Jerawat memang merupakan salah satu masalah wajah yang paling umum dialami oleh pria ataupun wanita. Jerawat sendiri juga memiliki banyak jenis yang berbeda-beda penyebab dan cara mengatasinya. Salah satu masalah jerawat yang mungkin bikin kamu kesal adalah jerawat kecil-kecil atau yang biasa disebut juga dengan bruntusan.

Salah satu spot paling sering munculnya bruntusan adalah di bagian dahi. Tidak seperti jerawat yang berukuran besar yang biasanya meradang dan membuat wajah perih, bruntusan biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Terutama jika kemunculannya di bagian dahi yang merupakan bagian kulit wajah yang biasanya tidak terlalu sensitif.

Meskipun ukurannya tidak besar dan tidak menimbulan rasa sakit, bruntusan tetap saja sangat mengganggu karena jumlahnya yang banyak dan bertahan lama. Tentu saja hal ini menjadi masalah dan juga menurunkan rasa percaya diri kamu. Nah, sebelum kamu mencari tahu cara menghilangkan bruntusan di wajah. Ketahui dulu yuk alasan munculnya bruntusan di dahi berikut ini!

Bruntusan di Dahi Mengganggu? Ini Dia Penyebab dan Rahasia Menghilangkannya!
source: http://www.radiopanamericana.com/

1. Stres
Alasan pertama munculnya bruntusan di dahi adalah stres. Meskipun stres berasal dari pikiran, tapi stres sangat berpengaruh pada tubuh kamu lho, ladies. Tidak heran jika stres menjadi salah satu alasan munculnya bruntusan di dahi. Bahkan jika tidak segera mengatasinya, stres juga bisa menyebabkan kamu mendapat gangguan tubuh yang lainnya.
2. Faktor genetik
Bruntusan mungkin bisa muncul dimana saja, tapi kenapa bruntusanmu lebih sering muncul di dahi? Faktor genetik bisa menjadi salah satu alasannya. Orang yang memiliki wajah yang cenderung berjerawat maka keturunannya akan memiliki 80% peluang berjerawat juga, sedangkan untuk yang tidak berjerawat makan keturunannya hanya memiliki peluang 50% saja.
3. Faktor hormonal
Meningatnya hormon testosteron hingga berlebihan ternyata juga bisa menjadi penyebab munculnya bruntusan di dahi. Kelebihan hormon testosteron akan merangsang kelenjar minyak memproduksi sebum berlebih sehingga memicu timbulnya bruntusan.
4. Pengaruh produk atau model rambut
Dahi adalah bagian wajah yang paling sering bersinggungan dengan rambut, terutama kamu yang suka dengan model rambut berponi. Selain itu, sulit juga untuk mencegah produk peratan rambut kamu untuk tidak mengenai dahimu sama sekali. Jika sudah muncul bruntusan di dahi, mungkin kamu harus waspada, ladies.
Hal yang pertama dapat kamu lakukan adalah menghentikan sementara produk yang kamu pakai untuk melihat reaksinya. Hal yang kedua adalah jangan pernah biarkan ponimu yang kurang bersih menyentuh dahimu atau lebih baik untuk sementara tidak menggunakan poni. Jangan lupa juga untuk selalu manjaga kebersihan rambutmu!
5. Pemakaian helm atau topi
Helm atau topi juga memiliki kontak langsung dengan dahimu sehingga memungkinkan datangnya bakteri yang dapa menyebabkan bruntusan. Jadi, lebih baik kamu menghindari pemakaian topi ya ketika muncul bruntusan di dahi. Kamu juga harus memastikan kebersihan helm sebelum memakainya, jika naik ojek online jangan ragu untuk meminta pelindung kepala agar kepalamu tetap terjaga kebersihannya.
6. Indikasi masalah pencernaan
Tubuh memiliki banyak sistem yang saling berhubungan. Jadi, tidak heran jika terdapat satu masalah dalam tubuh, kamu justru menemukan tanda di bagian yang tidak kamu sangka. Seperti munculnya bruntusan di dahi, siapa sangka hal ini bisa mengindikasikan adanya masalah pencernaan. Segera periksakan diri dan pastikan pencernaanmu baik-baik saja ya jika muncul bruntusan di dahimu!

baca juga

Cara Menghillangkan Bruntusan di Wajah


Nah, di atas kamu telah mengetahui apa penyebab munculnya bruntusan di dahi dan sedikit cara menghilangkan bruntusan di wajah. Berikut adalah tips tambahan untuk kamu yang ingin mengetahui cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan alami!

1. Menjaga kebersihan wajah. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan wajahmu setiap hari seperti menggunakan skin care dasar secara rutin dan juga jangan pernah lupa untuk membersihkan wajah setelah menggunakan make up ya, Ladies!



 

Bruntusan di Dahi Mengganggu? Ini Dia Penyebab dan Rahasia Menghilangkannya!
source: http://beingpostiv.com/

2. Memakai masker alami. Tidak perlu perawatan mahal, membuat masker alami sendiri di rumah juga bisa menjadi cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan ampuh. Kamu bisa mencoba masker tomat atau masker jus lemon untuk mengatasi bruntusan. Mengompres wajah dengan es batu juga bisa dengan ampuh membuat jerawat mengempes, lho!

 

baca juga
Bruntusan di Dahi Mengganggu? Ini Dia Penyebab dan Rahasia Menghilangkannya!
source: http://www.hindustantimes.com/

3. Menerapkan pola hidup sehat. Selain faktor dari luar, faktor internal juga tidak kalah penting untuk dijaga. Perbanyaklah konsumsi sayur dan buah dan hindari fast food dan makanan berkolestrol tinggi lainnya jika kamu ingin memiliki kulit wajah yang lebih sehat!