Waspada, Ladies! Berikut adalah Kandungan dalam Kosmetik yang Ternyata Berbahaya!
source: https://www.quintonic.fr/

Ladies, ternyata banyak lho kosmetik yang mengandung bahan-bahan kosmetik berbahaya yang beredar dipasaran. Maka dari itu, kita harus selalu berhati-hati dalam memilih kosmetik. Mengenal komposisi apa saja yang terkandung dalam kosmetik yang akan kamu gunakan adalah hal yang penting. Berikut adalah 8 bahan kosmetik berbahaya yang harus kamu hindari!

Waspada, Ladies! Berikut adalah Kandungan dalam Kosmetik yang Ternyata Berbahaya!
source: http://www.stephensonpersonalcare.com/
baca juga

1. Resorsinol


Bahan kosmetik berbahaya pertama adalah resorsinol yang dapat menghancurkan kulit bersisik, kasar, dan mengeras. Resorsinol juga bisa membasmi kuman di kulit. Meskipun berguna bagi kulit, resorsinol memiliki banyak efek samping yang dapat membahayakan tubuh. Resorsinol dapat mengganggu sistem imun tubuh dan memicu iritasi kulit. Pemakaian resorsinol pada kulit yang terluka atau mengalami infeksi juga sangat berbaya karena dapat menimbulkan gejala dermatitis, iritasi mata, iritasi tenggorokan, gangguan saluran pernapasan atas, cyanosis, kolvusi, methemoglobinemia, peningkatan detak jantung, hipotermian, dispepsia, dan hematuria.

2. Proplylene Glycol


Proplylene Glycol atau Propilen Glikol adalah zat pelarut yang biasa digunakan untuk bahan pewangi dan bahan kosmetik. Zat yang satu ini banyak terandung di berbagai produk kosmetik dan pembersih wajah. Bahaya dari Propilen Glikol adalah dapat memicu dermatitis kontak dan juga kemerahan pada kulit. Sedangkan untuk efek jangka panjangnya, menurut penelitian zat ini juga berbahaya untuk hati dan ginjal.

3. Pewarna sintetis / buatan


Zat alami memang selalu lebih baik daripada zat sintetis atau buatan. Bahan pewarna sintetis seperti Merah K.3 (CI 15585), Merah K.10 (Rhodamin B) dan Jingga K.1 (CI 12075) biasa dipakai sebagai zat pewarna kertas, tinda dan juga bahan tekstik, tapi sering disalahgunakan untuk produk kosmetik seperti lipstik, eyeshadow, dan juga blush on. Zat-zat ini merupakan zat karsinogenik(zat pemicu timbulnya kanker). Khusus untuk Rhodamin B juga dapat menyebabkan kerusakan hati jika dipakai dalam konsentrasi tinggi.

4. Triethanolamine(TEA)


Triethanolamine berfungsi sebagai pengatur pH dalam produk kosmetik dan juga menjadi bahan dasar produk pembersih wajah. Banyak sekali produk kosmetik di pasaran yang mengandung Triethanolamine(TEA), hampir 40% jumlahnya. Padahal Triethanolamine(TEA) merupakan zat yang berbahaya dan dapat berubah menjadi racun jika diserap tubuh dalam jangka waktu yang lama. Zat ini juga bisa memicu alergi yang menyebabkan masalah mata dan juga kerusakan rambut serta kulit. 

5. Timbal (Pb)


Timbal merupakan zat yang amat berbahaya dan juga sangat dilarang untuk menjadi bahan kosmetik. Jika terkena pada anak-anak, timbal dapat menyebabkan kerusakan permanen pada otak dan sistem syaraf, menurunkan IQ, mengganggu pendengaran, memicu anemia, dan juga menghambat perkembangan anak. Pada orang dewasa, Timbal dapat memicu gangguan kardiovaskuler yang menyebabkan hipertensi, gangguan sistem syaraf pusat dan penurunan fungsi ginjal. 

6. Asam Retinoat / Retionic Acid atau Tretinoin


Zat yang satu ini banyak disalahgunakan untuk produk peeling, obat jerawat, pemutih, dan segala produk yang memberikan efek pengelupasan kulit. Asam retinoit dapat memberikan efek negatif seperti rasa terbakar dan  kulit kering. Selain itu Asam Retinoat juga merupakan bahan teratogenik(dapat menimbulkan kecacatan  pada janin dalam kandungan).

7. Hindrokinon


Hidrokinon banyak disalahgunakan untuk produk skin whitening karena kemampuannya yang dapat menghambat pembentukan zat pigmen kulit(melanin). Sayangnya, pemakaian hidrokinon dalam dosis tinggi dan jangka panjang dapat menyebabkan hiperpigmentasi(peningkatan melanin melebihi batas wajar) pada bagian kulit yang terkena sinar matahari langsung dan juga memicu gangguan kulit bernama ochronosis. Selain itu, zat ini juga dapat memicu mutasi dan kerusakan DNA dan juga bersifat karsinogenik.

8. Merkuri (Hg)


Sama seperti hidrokinon, merkuri juga biasanya disalahgunakan untuk produk skin whitening. Merkuri adalah jenis logam berat yang sangat berbahaya dan dapat beracun meskipun pada konsentrasi kecil. Pada pemakaian jangka pendek dengan dosis yang cukup tinggi, merkuri dapat menyebabkan diare, muntah-muntah bahkan kerusakan ginjal. Sedangkan efek lainnya adalah  merkuri dapat menyebabkan iritasi kulit, alergi, munculnya bintik-bintik hitam, kerusakan permanen susunan syaraf otak, dan juga menjadi teratogenik(gangguang pada janin) dan karsinogenik(penyebab kanker).




 

Waspada, Ladies! Berikut adalah Kandungan dalam Kosmetik yang Ternyata Berbahaya!
source: http://morelandeyecare.com/



Setelah mengetahui bahan-bahan kosmetik berbahaya, semoga kita bisa memilih kosmetik dengan lebih bijak ya, ladies! Stay beauty, stay safety!