebih sesuai untuk liquid make up dan cream make up.
 
Brush make up akan memudahkan proses blending, namun brush yang kurang berkualitas justru dapat membuat hasilnya streaky, alias menyisakan jejak kuas. Solusinya, cari brush yang halus, dan mulailah dengan menggunakan sedikit produk dulu, jangan sekaligus.

Pilih Brush, Beauty Blender atau Jari? Ternyata Ini Perbedaan Hasil di Wajah yang Akan Kamu Rasakan
source: https://www.elfcosmetics.com/
baca juga



Beauty Blender
Sejak awal diluncurkan, Beauty Blender sukses menjadi aplikator make up favorit banyak orang. Padahal, sebenarnya ada banyak make up sponge yang serupa, lho. Pada dasarnya, make up sponge akan memberikan hasil yang airbrushed, terlihat natural, dan flawless. Beauty Blender akan menyerap produk berlebih, sehingga make up kamu terlihat lebih sheer.
 
Beauty Blender pas banget dipakai untuk mengaplikasikan dan membaurkan produk yang full coverage dan punya pigmentasi tinggi. Misalnya, full coverage foundation, contour stick, maupun membaurkan cream blush.
 

Pilih Brush, Beauty Blender atau Jari? Ternyata Ini Perbedaan Hasil di Wajah yang Akan Kamu Rasakan
source: https://www.huffingtonpost.com/



 
Jari
Inilah aplikator make up yang paling konvensional! Sebagai pemula atau saat terburu-buru, kita pasti akan refleks menggunakan jari. Faktanya, banyak make up artist profesional yang masih menggunakan jari saat merias wajah mereka sendiri, lho. Asalkan kamu cuci tangan dulu, maka tidak akan menjadi masalah.
 
Keuntungan terbesar dari mengaplikasikan make up dengan jari ada dua. Pertama, suhu tubuh yang hangat membuat produk yang bertekstur thick jadi lebih mudah diaplikasikan dan dibaurkan. Kedua, pigmentasi yang diperoleh akan jauh lebih baik ketimbang brush atau Beauty Blender. Hal ini berlaku bahkan untuk mengaplikasikan powder eyeshadow, lho!
 

Pilih Brush, Beauty Blender atau Jari? Ternyata Ini Perbedaan Hasil di Wajah yang Akan Kamu Rasakan
source: https://beauty.onehowto.com/