Fluktuasi hormon
Tahap pubertas memang sering dikaitkan dengan fluktuasi hormon dalam tubuh yang berlangsung secara alami. Akan tetapi, jangan sangka hormon tak bisa menjadi penyebab jerawat di usia dewasa. Faktanya, fluktuasi hormon estrogen dan progesteron semasa menstruasi bisa mendorong timbulnya jerawat. Ditambah lagi, kedua hormon diatas dapat mempengaruhi tingkat hormon testosteron perempuan, yang juga dapat menimbulkan jerawat. Bila obat jerawat biasa tak mempan, coba berkonsultasi dengan dokter kulit.
 

Galau Karena Jerawat Sulit Hilang? Ternyata Ini Alasannya!
source: http://thespadr.com/



Stres
Mungkin orang lain tak tahu kalau kamu sedang stres memikirkan masalah yang datang bertubi-tubi, namun kulitmu tahu itu. Stres meningkatkan hormon kortisol, yang dapat mempengaruhi dan mengacaukan tingkat hormon lainnya. Perempuan yang sensitif terhadap perubahan hormon bulanan dan sering mengalami stres perlu berhati-hati, karena ini dapat memicu jerawat hormonal.
 

Galau Karena Jerawat Sulit Hilang? Ternyata Ini Alasannya!
source: http://homeofficecareers.com/
baca juga


 
Malas membersihkan smartphone dan mengganti sarung bantal
Ladies, siapa sangka hal yang sederhana seperti smartphone dan sarung bantal bisa berperan dalam munculnya jerawat. Tanpa disadari, frekuensi pemakaian smartphone meningkat, yang artinya kita sering menyentuh gadget dan menempelkannya ke wajah, tanpa membersihkan terlebih dahulu. Sama halnya dengan sarung bantal. Bukan tidak mungkin kalau minyak dan kotoran pada permukaan jadi sarang bakteri, dan menyebabkan jerawat.
 

Galau Karena Jerawat Sulit Hilang? Ternyata Ini Alasannya!
source: https://www.mirror.co.uk/


 
Tidak double cleansing
Malas dan lelah bukan alasan bagi kamu untuk melewatkan double cleansing. Terkesan sepele, namun bila diteruskan maka kebiasaan ini dapat membuat pori-porimu tersumbat dan membuat sarung bantal cepat kotor. Minimal, sediakan kapas dan micellar water di dekat tempat tidur, jadi tak ada alasan lagi untuk melupakan tahap ini.
 

Galau Karena Jerawat Sulit Hilang? Ternyata Ini Alasannya!
source: https://www.mamamia.com.au/
baca juga


 
Menghindari dermatolog
Ada anggapan bahwa dokter kulit adalah pilihan terakhir, dan obat dokter sering menyebabkan ketergantungan. Akibatnya, banyak orang dengan masalah jerawat jadi enggan menemui dokter kulit, dan memilih untuk mengobati sendiri dengan bermacam produk. Padahal, berkonsultasi dengan dokter kulit yang berpengalaman di bidangnya dapat membantu mengidentifikasi penyebab jerawat dan memberikan obat yang sesuai. Bila kamu sedang mengalami jerawat sedang hingga parah terus-menerus, coba pertimbangkan mengunjungi dokter kulit, ya.
 

Galau Karena Jerawat Sulit Hilang? Ternyata Ini Alasannya!
source: https://www.washingtonian.com/