Kimbap

Adegan piknik di drama Korea pasti tidak lupa memasukkan makanan Korea satu ini. Ya, kimbap atau gimbap merupakan nasi yang berisi telur dadar, daging, mentimun, crab stick (daging kepiting) dan acar lobak kuning (danmuji) yang kemudian digulung bersama rumput laut. Kalau penampakannya mirip dengan sushi dari Jepang.

Kimbap ini biasanya dibuat juga sebagai ucapan rasa terima kasih dan disusun seperti bekal (dosirak) untuk dibawa ke kantor atau piknik. Umumnya bentuk kimbap bulat memanjang kemudian dipotong-potong, namun ada juga yang namanya kimbap segitiga atau samgak kimbap. Kimbab ini juga menjadi makanan Korea yang paling banyak dikenal masyarakat luar Korea berkat seringnya muncul dalam drama Korea lho!

Kimbap
source: https://miamivores.wordpress.com/


 

Ramyeon

Siapa yang tidak suka ramyeon? Sepertinya banyak yang menyukai mie instan satu ini ya, Beautynesian! Hampir semua drama Korea pasti ada adegan makan ramyeon atau ramen ini. Mungkin makanan Korea satu ini bukan makanan khas Korea sih, namun cara makan di Korea yang unik ini bisa menjadi ciri khas ramen Korea.

Orang Korea biasa makan ramen langsung dari panci berwarna kuning emas selagi panas pakai mangkuk kecil atau tutup pancinya dan biasanya dimakan bersamaan dengan kimchi juga. Apakah kamu pernan menonton drama Korea Flower Boy Ramyeon? Drama komedi romantis yang diperankan Jung Il Woo ini menceritakan tentang sebuah kedai ramen. Selain itu ada drama Korea Boys Before Flower, Let’s Eat, My Lovely Kim Sam Soon dan Playfull Kiss yang juga memunculkan adegan membuat sekaligus makan ramen.

Ramyeon
source: https://resepcaramasak.org/


 

baca juga

Tteokbokki

Nah kalau makanan Korea satu ini termasuk makanan ringan atau jajanan yang sering dijumpai dijual di pinggir jalan. Namun, banyak juga restoran yang mempunyai menu tteokbokki ini. Di drama Korea High School Love On kamu bisa lihat tokoh utamanya si Woo Hyun dan neneknya mempunyai kedai yang berjualan tteokbokki.

Makanan Korea simpel namun bisa bikin kamu ngiler ini terbuat dari tepung beras yang dimasak dan dibumbui saus pedas yang terbuat dari gochujang (pasta cabai khas Korea). Selain di drama Korea High School Love On, teokbokki juga muncul dalam drama Korea  It’s Okay Daddy’s Girl, High School Love On, My Fair Lady, Let’s Eat, Brilliant Legacy, dan Protect the Boss. 

Tteokbokki
source: https://www.cooky.vn/


 

Bibimbap

Sama dengan di Indonesia, orang Korea juga sangat menyukai nasi. Salah satu kegemaran orang Korea adalah makan bibimbap. Makanan Korea satu ini adalah nasi putih yang dicampur dengan berbagai banchan (makanan pelengkap) seperti tumisan sayuran, misalnya tauge, bayam atau dengan kimchi, bulgogi, tumisan daging cincang, dll.

Jadi, biasanya sih jika di drama Korea ada adegan makan bibimbap mereka biasanya memanfaatkan nasi dan sisa lauk yang kemudian dicampur menjadi satu dalam sebuah mangkuk besar. Namun, jika di restoran Korea kamu jumpai menu bibimbap ini biasanya terdiri dari nasi putih, tumisan tauge, bayam, wortel, jamur, gosari (tanaman liar sejenis sayuran khas Korea), tumis daging cincang, telur dan dilengkapi dengan gochujang sebagai bumbunya. J

Jika disajikan dalam dolsot (mangkuk batu yang sudah dipanaskan) telurnya biasanya disajikan dalam keadaan masih mentah tapi akan menjadi matang begitu diaduk di dalam dolsot yang panas. Dalam beberapa drama Korea selalu tampak mereka begitu lahapnya menyantap bibimbap ini, salah satunya adegan ketika Han Ji Eun (Song Hye Kyo) membuat bibimbap dalam mangkuk besar ketika Lee Young Jae (Rain) tidak makan malam di rumah.

Bibimbap
source: http://www.taste.com.au/