Bangun Relasi

Tips jadi makeup artist yang pertama adalah kamu harus membangun relasi sebanyak mungkin. Bukan cuma sama orang yang dekat saja, tapi kamu harus berani untuk mulai membangun relasi dengan orang baru. Kamu enggak akan pernah tahu darimana sumber klien kamu datang. Bisa saja klien kamu mendapat rekomendasi dari orang yang kamu ajak ngobrol ketika perjalanan pulang di bis kota.

Bangun Relasi
source: http://theprayingwoman.com

Selain itu, jangan lupa juga untuk terus menjalin hubungan baik dengan orang-orang yang sudah kamu kenal sebelumnya. Kebanyakan klien memilih makeup artist bukan hanya karena hasil makeup yang bagus, tapi juga dari keramahan dan servis yang diberikan, lho.

 

Tepat Waktu

Permintaan makeup biasanya datang ketika klien memiliki acara penting, entah untuk ulang tahun, pernikahan, wisuda, atau sekadar datang ke acara yang bersifat formal. Waktu yang dimiliki oleh klien biasanya juga sangat mepet, terlebih rata-rata makeup artist butuh waktu 1 jam untuk proses makeup.

Tepat Waktu
source: https://www.quora.com

Nah, di saat seperti inilah kamu dituntut untuk bisa profesional. Datanglah ke lokasi yang sudah dijanjikan secara tepat waktu. Pokoknya, jangan sampai kamu membuat klien menunggu ya.

 

baca juga

Publikasikan Portofolio

Sebagus apapun hasil makeup kamu, semua akan jadi sia-sia kalau kamu tidak pernah mendokumentasikan dan mempublikasikannya. Tanpa publikasi, orang-orang di luar lingkunganmu tidak akan pernah tahu sebagus apa hasil karyamu.

Publikasikan Portofolio
source: http://www.barelytherebeauty.com

Jangan ragu untuk terus mendokumentasikan dan mempublikasikan portofolio hasil makeup kamu. Sekarang ini publikasi sudah semakin dimudahkan dengan beragamnya digital platform yang bisa kamu manfaatkan seperti Instagram, Facebook, bahkan Youtube. 

 

Jangan Mudah Menyerah

Kalau kamu berniat menjadi makeup artist, kamu harus punya tekad yang kuat dan tidak boleh cepat menyerah. Makeup artist bukanlah pekerjaan yang dibayar setiap bulan, jadi pendapatanmu pasti akan fluktuatif sesuai dengan banyaknya klien di bulan itu. Selalu ada masa-masa di mana kamu akan dapat banyak sekali orderan, tapi di waktu yang lain pekerjaan kamu bisa juga jadi sangat sepi peminat.

Jangan Mudah Menyerah
source: http://theguidancegirl.com

Nah, saat sedang sepi job, bukan berarti kamu bisa diam saja atau justru jadi drop. Teruslah berusaha untuk mencari klien atau gunakan waktu luang untuk belajar memperbaiki teknik makeup kamu. 

 

baca juga

Perkaya Ilmu dengan Berbagai Referensi

Sama seperti fashion, tren dalam makeup juga selalu berkembang. Gaya makeup yang sedang jadi tren di tahun ini bisa saja kehilangan penggemar di tahun depan. Jadi enggak ada salahnya kalau kamu terus belajar dan memperkaya ilmu dengan berbagai referensi.

Perkaya Ilmu dengan Berbagai Referensi
source: https://www.consumerreports.org

Kamu bisa menonton Youtube dari beauty influencer yang berasal dari seluruh dunia untuk tahu tren makeup terbaru. Kamu juga bisa mengikuti berbagai makeup class dari makeup artist terkemuka untuk memperdalam kemampuan dengan lebih privat.