Apa Itu Double Cleansing?
Double cleansing adalah ritual membersihkan wajah dengan dua langkah, yaitu makeup remover untuk membersihkan waterproof sunscreen dan sisa-sisa makeup, dilanjutkan dengan face wash untuk membersihkan residu makeup remover. Teknik ini diyakini berasal dari Jepang dan Korea, namun mulai merambah ke Eropa dan Amerika Serikat.
 
Di Indonesia, teknik membersihkan makeup dengan cleansing milk dan toner sudah ada sejak lama. Ritual ini sebenarnya dapat dianggap double cleansing lho, hanya saja toner belum tentu se-ampuh face wash dalam mengangkat residu pembersih.
 

Dari Cara Hingga Manfaat, Inilah Semua yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Double Cleansing
source: https://www.skincare.com



Bedanya Dengan Triple Cleansing?
Saat pakai riasan lengkap, double cleansing saja tidak cukup. Kamu harus melakukan triple cleansing, di mana kamu menggunakan tiga produk secara berurutan, yaitu eye makeup remover, makeup remover, lalu face wash.
 

Dari Cara Hingga Manfaat, Inilah Semua yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Double Cleansing
source: https://www.escentual.com
baca juga



Mengapa Harus Double Cleansing?
Coba pikirkan, kita selalu ingin makeup tahan lama seharian, namun mudah dibilas dalam beberapa detik saja. Bukankah itu hal yang tidak masuk akal? Idealnya, kalau kamu menyediakan waktu untuk pakai makeup, kamu harus menyediakan waktu juga untuk membersihkan riasan secara menyeluruh.

Berbeda dengan face wash, produk makeup remover diformulasi secara khusus untuk meluruhkan riasan yang waterproof sekalipun. Jadi kamu nggak perlu takut masih ada makeup yang tersisa di wajah.
 

Dari Cara Hingga Manfaat, Inilah Semua yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Double Cleansing
source: https://theklog.co



Manfaatnya?
Coba pikirkan, apa yang terjadi kalau face wash yang kamu pakai tidak dapat membersihkan wajah secara sempurna. Akibatnya, di wajah akan ada sisa-sisa makeup, kotoran, dan debu yang masih menempel di wajah.

Beberapa orang menggunakan toner untuk membersihkan sisa makeup, namun karena tidak diformulasikan sebagai pembersih, sebenarnya toner tidak dapat mengangkat makeup dengan baik. Lama-lama, kulit bisa terlihat kusam, kasar, dan bahkan mudah berjerawat.
 

baca juga


 
Cara Double Cleansing?
Aturan utama dalam cara double cleansing adalah menggunakan makeup remover sebelum dilanjutkan dengan face wash. Nah, di sini kamu bebas memilih makeup remover yang kamu suka, Beautynesian.
 
Cleansing Oil: Tanpa perlu membasahi wajah, oleskan cleansing oil di wajah hingga rata, sambil dipijat ringan kurang lebih 30-60 detik. Setelah dirasa cukup, bilas dengan air. Lanjutkan dengan face wash. Coba: Hada Labo Gokujyun Cleansing Oil, Biore Cleansing Oil.

Cleansing Cream: Tanpa perlu membasahi wajah, oleskan cleansing cream di wajah hingga rata, sambil dipijat ringan kurang lebih 30-60 detik. Setelah dirasa cukup, bilas dengan air. Lanjutkan dengan face wash. Coba: Sephora Collection Cleansing Cream
 
Cleansing Balm: Tanpa perlu membasahi wajah, ambil cleansing balm dan oleskan di wajah hingga rata, sambil dipijat ringan kurang lebih 30-60 detik. Setelah dirasa cukup, bilas dengan air. Lanjutkan dengan face wash. Coba: Banila Co. Clean It Zero, The Body Shop Camomile Cleansing Balm
 

Dari Cara Hingga Manfaat, Inilah Semua yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Double Cleansing
source: https://www.glossybox.co.uk



Cleansing Milk: Tuang cleansing milk di kapas secukupnya. Tanpa perlu membasahi wajah, usapkan kapas dengan gerakan memutar. Kalau kapas sudah kotor, ulangi kembali dengan kapas bersih. Setelah dirasa cukup, cuci muka dengan face wash. Coba: Viva Cleansing Milk.
 
Micellar Water: Basahi kapas dengan micellar water. Tanpa perlu membasahi wajah, usapkan kapas dengan gerakan memutar. Kalau kapas sudah kotor, ulangi kembali dengan kapas bersih. Setelah dirasa cukup, cuci muka dengan face wash. Coba: Garnier Micellar Water, Bioderma Micellar Water.
 

Dari Cara Hingga Manfaat, Inilah Semua yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Double Cleansing
source: https://beautymnl.com



Nah, sekarang kamu sudah tahu cara double cleansing yang baik. Mana yang jadi favoritmu?